cara menggunakan masker yang baik dan benar agar terhindar dari virus corona

masker merupakan sarana pencegah virus corona paling utama, karena mudah di dapat dan mudah di pakai. namun demikian dalam hal pemakaian tidaklah semudah memakai baju, meskipun sepintas sangat simpel dalam pemakaiannya. masker yang paling baik sekalipun untuk pencegahan virus covid-19 akan tidak berguna, apabila dalam pemakaiannya tidak mengikuti prosedur yang tepat. oleh karena itu saya berikan tips cara menggunakan masker yang baik dan benar agar terhindar dari virus corona.

virus corona adalah sebuah virus yang sedang ramai di perbincangkan sekarang ini, karena begitu cepat berkembang pada manusia yang menyebabkan kematian. oleh karena itu virus ini di anggap sebagai wabah paling besar dan menyeramkan sepanjang sejarah. cara penularannya juga sangat beragam salah satunya adalah melalui kontak fisik dan percikan air liur saat berbicara, bersin atau batuk. penggunaan masker yang baik dan benar sangat dianjurkan guna mencegah proses penularan virus.

untuk menggunakan masker yang baik dan benar perlu adanya niat dan kemauan pada diri kita untuk bisa menjaga dan melakukan dengan berhati-hati, karena virus ini tidak terlihat oleh mata biasa, sehingga dimanapun dan kapanpun bisa menempel pada benda lain atau bisa juga terbang bersama udara yang ada di sekitar kita sehingga tanpa sengaja kita hirup dan masuk kedalam tubuh kita, sehingga kita bisa tertular karena kelalaian kita sendiri.

berikut tips cara menggunakan masker yang baik dan benar:

  1. Saat kita mengambil masker dalam bungkusan, usahakan tangan kita dalam keadaan bersih dan kering, bila perlu semprot pakai sanitizer. untuk memastikan bahwa tangan kita steril bebas dari virus.
  2. pegang talinya kemudian keluarkan dari bungkusannya, jangan memegang bagian maskernya, baik bagian dalam ataupun luar. hal ini mencegah apabila tangan kita terkontaminasi dengan virus corona yang menempel, tidak berpindah kemasker baru yang akan kita gunakan. karena jika sudah menempal maka masker tersebut sudah tidak ada gunanya.
  3. pegang kedua tali yang ada di masker/ kupingan masker, lalu pasang di telinga kita hingga masker menutupi bagian hidung dan mulut. apabila menggunakan masker bedah atau masker N95 awas jangan terbalik, pada bagian yang ada aluminium platnya berada di atas. gunanya adalah untuk menjepit ke hidung agar bisa menyesuaikan lekukan pada hidung dan pipi selain itu juga menjaga agar udara tidak masuk melalui celah-celah tersebut.
  4. pencet bagian atas yang menempel pada hidung, lalu pada bagian bawah tarik ke arah leher hingga menutupi dagu. supaya bagian mulut dan hidung tertutup semua. gunakan satu tangan yang dianggap paling steril.
  5. selama dalam pemakaian, usahakan jangan pernah dipegang pada bagian masakernya. karena kita tidak tau apakah tangan kita sudah terkena virus apa belum. sampai pada saat selesai pemakaian. cukup melepas melalui bagian talinya.
  6. jika masker yang anda gunakan merupakan masker medis atau masker sekali pakai, maka dibungkus dalam plastik lalu di buang buang ketempat sampah. namun jika masker yang anda gunakan adalah masker kain yang dapat dipakai berulang kali, maka setelah pemakaian langsung direndam dan di cuci menggunakan sabun atau detergen.

demikianlah cara penggunaan masker yang baik dan benar, guna menghindari virus corona agar tidak menular pada diri kita. semoga bermanfaat.

Share on: