Cara membersihkan dan memasak siput gonggong

Anda tertarik untuk memasak siput gonggong? Jika anda tertarik untuk memasak sendiri maka tidak ada salahnya jika saya berbagi tips cara mamasak siput gonggong . gonggong yang sudah anda dapatkan tadi baik dari membeli di pasar atau mengambil sendiri di pantai yang sedang surut. Sebaiknya di cuci dahulu sampai bersih karena masih berbau lumpur dan banyak kotorannya. Membersihkan siput gonggong juga tidak boleh sembarangan karena nanti akan berpengaruh pada hasil memasaknya, biasanya jika kurang bersih siput gonggong bau amis dan rasanya juga kurang sedap.

Cara membersihkan dan memasak siput gonggong

Cara membersihkan dan memasak siput gonggong

Langkah pertam yang harus kita lakukan adalah merendam siput gonggong dengan air tawar sebelum di bersihkan, gunanya untuk menghilangkan kadar asin air laut, mengeluarkan kotoran yang ada didalam badan gonggong maupun didalam cangkang siput gognggong tersebut. Lama rendaman minimal 3 sampai 5 jam jangan terlalu lama apalagi sampai sehari semalam, karena gonggong akan mati sehingga setelah dimasak capit gonggong tidak mau keluar sehingga susah untuk mengambil dagingnya menggunakan tusuk gigi, selain susah dimakan juga daging gonggong sudah tidak segar lagi dan sedikit bau menyengat karena sebelum dimasak gonggong sudah mati duluan.

Langkah berikutnya yaitu cara membersihkan siput gonggong. Setelah gonggong direndam kemudian diangkat dan di ganti dengan air yang baru, sebaiknya campur air dingin dengan air hangat agar mudah membersihkannya. Gunakan spon pencuci piring namun hilangkan dulu bekas sabunnya supaya air sabun tidak masuk kedalam cangkang dan saat dimasak daging gonggong berbau sabun cuci. Bersihkan cangkang gonggong untuk menghilangkan lumut yang menempel sehingga tidak mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan nanti. Goyang goyangkan siput gonggong tersebut dengan memegang cangkangnya ( di kocok dalam air ) supaya kotoran/ pasir / lumpur yang tertinggal didalam cangkang keluar sehingga dagingnya bersih dan tidak bau amis.

Selanjutnya tahap memasak. Cara memasak siput gonggong Kali ini akan saya berikan resep yang sederhana yaitu cukup direbus saja. Meskipun banyak aneka olahan siput gonggong sesuai selera seperti gonggong asam pedas, gonggong asam manis, steam siput gonggong, gonggong rebus cocol saos dll. Namun yang paling praktis dan paling digemari di restoran seafood  yaitu gonggong rebus cocol saos.

  • Gonggong yang sudah dibersihkan tadi selanjutnya ditiriskan
  • Siapkan bumbu untuk merebus gonggong daun jeruk 3 lembar jahe 1 siung
  • Panaskan air sampai mendidih masukan daun jeruk dan jahe yang sudah di geprek
  • Kemudian masukan gonggong kedalam air yang sudah mendidih tadi
  • Lama merebus adalah 15 menit tidak boleh lebih ya nanti capit gonggong akan masuk dan susah di makan.
  • Setelah masak segera angkat dan tiriskan
  • Sajikan dalam keadaan hangat denga sambal sesuai selera, bisa saos tomat/ sambal kecep dll
  • Selamat menikmati

Apabila anda membeli siput gonggong dipasar sebaiknya pilih gonggong yang masih segar, jangan membeli gonggong yang sudah berlendir dan mati karena rasanya tidak sedap dan berbau. Jika anda bingung silahkan buka cara memilih gonggong yang segar di pasar.