ikan bilis oleh oleh khas batam

ikan bilis adalah sejenis ikan teri yang hidup di sungai-sungai, muara, danau dan rawa-rawa. bahasa bilis sendiri digunakan dalam penyebutan ikan teri( indonesia ) di malaysia atau orang melayu baik di batam, tanjung balai karimun maupun di tanjung pinang. masyarakat batam dan tanjung pinang memanfaatkan ikan bilis sebagai oleh-oleh khas daerah. karena jarang ditemukan di tempat lain.

ikan bilis kering

ikan bilis kering

hasil olahan yang dijadikan oleh oleh khas batam dengan bahan dasar ikan bilis seperti ikan bilis kering/ ikan asin, terasi ikan bilis, sambal ikan bilis, kerupuk ikan bilis dan bakso ikan bilis. para pengunjung wisatawan asing maupun lokal sering membeli oleh-oleh ikan bilis ini. menurut mereka sanga pas buat di jadikan lauk untuk makan karena dapat dibuat berbagai resep masakan. dari sekian banyak olahan ikan bilis, paling favorit dan paling laku di pasaran adalah ikan bilis yang sudah di keringkan ( dijemur) karena masih original belum ditambah bumbu apa-apa sehingga cara pengolahannya sangat mudah.

jika anda benar-benar ingin mencari oleh-oleh khas batam saya sarankan sebaiknya anda membeli ikan bilis, selain murah anda jug dapat membagikannya kepada tetangga/ rekan kerja dikantor sebagai buah tangan dari batam. harga bilis basah berkisar antara 65.000/kg sampai 80.000/kg tergantung musim. sedangkan ikan bilis kering agak mahal karena sudah melalui proses penjemuran, harga perkilonya hingga 100.000,- sampai 160.000,-

ikan bilis identik dengan nasi lemak karena pelengkap sambel nasi lemak adalah campurannya ikan bilis. oleh karena itu sangat pas banget seandainya anda membeli oleh-oleh khas batam ini. untuk mendapatkan oleh-oleh ikan bilis anda cukup mencari di pusat penjualan oleh-oleh batam atau tanjung pinang. jika bingung di pasar-pasar juga banyak dijual.