backpacker ke pulau anambas

melakukan sebuah perjalanan wisata adalah kesenangan tersendiri, selain menikmati keindahan alam juga sebagai refreshing otak. ada berbagai jenis cara berwisata yang dilakukan orang-orang baik secara kelompok maupun individu salah satunya adalah  dengan backpacker. backpacker ada yang dilakukan secara kelomok dengan menggunakan jasa tour travel ada juga yang dilakukan sendiri , namun yang harus diperhatikan adalah jika anda melakukan wisata ini sendiri agar tahu biaya perjalanan dan kehidipan daerah wisata yang akan anda kunjungi. kali ini saya akan membahas tentang backpacker ke pulau anambas . kenapa saya tertarik membuat artikel tentang pulau anambas, karena kepulauan anambas merupakan surga wisata yang masih sangat perawan alias belum begitu terjamah oleh banyak para wisatawan sehingga selain keindahan tempatnya juga bentuk wisata alam yang masih sangat alami dibandingkan beberapa tempat wisata ditempat lain.

untuk bisa melakukan backpacker ke pulau anambas secara mandiri ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan diketahui. karena jika semua ini anda bisa lakukan pasti akan mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari biaya yang murah dan kepuasan untuk menikmati alam yang maksimal. masyarakat kepulauan anambas sangat ramah terhadap tamu-tamu wisatawan asing maupun lokal, jadi anda tidak perlu takut untuk melakukan backpacker sendirian atau dengan rekan kerja atau dengan pasangan anda. beberapa hal tersebut adalah:

  1. mengetahui biaya perjalanan baik pesawat, kapal dan kendaraan.
  2. mengetahui harga hotel di anambas
  3. rencanakan sebuah perjalanan anda mengingat di kepulauan anambas banyak tersaji berbagai tempat wisata.
  4. tidak boleh takabur, kita sebagai tamu harus ramah dan baik maka masyarakat anambas akan menerimanya dengan lebih baik lagi.
  5. membeli peta pulau anambas yang lengkap dengan tempat wisatanya di toko buku tanjungpinang atau batam. karena jika mengandalkan GPS atau Google earth akan terkendala dengan cuaca buruk.
  6. dilarang membuang sampah sembarangan.
  7. bawalah perbekal;;an secukupnya, makanan secukupnya karena di anambas juga banyak tempat makan yang akan memanjakan lidah anda.
  8. catat nomor-nomor penting saat tiba disana baik dari aparat keamanan maupun pihak hotel atau pihak perangkat desa.

selanjutnya kita akan mulai dengan backpacker ke pulau anambas. jika anda berasal dari luar negeri atau dalam negeri, langkah pertama yang anda lakukan adalah menuju ke Kota tanjung pinang atau batam namun sebelumnya anda harus merencanakan transportasi apa yang anda inginkan untuk mencapai pulau anambas, karena ada dua alternatif yaitu akomodasi laut dan udara. jika anda memilih jalur laut anda harus tau jadwal keberangkatan kapal ke pulau anambas agar tidak menyita banyak waktu untuk singgah di perjalanan. untuk jalur laut akses kapal yang menuju ke anambas tersedia di pelabuhan tanjungpinang, agar bisa menjangkau tanjungpinang anda bisa memanfaatkan pelabuhan sri bintan pura tanjungpinang atau bandara raja haji fisabililah. setelah anda sampai di tanjung pinang selanjutnya anda menuju pelabuhan domestik sbp tanjungpinang. disana ada berbagai kapal yang menuju ke pulau anambas (silahkan baca jadwal kapal pelabuhan tanjungpinang) pilih sesuai anggaran yang ada karena ada yang mahal dan murah, seperti kapal ferry cepat ongkos kapalnya ke anambas RP. 450.000,- lama perjalanan 8 jam, ada juga yang murah seperti kapal perintis dan PELNI ongkosnya kurang dari 100 ribu karena mendapat subsidi dari pemerintah provinsi kepulauan riau namun waktu yang ditempuh hampir sehari semalam. saran saya untuk menghemat waktu gunakan kapal ferry cepat karena hanya setengah hari perjalanan. kemudian jika anda memilih transportasi ke pulau anambas dengan pesawat maka ada dua pilihan yakni memalui bandara hang nadim batam atau bandara tanjungpinang raja haji fisabilillah kedua-duanya sama menggunakan pesawat xpress air.

setelah tiba ,baik pelabuhan anambas maupun bandara matak kabupaten anambas, hal pertama yang harus anda lakukan  untuk backpacker ke pulau anambas adalah mencari sebuah penginapan untuk mempersiapkan bekal dan perencanaan backpacker (berikut daftar hotel di anambas) atau bisa juga langsung menuju ke tempat wisata yang sudah anda rencanakan, jika bingung (berikut daftar tempat wisata anambas). kenapa juga saya sarankan anda melakukan backpacker ke pulau anambas secara mandiri karena pengalaman saya lebih puas dan tidak terikat dengan waktu maupun orang selain itu biayanya juga jauh lebih murah. terlebih lagi jika dianambas kita ketemu masyarakat yang kebetulan satu kampung atau yang sangat baik , kita akan dianggap seperti keluarga. makan tidur garatis. namun demikian kita tidak boleh melupakan kebaikannya. jika anda ingin lebih puas lagi bisa menyewa mobil maupun motor di rental mobil anambas.

demikian artikel saya tentang backpacker ke pulau anambas semoga bermanfaat, selamat menikmati perjalanan anda di pulau surga wisata kabupaten anambas provinsi kepulauan riau.

 

One Response

Leave a Reply