Gedung gonggong Tanjungpinang

Tanjungpinang yang merupakan ibukota provinsi kepulauan riau memiliki makanan khas yang unik yaitu siput gonggong.  Hampir setiap restoran/ rumah makan seafood menyediakan maneka olahan siput gonggong.  Oleh karena jenis makanan ini sangat terkenal di hampir seluruh wilayah indonesia dan manca negara sebagai makanan khas tanjungpinang, maka dari itu pemerintah kota tanjung pinang membuat sebuah tugu yang menyerupai bentuk gonggong,  yaitu gedung gonggong tanjungpinang. Kabarnya bangunan ini menghabiskan dana sekitar 14,4 Milyar rupiah.

gedung gonggong tanjungpinang

gedung gonggong tanjungpinang

Gedung gonggong tanjungpinang yang diresmikan pada tanggal 29 Oktober 2016 terletak di tepi laut kota tanjung pinang tepatnya di taman laman boenda jalan hangtuah. Jika anda datang dari luar kota tanjung pinang dengan menggunakan transportasi laut baik dari batam, tanjung balai karimun maupun luar negeri seperti singapore dan malaysia menuju pelabuhan tanjungpinang, maka pada saat kapal akan sandar anda dapat melihat melalui jendela lambung kiri kapal ferry. Disana terlihat sebuah bangunan yang mirip siput laut yang sedang berjalan berwarna kuning dan silver. Itulah yang disebut gedung gonggong tanjungpinang. Kemudian jika anda sudah berada di kota tanjungpianang atau pulau bintan maka untuk mencapai tempat ini cukup anda menuju arah pelabuhan sri bintan pura(SBP), pasti akan melintas di jalan hangtuah tepi laut. Nah disitulah ada sebuah taman buatan laman boenda yang di hiasi sebuah bangunan mirip siput laut.

Jika anda berencana untuk liburan dengan mengunjungi gedung gonggong tanjungpinang, saya sarankan untuk datang sebelum jam 6 sore karena anda dapat melihat isi dalam gedung gonggong tersebut. gedung ini hanya buka dari pukul 08.00WIB sampai 18.00 WIB.  Isi dalam gedung gonggong berupa tempat presentasi untuk menyampaikan informasi pariwisata Operasionalnya nanti dikelola oleh Dinas Pariwisata karena bangunan ini merupakan Tourism Information Centre (TIC). Kemudian pada bagian luarnya terdapat sebuah taman buatan yang di tanami bunga-bunga dan tanaman hijau sehingga menambah keindahan gedung tersebut. Dari atas anda dapat melihat hilir mudik kapal – kapal jenis ferry, PELNI, Speadboat dll yang melintas di selat tanjungpinang penyengat. ).  Selain itu  juga bisa berfoto selfie dengan suasana matahari tenggelam  (sunset tanjungpinang). Beralih dari gedung gongong anda bisa berjalan dan berkeliling untuk menikmati berbagai fasilitas yang di siapkan di taman laman boenda seperti tempat bermain anak dan fasilitas kebugaran .

Gedung gonggong Tanjungpinang juga dinobatkan sebagai ikon kota yang ikut menambah deretan jumlah wisata tanjungpinang. Jadi sangat rugi jika anda berkunjung ke kota tanjungpinang tanpa mengabadikan dengan berfoto berlatar belakang gedung gonggong tersebut. tapi jangan cuma bisa foto aja yah, anda juga harus mencicipi masakan siput gonggong nya. terus saat anda kembali bisa membeli oleh – oleh kerajinan dari cangkang gonggong.

Leave a Reply