cara push up yang benar untuk masuk TNI Polri

hati-hati dalam melaksanakan tes push up saat seleksi TNI Polri karena jika sikap yang anda lakukan tidak sesuai aturan panitia maka tidak akan di hitung, meskipun menurut anda sudah benar. berapapun jumlahnya jika salah tetap mendapat nilai Nol. tentunya tenaga anda akan sia-sia, waktu yang diberikan selama 60 detik terbuang, akhirnya usaha anda untuk masuk menjadi seorang prajurit TNI gagal hanya karena masalah sepele yakni push up yang salah.

maka dari itu melalui artikel ini saya akan memberikan tips tentang cara push up yang benar, yang di hitung oleh panitia untuk di nilai guna menunjang kelulusan masuk TNI ataupun Polri. karena push up merupakan materi yang harus di lalui peserta saat melakanakan seleksi tingkat daerah. tujuan daripada push up adalah untuk mengunkur kekuatan lengan dan perut agar nantinya mampu melaksanakan pendidikan yang berat. oleh sebab itu hal ini tidak bisa dianggap enteng, panitia sangat selektif dalam memberikan nilai untuk materi ini.

berdasarkan pengalaman yang sering terjadi para peserta calon siswa TNI Polri sering mengabaikan instruksi dari panitia, sehingga saat melaksanakan push up asal-asalan, mereka hanya memikirkan waktu yang singkat untuk mendapatkan jumlah yang banyak. tapi tanpa disadari bahwa yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan sehingga saat selesai melaksanakan yang dihitung hanya beberapa saja. meskipun sudah lebih dari 40x ternyata yang dinilai cuma 15x, akhirnya kecewa dan rugi. karena saat tes samapta tidak ada pengulangan, oleh karena itu anda perlu hati-hati dan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal.

berikut tips dan cara melaksanakan push up yang benar untuk tes masuk TNI/ Polri bagi pria dan wanita:

1. sikap siap sedia berada diatas tangan bertumpu pada matras atau tanah sejajar bahu, kemudian kaki lurus tidak di tekuk dan jari kaki atau ujung sepatu bertumpu pada matras atau tanah. pandangan menghadap lurus kebawah atau di tolehkan kesamping tujuannya agar saat pelaksanaan hidung dan mulut tidak terbentur ketanah. sedangkan untuk wanita menggunakan tumpuan lutut.

2. saat posisi turun badan dan kaki serta perut sejajar, turun sama-sama tidak boleh bergelombang ataupun badan dulu turun kaki ditahan atau juga hanya perut yang turun bahu belakangan. gerakan ini tidak akan di hitung. yang di hitung adalah gerakan sama sama dari kaki perut dan dada di kunci dan turun sama-sama. saat turun dada atau perut tidak boleh menyentuh tanah , kurang lebih jaraknya 1 kepal. biasanya pada seleksi TNI Polri panitia menyiapkan meja yang sudah ada alat sensor atau tombol yang menghasilkan bunyi sehingga memastikan peserta saat melakukan gerakan turun tidak setengah-setengah. karena bagian dada akan menempel pada alat tersebut dan menghasilkan bunyi karena tertekan. ada juga alat yang praktis adalah mainan anak-anak yang bisa berbunyi cit..cit.. yang terbuat dari karet.

3. pada saat naik kembbali juga tidak boleh separoh. harus full, tangan lurus siku tidak bengkok, kaki dengan badan tetap sejajar. karena jika gerakan naiknya tidak sesuai maka panitia tidak akan menghitung meskipun anda sudah melakukannya sebanyak mungkin. untuk menghindari pekerjaan yang sia-sia maka laksanakan gerakan yang sesuai.

4. pada saat anda melaksanakan gerakan push up jangan ikut menghitung, karena panitia sudah ada yang menghitung. cukup kosentrasi pada gerakan anda agar tidak salah.

5. apabila di pertengahan anda kelelahan dan waktu belum selesai, panitia akan memberikan kebijakan kepada anda untuk beristirahat sebentar dengan posisi diatas, seperti saat siap sedia. dan setelah anda merasa mampu bisa diteruskan kembali. akan tetapi waktu tetap berjalan, sehingga gunakanlah waktu tersebut sebaik-baiknya agar mendapat jumlah push up yang maksimal secara benar.

waktu yang di berikan panitia adalah 1 menit atau 60 detik. nilai 100 bagi pria adalah 40x dan wanita sebanyak 50x. apabila anda tidak bisa mencapai jumalh tersebut usahakan agar mendekati agar tetap mendapat nilai tinggi. dan dapat membantu nilai-nilai materi yang lain. jika anda sudah bisa memahami penjelasan dari saya maka mulailah berlatih dirumah agar pada saatnya tiba sudah terbiasa, berlatih dengan sikap yang benar meskipun belum mencapai jumlah yang banyak akan tetapi jika rutin anda laksanakan setiap mau tidur atau habis bangun tidur maka akan meningkat nantinya. demikian tips dari saya tentang cara melakukan push up yang benar agar dapat masuk TNI ataupun Polri, semoga bermanfaat.

Share on: