gonggong

ups jangan salah arti dulu yah, gonggong itu bukan suara bintang berkaki empat yang suka melolong (anjing) akan tetapi di daerah kepulauan riau digunakan untuk menamai binatang air/ biota laut yaitu salah satu siput laut yang bisa dimakan. gonggong adalah siput yang hidup di laut yang tegolong jenis molusca dalam bahasa asing (Strombus Canarium) dengan panjang mencapai 7 cm dan bercangkang keras biasanya berwarna putih kecoklatan.gonggong memerlukan waktu sekitar 5 tahun untuk mengeraskan cangkangnya, siput jenis ini ( gonggong ) banyak hidup di hampir seluruh daerah lautan kepulauan riau khususnya tanjungpinang, pulau bintan dan pulau batam. siput gonggong lebih suka hidup di pantai berlumpur dan berpasir putih. oleh karena itu binatang laut ini jarang di temukan di pesisir pantai seperti jawa, sumatera dan kalimantan.

Ada 4 jenis siput Gonggong yang semuanya dapat dikonsumsi oleh manusia yaitu

  1. jenis Gonggong ayam (sebutan nelayan kepri) berukuran kecil dan berwarna agak gelap, bentuknya agak ramping dengan ujung panggkalnya runcing serta tekstur lekukan ulirannya sangat menonjol dan tajam. gonggong jenis ini lebih banyak hidup di lautan dengan dataran berlumpur. banyak ditemukan di pesisir bangka belitung, anamabas dan natuna.
  2. Gonggong tanduk atau lambis – lambis memiliki Panjang badan 29 cm, memiliki cangkang yang sangat besar, kuat dan berat. Salah satu ciri yang paling mencolok adalah bibir luarnya yang berkobar, yang dihiasi enam digitasi marjinal. berwarna putih atau krem ​​secara eksternal dan sering menghadirkan bercak hitam kecoklatan, keunguan atau kebiruan. banyak ditemukan di hampir lautan indonesia baik pesisir pulau jawa, kalimantan, sumatera dan kepulauan riau. meskina jumlahnya terbatas dan tidak banyak seperti gonggong pada umumnya.
  3. Gonggong bercangkang tebal warna putih kecoklatan, gonggong jenis ini lebih suka hidup di dasar laut ber pasir putih dan berlumpur, banyak ditemukan di daerah pantai provisi kepulauan riau seperti pulau bintan, pulau batam, tanjungpinang, tanjung balai karimun dan daik lingga.
  4. Gonggong merah bercangkang tebal, gonngong jenis ini hampir sama dengan gonggong nomor tiga. banyak ditemukan di wilayah kepulauan riau. gonggong inilah yang sering dikonsumsi masyarakat kepulauan riau karena dagingnya sedikit lebih kenyal dan lebih lezat, oleh karena itu harganya pun sedikit lebih mahal / gonggong super.

    jenis gonggong yang bisa dimakan

    jenis gonggong yang bisa dimakan

untuk mencari siput gonggong biasanya para nelayan maupun masyarakat pesisir kepulauan riau menunggu air surut, kemudian mereka berjalan menelusuri pantai yang sudah surut dengan membawa sebilah kayu atau sebatang besi untuk mengorek apa bila gonggong bersembunyi di balik bebatuan. gonggong tersebut biasanya terbawa ke daratan pada saat air pasang dan sewaktu air surut mereka terjebak di pantai. oleh karena itu masyarakat dan nelayan pesisir mulai berburu gonggong untuk dijual atau di konsumsi sendiri dirumah. selain daging gonggong yang lezat untuk di makan masyarakat juga memanfaatkan limbah cangkangnya dibuat kerajinan  untuk oleh-oleh wisata.

siput gonggong memiliki nilai gizi yang tinggi Selain rasanya yang lezat, hidangan biota laut yang satu ini juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. setelah di kaji oleh dinas kesehatan bahwa Dalam 100 gram Gonggong, terdapat 4,1% karbohidrat dengan nilai gizi 1,4 kalori, 31,19 protein dengan nilai gizi 124,8 kalori, dan 24,9% lemak dengan nilai gizi 224,1 kalori. Manfaat siput gonggong ini ada banyak. Namun mekipun makanan ini sangat lezat jangan memakan secara berlebihan. Karena selain mengandung proteni yang tinggi juga mengandung kolesterol yang tinggi juga. sebaiknya jangan dimakan setiap hari.

orang mengatakan gonggong tanjungpinang lebih lezat, namun tidak sedikit juga yang bilang gonggong batam paling nikmat. Resep masak gonggong dibuat banyak cara, sesuai selera. siput gonggong yang merupakan makanan seafood menjadi makanan khas tanjungpinang dan batam.  Banyak yang mengatakan kalau pergi ke tanjung pinang belum makan masakan gonggong berarti belum syah/ belum resmi. dikarenakan saking fenomenalnya gonggong sebagai makanan khas tanjungpinang akhirnya pemerintah kota tanjungpinang membuat sebuah gedung gonggong untuk menjadikan ikon tanjungpinang yang sudah menyatu namanya, ibarat ingat tanjungpinang ingat gonggong begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply