13 wisata natuna

sebelum kita mengenal lebih dekat tentang wisata natuna perlu kita ketahui bersama sedikit tentang sejarah kepulauan natuna. natuna merupakan salah satu kabupaten di provinsi kepulauan riau, natuna sendiri terdiri dari beberapa pulau yang menjadi satu dalam kepulauan natuna.kepulauan ini berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. dan merupakan kepulauan paling utara di selat karimata.Sejarah kepulauan Natuna tidak dapat dipisahkan dari sejarah Kepulauan Riau, dari hasil pemekaran Kabupaten Kepulauan Riau yang terdiri dari 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Barat, Jemaja, Siantan, Midai dan Serasan dan satu Kecamatan Pembantu Tebang Ladan.

wisata natuna mulai dikenal sejak tahun 2004 silam, pada saat itu terjadi pemekaran daerah kecamatan menjadi 10 kecamatan dengan penambahan, Kecamatan Pal Matak, Subi, Bunguran Utara dan Pulau Laut. pemerintah kabupaten natuna dibawah pengawasan provinsi kepulauan riau mengembangkan destinasi pariwisata dengan memanfaatkan sumber daya alam dan melestarikan yang sudah ada. sebenarnya hampir seluruh wisata natuna masih sangat alami karena belum terlalu dijamah para wisatawan lokal maupun asing, karena kurangnya promosi terhadap wisata yang berada di kepulauan natuna. setelah tahun 2004 barulah banyak para wisatawan asing yang melakukan paket tour & Travel ke pulau ini selain itu ada juga yang melakukan backpacker dengan menikmati keindahan alam secara menyeluruh.

setelah kita mengenal natuna ternyata ada banyak tempat wisata yang tersebar di kepulauan natuna yang wajib anda kunjungi karena keindahan dan keunikannya sehingga sayang kalau di abaikan. berikut beberapa tempat wisata natuna yang sering dikunjungi para wisatawan sekaligus menjadi wisata terindah se provinsi kepulauan riau.

1. WISATA BATU SINDU NATUNA

batu sindu natuna

batu sindu natuna

bagi anda yang hobby berfoto selfy tentu sudah pasti membayangkan apabila anda berada diatas hamparan batu-batu granit tersebut. wisata batu sindu terletak dikaki bukit tanjung senubing kepulauan natuna. batu -batu tersebut membentuk sebuah garis pantai tanpa adanya hamparan pasir.pada saat anda berdiri di atas batu akan melihat lautan yang begitu luas dengan pulau kecil berada diseberangnya. namun yang sangat disayangngkan meskipun potensi wisata yang begitu unik dan menarik belum adanya investor yang membangun resort/ hotel/ penginapan atau pun warung untuk singgah. sehingga menyulitkan para pengunjung yang ingin menikmati di tempat ini dengan berlama-lama.

2. WISATA PANTAI SISI NATUNA

pantai sisi natuna

pantai sisi natuna

tidak seperti pantai lainnya, pantai sisi natuna memang sangat indah selain pasirnya yang sangat putih airnya juga sangat tenang, sehingga banyak para wisatawan maupun traveler menganggapnya bukan seperti lautan melainkan seperti kolam. pantai ini juga masuk sebagai pantai terindah versi majalah island.

3. ALIF STONE PARK NATUNA

alif stone park

alif stone park

Hampir sama dengan batu sindu alif stone park juga disebut-sebut sebagai ikon wisata natuna. berada di kota ranai yang menjadi ibukota kabupaten natuna. Fasilitas wisatawan yang ada di tempat ini adalah seperti jembatan kayu yang menghubungkan antar batu-batu besar sehingga pengunjung bisa berkeliling di area sekitar taman batu ini.mengapa dinamakan alif stone, menurut penduduk setempat ada sebuah batu besar yang berdiri seperti huruf alif dalam abjad arab.

4. WISATA PANTAI TANJUNG NATUNA

pantai tanjung natuna

pantai tanjung natuna

tidak kalah menariknya pantai ini juga menjadi pantai terfavorit di natuna selain keindahannya jaraknya juga sangat dekat dengan kota ranai hanya memakan waktu 20 menit berkendara. disini anda akan melihat pantai yang putih bersih dan sebuah pegunungan yang menjulang tinggi.

5. WISATA PANTAI TELUK BUTON NATUNA

pantai buton

pantai buton

Pantai Teluk Buton yang berada di desa Teluk Buton, kecamatan Bunguran Utara, tempat ini beberapa kali dikunjungi tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya pemetaan Cagar Budaya Bawah Air.Pantai Teluk Buton menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi warna Natuna di akhir pekan. karena satu-satunya tempat wisata yang sudah memiliki akses jalan yang mudah dilalui kendaraan.

6. PANTAI SAHI/ PANTAI KECE NATUNA

pantai sahi natuna

pantai sahi natuna

nama sahi adalah diambil dari pulau batu yang berada ditengahnya. pantai ini sangat terkenal di kota ranai terletak 25 menit berkendara dari kabupaten ranai dengan mengendarai sepeda motor.

7. MASJID AGUNG NATUNA

masjud agung natuna

masjud agung natuna

Masjid Agung Natuna merupakan masjid megah dan terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Masjid ini dibangun tahun 2007 dan baru selesai 2 tahun berikutnya. Lokasi keberadaannya cukup mudah ditemukan karena terletak di kompleks Gerbang Utara yang menjadi kawasan pusat pemerintahan dan bisnis di ibukota kabupaten Ranai.

8. PULAU SEDANAU

pulau sedanau natuna

pulau sedanau natuna

Anda akan berdecak kagum melihat keindahan pulau sedanau di kabuten natuna. karena penduduk pulau sedanau sengaja membuat rumah di atas laut, dari atas seperti pulau terapung.

9. WISATA AIR TERJUN GUNUNG HIU

air terjun hiu

air terjun hiu

air terjun gunung hiu terletak di desa ceruk, kecamatan bunguran timur laut kabupaten natuna. wisata alam dengan air terjun alami dari pegunungan membuat anda penasaran ingin mandi dibawahnya. bahkan bagian bawah dibangun kolam pemandian lengkap dengan permainan seperti outbond. highrope, flaying fox dll.

10. WISATA PANTAI PASIR MARUS

pantai pasir marus

pantai pasir marus

pantai yang terletak di kecamatan bunguran barat pulau sedanau. menjadi wisata pantai terindah berikutnya. selain pasirnya yang berwarna putih bersih, gelombang lautnya yang landai memanjakan mata anda untuk berenang di pantai ini.

11. WISATA PESONA PULAU TIGA NATUNA

pulau tiga

pulau tiga

pulau tiga merupakan salah satu kecamatan di kabupaten natuna. memiliki wisata yang masih perawan. pulau nan indah dengan dikelilingi pantai pasir putih akan membuat anda semakin bertah berada di kepulauan natuna ini.

12. WISATA ADVENTURE AIR TERJUN GUNUNG RANAI

air terjun gunung ranai

air terjun gunung ranai

Meski natuna terkenal dengan wisata bahari namun tidak kalah dengan daerah lainnya karena natuna memiliki air terjun gunung ranai. Air terjun ini lokasinya masih cukup tersembunyi dan belum dibuka untuk tujuan wisata komersil.

13. WISATA SELEMOT NATUNA

selemot natuna

selemot natuna

Destinasi satu ini belum banyak diketahui traveler pun demikian belum ada ulasan wisata di situs-situs traveling. Namanya adalah Selemot di Desa Setengar yang letaknya berada di kecamatan Bunguran Selatan. untuk menuju ke lokasi bisa dilakukan lewat kota Ranai dengan berkendara selama 2 jam.

demikianlah beberapa tempat wisata yang tersebar di kabupaten natuna, sebenarnya masih banyak dan lebih indah namun karena sarana akomodasi menuju tempat wisata tersebut yang masih minim sehingga hanya sebagian yang dapat kami ulas. kami semua berharap semoga wisata natuna ini menjadi salah satu tempat pariwisata yang di minati banyak para wisatawan. harapan kami juga terhadap pemerintah agar selalu senantiasa memasarkan dan mengembangkan wisata dikepulauan natuna ini.

Leave a Reply