Batam

Batam adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauan riau (Kepri) dan menjadi kota terbesar saat ini di kepri dan termasuk salah satu destinasi wisata terbesar di negera Indonesia.

Letak geografis dan pulau Batam
Pulau batam terletak di 1° 4′ 0″ N, 104° 1′ 0″ E

Kondisi pulau batam
Batam memiliki Luas wilayah daratan seluas 715 km², sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km². Kondisi iklim di kota batam adalah beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26 sampai 34 derajat celsius. kondisi daratan berbukit dan berlembah. Tanahnya berupa tanah merah yang kurang subur dan cuaca yang sering berubah sehingga untuk dijadikan lahan pertanian kurang bagus.

Batas wilayah batam
– sebelah utara adalah selat singapura dan negara singapura
– sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten lingga yang termasuk dalam wilayah provinsi kepri
– sebelah barat berbatasan dengan pulau tanjung balai karimun juga bagian dari wilayah kepri
– sebelah timur pulau bintan dan tanjung pinang

 

batam

Jumlah penduduk pulau batam
Untuk wilayah provinsi kepri, batam merupakan daerah terbanyak penduduknya karena lebih dari 60% dari total jumlah keseluruhan penduduk di kepri, baik itu kabupaten bintan, kota tanjungpinang, tanjung balai karimun, lingga, anambas dan natuna. Menurut Badan Pusat Statik Provinsi kep riau dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam jumlah penduduk per 2016 adalah 1 236 399 jiwa dari jumlah total penduduk kepri yakni 2 028 169 jiwa.

Sejarah Pulau batam
Penduduk yang pertama kali menghuni pulau batam adalah suku melayu yang di sebut orang selat pada tahun 231 masehi. Pada tahun 1960 an pulau batam dijadikan basis logistik minyak bumi yang terletak di pulau sambu.kemudian pada tahun 1973 pulau batam ditetapkan sebagai kota industri yang dikelola oleh otorita pengembangan daerah industri pulau batam. Dengan berkembangnya pulau batam yang semakin maju pesat pada era 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, batam yang dulunya merupakan Kecamatan bagian dari kabupaten Kepulauan Riau, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan Otorita Batam (BP Batam). Di era reformasi pada akhir dekade tahun 1990-an, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi, yaitu Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dibawah pemerintahan provinsi kepulauan riau.

Wajah Batam
Saat ini wajah batam telah menjadi inspirasi berbagai daerah di indonesia, karena pembangunan yang maju pesat serta tatanan kepemerintahan yang baik. di halaman pemerintahan kota batam terdapat alun alun kota batam yang ramai dikunjungi setiap harinya, kemudian batam juga memiliki masjid terbesar sebagai syimbol agama mayoritas. Kehidupan dibatam memang sangat ramai dengan pasar ikan yang tidak pernah tidur serta memiliki bandara internasional hang nadim yang selalu ramai pengunjung untuk bertandang ke pulau batam oleh kalangan wisatwan dan pebisnis. Akses batam di bidang perkantoran seperti Kantor bpjs batam, Kantor Imigrasi Batam, Kantor Pajak Batam, kantor imigrasi batam mudah di jangkau. Jika anda ingin mengetahui kisi kisi batam ada media cetak paling terkenal yaitu batam pos, batam today dan batam news. Masyarakat batam juga bisa menikmati siaran TV dengan puas dari sambunga TV Kabel.

Perekonomian batam
Pusat perbelanjaan batam yang ada di nagoya hills, menjadi kunci kesuksesan dan kemajuan kota batam seperti lucky plaza yang menjual aneka barang elektronik dan smartphone murah. Juga banyak tempat belanja yang sengaja membuka 24 jam karena kehidupan di batam tidak pernah sepi meskipun dini hari selalu ramai. Klinik kecantikan yang juga menjadi tujuan favorit kaum hawa juga tersedia di berbagai penjuru kota batam. Pusat pusat kuliner seperti restoran seafood dan makanan asing yang dijual di batam membuktikan bahwa destinasi wisata boleh dibilang menjajikan sehingga para pelaku bisnis sangat optimis dalam membuka ladang bisnis di batam. Dari mulai apotik , restoran sampai pasar barang bekas juga ada disini.

Pendidikan di batam
Batam termasuk kota pendidikian karena banyaknya sekolah sekolah favorit yang ramai akan siswanya, hal ini membuktikan bahwa masyarakat batam ingin mengennyam pendidikan. Selain itu banyak siswa yang berasal dari luar batam dan bersekolah di batam . selain menjadi tempat favorit untuk menuntut ilmu, di batam juga terdedia sekolah internasional dengan system pembelajaran asing.

Apa yang ada di batam
Jika bertanya apa yang ada di batam maka akan di jawab dengan pertanyaan lagi yaitu “apa yang tidak ada di tempat lain , ada di batam”. Begitulah istilahnya meski tidak semuanya ada di batam namun batam memiliki bnanyak ragam yang anda butuhkan. Diantaranya :
1. Apotik kimia farma
2. Restoran Indo dan asing di batam
3. Tempat jual kasur spring bed murah di batam
4. Tempat kursus dan les bahasa Inggris di Batam
5. Tempat service laptop dan komputer di batam
6. Toko Pancing di kota batam
7. Kolam renang di batam
8. Pasar Buah batam
9. Tempat Bimbingan belajar di batam
10. tempat kebugaran & senam di batam
11. Tempat Fitness di Batam Lengkap
12.Tiki batam
13. Banyak pabrik di batam
14. Kuliner Martabak 818 batam
15. Salon rambut di batam
17. Kuliner Sop tulang paling enak di batam
18. kfc batam
19. Sekolah SMA di Batam
20. Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Batam
21. Bakso di batam
22. Sate kambing di batam
23. Rumah makan prasmanan di kota batam
24. Bioskop Batam
25. JNE batam
26. Pusat elektronik Lucky Plaza
27. Dokter spesialis penyakit dalam di batam
28. Bidan di batam dan klinik bersalin
29. Dokter mata di batam
30. Dokter tht di batam
31. Dokter hewan di batam
32. Dokter kulit terbaik di batam
33. Dokter spesialis kandungan di Batam
34. Pegadaian batam
35. Tempat Spa di Batam
36. Tempat massage di batam
37. Dokter Spesialis Anak di Batam
38. Dokter gigi di batam
39. PUSKESMAS di Batam
40. Rumah sakit di batam
41. Industri batam

42. Tempat Grosir Tas Impor
43. Air Tirta Batam (ATB) batam
44. agrowisata kebun buah naga di batam
45. Toko bunga di batam
46. Gojek batam
47. Rental motor batam
48. Jco batam untuk oleh-oleh
49. Pelabuhan Batam
50. Sablon kaos khas batam untuk oleh oleh
51. Souvenir pernikahan batam toko dan grosir
52. Mie lendir nagoya batam
53. Coklat batam
54. Toko oleh oleh khas
55. Warung Teh Tarek
56. Kedai Mie Tarempa
57. Luti gendang makanan khas batam
58. Indah Cargo Batam
59. Showroom Mobil Bekas Batam
60. Tempat Wisata batam bukit mata kucing batam
61. Kek pisang villa batam
62. Batik Gonggong
63. siput Gonggong
64. Kost di Batam
66. Galangan Kapal di Batam
67. Pasar Burung Batam
68. Pasar Barang Bekas di Batam
68. Hotel di Batam
69. Tempat Wisata Batam
70. Kantor Kantor Batam
71. Mall Batam
72. Pusat Perbelanjaan Murah
73. Kapal ferry Internasional
74. Diskotik/Pub batam
75. Fammily Karaoke
76. Tempat Billiard
77. Taxi Batam
78. Jembatan Barelang

79. Panti asuhan di Batam
Dll
Demikian sekilas tentang Kota Batam yang di angan angankan orang untuk bisa berkunjung ketempat ini. Semoga informasi ini bermanfaat guna menambah wawasan baik pengetahuan tentang keadaan suatu daerah dan juga untuk bahan referensi.

 

Leave a Reply