cara membuat nasi lemak

Mau belajar cara membuat nasi lemak? buat sendiri atau pasanganmu, bahkan jika sudah profesional bisa jualan nasi lemak untuk mencari tambahan lewat hobby kuliner. jenis nasi lemak ada banyak seperti nasi lemak singapore, nasi lemak malaysia dan nasi lemak indonesia ( batam/ tanjung pinang ) semua nasi lemak hampir sama dengan nasi lemak lainnya hanya perbedaannya ada pada sambal dan penyajiannya. berikut akan saya berikan resep cara membuat nasi lemak.

1. nasi lemak singapore

nasi lemak singapore

nasi lemak singapore

nasi lemak yang banyak di jual di kedai-kedai kopi, restoran dan hotel di singapore sana kini bisa anda tiru cara pembutanannya, jadi tak perlu jauh-jauh bertandang ke negeri tetangga itu hanya untuk mencicipi nasi lemak. namun jika anda sudah berada disana silahkan mencari makanan nasi lemak yang dijual untuk mengisi perut kala waktu pagi sebagai sarapan pagi. nasi lemak singapore memangs sangat terkenal, terbukti banyak media asing baik melalui website ataupun majalah yang mengupas tentang nasi lemak di negeri ini. penasaran kaya apa cara membuat nasi lemak ala singapore ini, berikut caranya:

Bahan dan Bumbu yang di gunakan untuk membuat nasi lemak singapore :

  • 250 gr/ 1/4 kg beras, bilas dan rendam ±60 menit
    700 ml santan kelapa murni ( bukan santan kemasan ), tidak terlalu kental
    1 sdt garam halus
    3 helai daun jeruk
    2 ruas jahe, iris
    1 helai daun pandan
    3 helai daun salam
    1 btg Serai, iris

cara membuatnya adalah;

pertama tuang santan kelapa kedalam panci bersama bumbu diatas.kemudian panaskan panci yang berisi tadi hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah. masukan beras yang sudah direndam kedalam air santan yang telah mendidih aduk merata hingga santannya menyusut. setelah air santan dan bumbu tersebut meresap ke beras yang sudah mengembang setengah matang kemmudian pindahkan beras yang hampir menjadi nasi tadi ke panci kukus yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga 1/2 jam sampai nasi benar-benar matang dan beraroma. selanjutnya angkat siap untuk di sajikan.

  • untuk pelengkap nasi lemak singapore ini harus di beri lauk yang mesti kita siapkan seperti:
    Ikan bilisdi goreng matang/mengering
    telor di rebus kemudian di kupas lalu di potong menjadi 2 bagian
    Kacang tanah goreng matang jangan terlalu gosong
    Daging ayam ( ambil bagian paha nya) dimasak/ digoreng kering dengan penyedap saja.
    Irisan mentimun (iris bulat-bulat )
    sambal cabai merah

jika makanan pelengkap nasi lemak sudah di sediakan selanjutnya nasi lemak yang sudah di teruh dipiring dengan di beri alas daun pisang, pada bagian sisi/ pinggir nasi tersebut di taruh pelengkap tadi secara rapih agar tampilan nasi lemak menjadi indah dan menggugah selera.

2. Nasi lemak Malaysia

nasi lemak malaysia

nasi lemak malaysia

seperti sejarah nasi lemak bahwasannya asal-muasal nasi lemak berasal dari malaysia oleh karena itu di negara ini nasi lemak sangat populer bahkan menjadi makanan khas malaysia. hampir tiap warung makan/ kedai makan, restoran dan hotel menyediakan nasilemak malaysia dengan berbagai menu lauk dan tampilan. rasanya pun sangat original karena rata rata yang dipakai beras pulen dan wangi. berikut cara pembuatannya:

BAHAN dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan nasi lemak malaysia adalah:
500 ml santan dari 600 gram kelapa parut
500 gram beras
1/2 sdm garam
4 lembar daun pandan
20 gram jahe (Separuh diparut dan diambil airnya, separuh lagi dimemarkan)

  • BAHAN PELENGKAP penyajian/ lauknya:
    2 butir telur, buat dadar iris tipis
    1 buah mentimun, iris tipis serong
    Kari ayam

CARA MENANAK NASI LEMAK MALAYSIA :
beras di Cuci bersih kemudian rendam dalam air selama 1 jam lalu tiriskan. Siapkan panci dan masukan beras yang sudah direndam, masukan santan, garam, jahe, dan daun pandan.
Masak di atas api kecil selama 10 menit sampai air habis terserap ke dalam beras dan beras menjadi setengah nasi. Angkat. Kukus beras yang setengah masak tadi dalam dandang panas sampai matang selama 30 menit. setelah masak angkat dan siap di sajikan ke dalam piring yang telah di siapkan.
masukan bahan pelengkap ke bagian sisi nasi dan tambahkan sambal ikan bilis sebagai penambah citarasa nasi lemak malaysia tersebut.

3. Nasi lemak Indonesia

nasi lemak indonesia

nasi lemak indonesia

nasi lemak indonesia banyak kita jumpai di tanjungpinang, bintan, batam, tanjung balai. hampir di seluruh daerah provinsi kepulauan riau mengenal nasi lemak ini. bukan hanya di warung makan, bahkan di jalan jalan para ibu-ibu menjajakan nasi lemak di pinggir jalan dan di depan rumah untuk mengharapkan orang lewat atau tetangga yang hendak bekerja singgah untuk sarapan pagi. di kepulauan riau nasi lemak juga menjadi makanan favorit sama seperti lontong sayur. nasi lemak di indonesia lebih beragam mulai dari tampilan hingga rasanya. namun kesemuanya tetap enak karena yang memasak sudah profesional.

  • bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi lemak indonesia adalah;
    400 gr beras
    2 lembar daun salam
    1 sdt garam halus
    3 siung bawah putih
    jahe seruas jari tangan
    300 ml santan encer
    200 ml santal kental

Proses Membuat Nasi Lemak indonesia;
Cuci beras lalu tiriskan, kemudian Panaskan santan encer lalu masukkan bawang putih,jahe,daun pandan dan garam kedalam panci.Masukkan beras tadi ke dalam santan yang telah dipanaskan,lalu aduk hingga merata hingga santan berkurang setengah bagian, lalu masukkan santan kental dan aduk hingga beras 1/2 masak. setelah itu ambil beras 1/2 masak tersebut lalu kukus hingga matang. nasi lemak siap di hidangkan.bersama irisan mentimun, telor rebus sambal bilis dan ikan tamban.

demikian resep cara membuat nasi lemak dari berbagai negara di daratan melayu. semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memilih menu masakan sarapan pagi.