jembatan barelang batam

jembatan barelang batam merupakan sebuah wisata alam buatan sekaligus menjadi ikon wisata di batam. menurut sejarah pembangunan jembatan barelang bahwa jembatan yang diprakarsai oleh bapak BJ.Habibie ini dibangun pada 1992 hingga tahun 1998 namun pada pelaksanannya dapat diselesaikan pada tahun 1997. pembangunan jembatan ini melibatkan ratusan insinyur asal indonesia dengan tanpa melibatkan pihak asing dalam pembuatan maupun perancangannya.jembatan barelang batam menghabiskan dana sekitar 400 miliar rupiah.

jembatan ini dinamai barelang diambil dari sebuah nama pulau-pulau yang akan dihubungkan yaitu batam, rempang dan galang. pulau rempang dan pulau galang yang berada di sebelah selatan kota batam yang selama ini terpisah oleh selat kini dapat terhubung dengan adanya jembatan barelang batam. selain untuk menghubungkan antar pulau jembatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kepulauan riau khususnya batam dan sekitarnya baik dari segi industri maupun segi akomodasi. seiring berjalannya waktu jembatan barelang yang dibangun sepanjang 385 meter dengan bangunan yang begitu megah dan fantasic layaknya jembatan-jembatan di luar negeri akhirnya jembatan ini mampu menyedot mata memandang para wisatawan asing maupun lokal sehingga jembatan barelang ini menjadi salah satu ikon wisata terpopuler di wilayah kepulauan riau.

selain jembatan yang indah di sisi kanan kiri pada ujung jembatan barelang ini berdiri sebuah gubug-gubug yang menyediakan berbagai kuliner khas batam sehingga menjadikan pelengkap dalam perjanan anda dalam menikmati suasana alam kota batam dan pesona wisata jembatan barelang ini. disamping itu anda dapat melihat wisata pantai kota batam yang beragam dari mulai pesisir pasir putih hingga kawasan mangrove yang begitu alami.

wisata batam yang satu ini mampu menjamu mata anda dengan angin yang berhembus di atas jembatan barelang batam ini menjadikan wahana imajinasi setiap pengunjung yang menikmati, pada saat anda berada di tengah tengahnya maka akan seperti anda melayang diantara pulau-pulau dengan melihat arus air yang deras. bahkan terkadang sangat menguji adrenalin anda untuk menikmati indahnya jembatan barelang.oleh karena itu sangat rugi jika anda menginjakan kaki di kota batam tidak berkunjung ke jembatan barelang ini.

apabila anda ingin menuju jembatan barelang, anda dapat menempuh perjalanan dari pelabuhan ferry Punggur sekitar 45 menit menggunakan jasa Taxi sebesar 150 ribu dan 30 menit dari Bandara Hang Nadim Batam. jika anda sudah peas dengan menikmati jembatan barelang ini anda dapat melanjutkan perjalanan kearah pulau galang. disana anda akan menemukan perkebunan buah naga yang dapat anda nikmati secara langsung buahnya atau untuk oleh-oleh. setelah itu anda juga bisa mengunjungi wisata sejarah seperti camp Vietnam.

sekali mengayuh 2 sampai tiga pulau terlampoi, itulah istilahnya anda berkunjung ke jembatan barelang batam ini tidak akan sia-sia mengingat jaraknya yang lumayan jauh namun setelah anda sampai anda akan disuguhi berbagai wisata lainnya seperti apa yang saya sebutkan diatas yaitu kebun buah naga, camp vietnam yang menjadi wisata sejarah selain itu juga banyak resort-resort pantai dan restoran yang menyuguhkan hidangan seafood paling enak jika anda ingin menikmati kuliner batam.

hingga kini jembatan barelang batam hari-hari selalu ramai dikunjungi para wisatawan asing maupun lokal. apalagi pada sore hari saat matahari mulai menghilang dan suasana terik matahari sudah hlang banyak pasangan muda – mudi yang memanfaatkan moment dengan berfoto selfie di jembatan barelang ini.

Leave a Reply