kejadian aneh yang dikaitkan dengan orang bunian

Masyarakat indonesia yang mempercayai keberadaan orang bunian ternyata bukan hanya di miningkabau sumatera barat dan kalimantan barat tepatnya di sambas malainkan di seluruh daratan kepulauan riau seperti kepulauan anambas dan kepulauan natuna. keberadaan mahluk tersebut memang selalu menjadi pembicaraan yang sangat serius bagi masarakat disana. hal-hal mistis dan kejadian aneh sering dikaitkan dengan keberadaannya. berikut beberapa kejadian aneh yang dikaitkan dengan orang bunian baik di minangkabau, sambas maupun kepulauan riau.

kejadian aneh di kampung bunian

kejadian aneh di kampung bunian

1. masih ingat dengan tragedi sambas? orang disana percaya bahwa pada saat terjadi perang etnis beberapa waktu lalu, konon Dibantu oleh orang-orang bunian. menurut ceritanya bahwa raja mereka mengerahkan pasukan bunian untuk menghalau etnis tertentu yang dianggap mengganggu ketentraman dan kenyamanan hidup etnis pribumi. munculnya beberapa kejadian aneh pada saat itu sehingga dikaitkan dengan keberadaan orang bunian.

2. pada tahun 1995 di daerah sejangkung, sambas ada kejadian aneh, ada anak kecil yang masih duduk di kelas 2 SD dibawa oleh anak-anak orang bunian. saat itu sepulang sekolah teman-tamannya sudah sampai rumah namun si anak tadi tidak sampai dirumah. maka orang tua anak tersebut cemas, mereka mencari kemana-mana, mulai dari rumah teman-temannya hingga ke rumah sanak saudaranya namun tidak ditemukan. ada salah seorang anak yang saat itu melihat sianak yang hilang tadi bahwasannya tadi diajak main oleh temannya yang mereka tidak mengenalnya. mendengar hal itu orang tua si anak pergi kerumah orang pintar di daerah tersebut. setelah dilakukan ritual orang pinatar tersebut mengatakan kalau anaknya dalam keadaan selamat. cuma saat ini sedang berada di tengah lingkungan kaum bunian. sontak saja membuat orang tua si anak kaget dan cemas. lalu arang tua si anak meminta bantuan kepada orang pintar untuk mengembalikan anaknya. dengan berbagai ritual dan syarat akhirnya dilakukan dan hasilnya anaknya bisa kembali dengan selamat. ketika ditanya oleh orang tuanya tentang kepergiannya, si anak  menjawab dengan polos bahwa ia pergi bersama teman-teman barunya menggunakan perahu besar yang tak lain adalah anak dari orang bunian tersebut.

3. pada tahun 1990an, ada sebuah kejadian aneh yang juga dikaitkan dengan orang bunian. ada seorang pemuda yang bernama mahyan, ia dinyatakan hilang, sebelumnya dikira pergi ke pulau tambelan untuk mencari ikan di bagan. namun anehnya pakainnya masih utuh yang menandakan bahwa mahyan tidak pergi kemana-mana. menurut cerita teman-temannya mahyan tadi malam berkenalan dengan seorang wanita asing, sejak saat itu mereka tidak lagi melihat si mahyan. berhari-hari, berminggu-minggu,berbulan-bulan ternyata si mahyan tidak kembali hingga seterusnya tak diketahui keberadaan dan rimbanya. para tetangga menganggap behwa si mahyan hilang karena dibawa ke alam orang-orang bunian.

4. kisah aneh selanjutnya adalah pemadaman kebakaran hutan di riau yang dikaitkan dengan orang bunian yang telah membantu ikut memadamkannya, dari cerita yang kai dapat bahwa saat itu terjadi kebakaran di hutan rimba di wilayah perbatasan Riau dan Jambi tepatnya di desa Lubuk Besar Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).Lokasi desa ini memang dikenal sangat mistis. mereka sangat mempercayai keberadaan orang bunian. Malah isunya, warga setempat ada juga yang menikah dengan wanita orang bunian. saat itu kebakaran yang terjadi di tangani oleh pihak pemadam kebakaran dibantu badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) inhil. saat melakukan pemadaman regu satu yang berjumlah 11 sangat cepat memadamkan api, regu dia yang melihat menyampaikan bahwasannya regu satu di bantu oleh banyak masyarakat. oleh karena itu regu satu merasa aneh  padahal mereka cuma orang 11 saja tanpa bantuan masyarakat. dan pada akhirnya mereka mempercayai bahwasannya orang-orang bunian lah yang telah membantu mereka.

5. beberapa tahun lalu itu ada kisah aneh di gunung sibayak tanah karo sumatera utara, Saat itu salah satu wisatawan asal Jepang nekat melakukan pendakian seorang diri tanpa bantuan pemandu.Diduga karena melewati batas jalur pendakian, wisatawan tersebut akhirnya tersesat di kawasan Gunung Stersebut. akhirnya warga setempat meminta bantuan kepada tim SAR untuk mencari keberadaan turis Jepang tersebut. Selama beberapa hari pencarian akhirnya turis Jepang tersebut ditemukan dengan Kondisi lemas dan mengalami dehidrasi parah. setelah di beri pertolongan dan di evakuasi dan kembali sehat,ntang  turis tersebut di tanya tentang keadaan yang menimpanya. turis Jepang tersebut mengatakan bahwa dirinya mencoba melewati jalur yang belum banyak dilalui orang. Sampai akhirnya dia masuk ke perkampungan warga, namun tidak ada satupun yang menggubrisnya. Turis tersebut juga bilang kalau seluruh warga di kampung itu kakinya terbalik dan bertubuh kerdil. Di dalam perkampungan tersebutada pasar tradisional dengan beragam aktifitas jual beli. Banyak makanan yang dijajakan di sana, mulai dari kue, daging, minuman, dan lainnya. Karena merasa kelaparan, dia berusaha mengambil makanan dan minuman yang dijajakan pedagang. Anehnya, tidak ada satupun makanan yang bisa diraihnya. Para pedagang makanan tersebut juga seakan tidak melihat keberadaannya. setelah itu sang turis terus berjalan menyusuri sungai hingga ditemukan tim basarnas dalam keadaan pingsan.dari penjelasan turis tersebut warga menyimpulkan bahwa yang dimaksud turis itu adalah kampung orang bunian yang selama ini menjadi misteri.

6. tahun 2017 tepatnya bulan juni pada saat latihan gabungan militer dalam operasi PPRC ( pasukan pemukul reaksi cepat) yang dilaksanakan di kabupaten Natuna mengalami kecelakaan latihan. sebuah meriam pertahanan udara turun dan menembak rekan disebelahnya. dalam insiden tersebut menewaskan 4 orang prajurit dan 8 orang luka-luka. kejadian ini juga menurut ki rogo sejati ahli paranormal kepri mengatakan bahwasannya ada hubungan dengan orang bunian. menurutnya suku bunian tersinggung karena kurangnya ritual ataupun permisi saat akan di laksanakan latihan dalam pulau tersebut.