cara membuat teh telur

kali ini saya akan berbagi resep cara membuat teh telur. teh telur/ teh talua adalah minuman khas sumatera barat tepatnya diminang kabau. mengapa resep ini saya bahas di kepriau.com, karena ternyata teh telur sudah merambah ke daerah kepulauan riau seperti batam dan tanjung pinang. minuman yang satu ini memang sedikit aneh jika dilihat dari campurannya akan tetapi jangan salah jika banyak orang menyukai jenis minuman teh talua/ teh telur yang satu ini. menurut masyarakat minang kabau saat itu minuman ini menjadi minuman untuk kesehatan karena dapat membantu menghangatkan badan selain itu jika dilihat dari bahan dasarnya yaitu telur sudah pasti bahwa minuman ini bisa berguna untuk tubuh.

cara membuat teh telur

cara membuat teh telur

di kota batam dan tanjung pinang banyak kita temui pedagang maupun tempat makan yang menjual teh telur ini. mereka merasakan untung yang melimpah karena ternyata banyak penggemar teh telur. bukan hanya orang padang saja yang menyukai meskipun asal minuman ini dari sana akan tetapi hampir semua suku menyukai. bagi anda yang belum pernah mencicipi bisa datang ke salah satu tempat yang menjual minuman ini. meskipun bahan dasar dari telur ternyata minuman ini tidak berbau amis seperti yang anda bayangkan. jika anda tidak sempat untuk pergi ketempat tersebut anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah dengan resep yang saya berikan nanti. berikut cara membuat teh telur/ teh talua.

bahan-bahan yang harus disiapkan untuk porsi 1 gelas.
1. kuning telur ayam kampung/ bebek
2. gula pasir secukupnya
3. air
4. teh celup/ teh tubruk
5. gelas
6. sendok/ atau pengocok telur

cara membuatnya
1. masukan kuning telur bersama gula pasir secukupnya kedalam gelas, kocok kedua bahan tersebut menggunakan sendok atau pengocok telur hingga mengembang dan berubah warna menjadi putih dan berbusa seperti hendak mau membuat kue ( ingat harus sampai putih dan berbusa agar bau amisnya hilang)
2. masak air besama teh hingga mendidih (agak kental) , jika menggunakan teh tubruk sebaiknya disaring dahulu setelah mendidih.agar ampas teh tidak ikut serta.
3. masukan air teh yang sudah masak kedalam gelas yang berisi campuran telor dan gula pasir
4. hidangkan bersama potongan jeruk nipis.

demikian cara membuat teh telur untuk minuman kesehatan anda, jika anda ingin menambah sensasi bisa menambahkan susu kental manis secukupnya. akan tetapi perlu diingat bahwa mencampur teh dengan susu bisa menghilangkan kahsiat di keduanya. minuman teh telur ini sangat pas diminum pada pagi menjelang siang sebagai teman sarapan pagi dengan roti prata atau nasi lemak, selain buat sarapan pagi juga bagus diminum pada malam hari sebagai penghangat badan. demikian penjelasan saya selamat mencoba dan menikmati.