Kepulauan Anambas

kepulauan anambas merupakan sebuah daerah pesisir kepulauan riau karena terletak di bagian tepi yang berbatasan dengan pulau kalimantan. anambas menjadi salah satu kabupaten di kepulauan riau, dengan ibukotanya terletak di Tarempa. pada tahun 2008 anambas memisahkan diri dari kabupaten Natuna untuk berdiri sendiri menjadi kabupaten. kabupaten kepulauan anambas memiliki 7 kecamatan diantaranya adalah Kecamatan Siantan,Kecamatan Palmatak,Kecamatan Siantan Timur,Kecamatan Siantan Tengah,Kecamatan Siantan Selatan,Kecamatan Jemaja Timur,Kecamatan Jemaja.

daerah wisata kepulaun anambas

daerah wisata kepulaun anambas

diharapkan dengan majunya kabupaten anambas semakin menambah daya tarik para wisatawan maupun para investor yang ingin ikut serta dalam mengembangkan kemajuan kabupaten anambas. masyarakat kepulauan anambas masih kental dengan budaya melayu nya dan sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. karena di perairan anambas ini hasil perikanan masih melimpah. oleh karena itu wajar  saja jika daerah kepulauan anambas selalu di datangi oleh kapal-kapal pencuri ikan dari nagara-negara asing. bahkan aparat keamanan Laut seperti TNI-AL selalu berjaga di perairan ini guna menghalau para kapal-kapal pencuri ikan tersebut agar hasil perairan kepulauan anambas dapat dinikmati oleh masyarakat setempat.

kabupaten anambas memang letaknya sangat jauh dari pulau batam maupun tanjung pinang. namun pemerintah telah menyediakan transportasi laut dan udara.untuk mencapai ke kabupaten kepulauan anambas pemerintah sudah menyiapkan berbagai sarana angkutan laut dan pesawat.sarana angkutan laut yang disediakan seperti PELNI dan Ferry. terminal pelabuhan yang melayani perjalanan laut untuk sampai ke kabupaten anambas adalah pelabuhan Tanjung pinang. jika anda hendak ke anambas sebaiknya lihat jadwal kapal dari pelabuhan tanjungpinang. selain itu ada sarana angkutan udara yaitu pesawat, namun karena minimnya pengguna jasa pesawat menuju daerah anambas maka pihak maskapai penerbangan memberikan jadwal tertentu. jika anda berniat untuk naik pesawat bisa mendatangi bandara raja haji fisabililah tanjung pinang untuk meminta keterangan tentang penerbangan menuju kabupaten anambas.

kabupaten anambas

sekarang ini pemerintah provinsi kepulauan riau terus mengupayakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten kepulauan anambas dangan salah satunya mempromosikan berbagai wisata daratan dan wisata lautan yang begitu mempesona dan indah yang tidak kalah dengan daerah wisata di batam dan wisata di tanjung pinang. selain wisata anambas juga memiliki banyak potensi sumber daya alam seperti gas dan bijih besi.diantara daerah wisata yang terkenal di sana adalah pulau padang melang yang memiliki pasir putih dan pemandangan yang menakjubkan, kemudian pantai pulau diri yang dijadikan kawasan penangkaran penyu oleh dinas kelautan dan perikanan provinsi kepri dan pulau penjalin.

jika anda penasaran silahkan berkunjunglah ke kabupaten kepulauan anambas yang terletak di provinsi kepri. dan jangan lupa untuk membawa oleh-oleh setelah kembali dari sana karena anda akan menyesal tentunya jika pulang dengan tangan kosong hanya membawa sebuah kenangan yang tak akan terlupakan.

2 Comments

Leave a Reply