biaya ke pulau putri batam tempat wisata pulau terluar yang lagi viral

Berbicara tentang tempat wisata yang ada di kota Batam, maka tidak salah lagi jika anda memilih Pulau Putri sebagai pilihan destinasi utama untuk memanjakan mata. selain bisa menikmati keindahaan pantai pasir putih juga sebagai pengalaman anda berkunjung di salah satu Pulau Terluar Indonesia yang kini sudah menjadi Objek wisata paling populer dan Viral di kepulauan Riau. selain menjadi pulau terluar yang di tetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-pulau Kecil Terluar , juga Pulau Putri berada di urutan ke-109 yang berbatasan dengan Selat Singapura di Provinsi Kepulauan Riau. Artinya, Pulau ini termasuk pulau terluar dan terkecil yang harus dilindungi karena menjadi batas negara.

Mungkin ini menjadi pengalaman pertama anda berwisata ke Batam dan menginjakan kaki di salah satu pulau terluar atau perbatasan indonesia. sungguh luar biasa tentunya. jika selama ini tempat-tempat yang anda kunjungi daerah wisata yang menjadi basis pariwisata, namun kali ini adalah pulau perbatasan yang ada di ujung Negeri. biasanya pulau-pulau terluar itu tidak berpenghuni dan berbentuk hutan belantara, namun di pulau putri ini anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu Indah. dari sini anda bisa melihat gedung-gedung tinggi Negara Singapura dan serta Jalan-jalan Layangnya. pokoknya serasa kita berada di Negara Tersebut. karena hanya berjarak tiga belas Kilo Meter dari pantai Changi Singapura atau sekitar 8mil, dan enam belas kilo meter dari Johor atau sekitar 10 mil, Malaysia.

Selain Hanya menikmati keindahan alam di Pulau Putri ini, anda juga bisa berenang dan snorkeling di lokasi yang telah di sediakan. air lautnya yang jernih, terumbu karang yang indah serta ikan-ikan hias yang berenang menemani anda di dalam air. karena destinasi wisata ini berada di Pulau maka anda tidak perlu khawatir tentang biayanya. untuk menuju ke sini anda menggunakan sarana Perahu pancung atau Boat yang disediakan.

Biaya Menuju Pulau Putri
biaya untuk menuju Pulau Putri dari Pantai Nongsa menggunakan Boat atau perahu sangat murah, yakni 20 ribu per orang sekali jalan. atau anda juga bisa carter 1 boat untuk 1 rombongan agar lebih murah pulang pergi. jarak dari bibir pantai Nongsa Batam hanya 1 KM jadi lumayan dekat sehingga anda tidak perlu takut menaiki perahu tersebut. disana anda bisa menikmati pemandangan dari pagi hingga sore saat sunset dengan pesona langit yang memerah diatas gedung-gedung pencakar langit milik Negara Singapura.

Akses Jalan
untuk menuju pulau putri maka anda harus dari Pantai Nongsa
– dari Pelabuhan Penyebrangan Telaga Punggur berjarak 26 Km atau 35 menit menggunakan kendaraan. anda juga bisa memakai jasa transportasi Taxi, Grab, Gocar dll dengan biaya sekitar 120 rb.
– dari Pelabuhan Ferry Batam Center berjarak 21 Km atau 34 menit menggunakan kendaraan. jika anda menggunakan jasa transportasi Taxi offline atau online biasanya dikenakan biaya sekitar 100 ribu
– apabila anda dari Bandara Hang Nadim Batam berjarak 14 Km atau 24 menit menggunakan kendaraan. jika memakai jasa Transportasi taxi dikenakan biaya sekitar 80 ribu.
– apabila dari Pelabuhan Ferry International berjarak 34 Km atau 48 menit ditempuh menggunakan kendaraan. jika memakai jasa Transportasi Taxi dari Harbour bay Batam dengan biaya sekitar 200 ribu.
– apabila dari pelabuhan Sekupang jarak 39 Km atau 53 menit menggunakan kendaraan. jika menggunakan jasa Taxi dengan biaya 170 ribu.

Jam Operasional
Pulau putri saat ini tidak memiliki jam operasional seperti tempat wisata lainnya, tempat wisata ini bisa katakan dapat di kunjungi 24 Jam artinya pengunjung diboleh kan menginap atau bermalam di pulau ini. enak bukan? jadi anda yang ingin menikmati keindahan malam di pulau terluar ini melihat gemerlap lampu lampu kota batam dan kota singapura serta malaysia bisa dengan jelas anda nikmati, di atas hamparan pantai pasir putih.

Biaya Masuk
mengingat Pulau ini masih tahap pembangunan oleh pemerintah setempat maka untuk sementara ini biaya atau tiket masuk free alias gratis. anda tidak dipungut biaya disana. namun untuk kedepannya penulis belum mengetahui mengenai biaya masuknya setelah selesainya pembangunan fasilitas pariwisata yang ada di pulau putri tersebut.

Saran Penulis
Pulau Putri merupakan Pulau yang sedang menuju destinasi baru terfavorit di Batam. sehingga perhatikan aturan dan larangan dalam memasuki pulau ini seperti :
– tidak boleh membuang sampah sembarangan. buang sampah di temapt yang disediakan, apabila anda membawa makanan dari luar maka sebaiknya anda bungkus sampahnya lalu bawa pulang dan jangan ditinggalkan di pulau tersebut agar tidak terjadi penumpukan sampah. rawat dan hayati agar keindahan pulau tersebut tetap terjaga.
– mengingat Pulau Putri memiliki Sejarah dan Mitos yang dipercaya oleh Masyarakat sekitar lokasi maka, jaga ucapan jangan berbicara kotor dan berbuat cela dan jangan kencing atau buang air sembarangan, apabila bingung tanyakan kepada guide atau sopir boat yang tempat untuk buang hajat.
– saat berenang perhatikan baik-baik aturan dan larangannya. jangan merusak terumbu karang, jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai. hindari binatang air yang asing dan berbahaya seperti lepu atau bulu babi.
– apabila anda membawa anak kecil maka awasi selalu setiap bermain pasir atau mandi air laut. karena sementara ini belum ada pengawas pantai yang mengawasi wisatawan secara menyeluruh saat berenang.

jika anda ingin mencari tempat wisata lain bisa baca : daftar tempat wisata di batam

demikian informasi mengenai desetinasi wisata ke Pulau Putri Batam beserta biaya dan akses menuju tempat tersebut, sehingga dapat membatu dan menjadikan pilihan liburan akhir pekan anda. terimakasih selamat berwisata.

Share on: