kisah mistis dan sejarah pulau penyengat

Pulau penyengat terletak di seberang pulau bintan dan di depan kota tanjung pinang. jarak yang dapat ditempuh sekitar 10 menit dari Tanjungpinang ini menggunakan perahu tradisional jenis pompong kayu. merupakan kawasan wisata sejarah dan banyak memiliki kisah mistis. apa saja kisah mistis pulau penyengat ini mari kita buka jelajahi sejarah tentang pulau ini.

pulau penyengat yang berada di seberang kota tanjungpinang sering disebut-sebut sebagai pulau keramat karena banyaknya makam dan bangunan peninggalan kerajaan jaman dahulu. tidak sedikit pula warga yang berduyun-duyun datang untuk melaksanakan ziarah memohon berkah dan keselamatan malalui makam raja-raja di pulau penyengat ini.bahkan ada juga yang melakukan ritual di pulau ini untuk berbagai keinginan. mayoritas penduduk pulau penyengat adalah suku melayu dengan agama islam yang kental.niat dan keinginan para pengunjung yang datang beragam . puncak keramaian pulau penyengat biasanya pada hari jum’at dimana orang – orang ingin melaksanakan shalat jumat dan hari-hari besar agama islam di sebuah masjid kuning yang konon jaman dahulu dibuat dari kuning telor.

kisah-kisah mistis pulau penyengat adalah kepercayaan warga setempat dan para pengunjung yang mempercayai bahwasannya makam-makam raja – raja islam ini dapat menjadi perantara doa-doanya agar dikabulkan.pernah suatu waktu ada pengunjung yang berasal dari luar pulau berziarah ke makam di pulau penyengat mereka selain melakukan doa juga memohon keberkahan agar di lepaskan dari masalah yang sedang menimpanya. saat ditanya kali ini adalah kali ke 3 dia datang ke penyengat, bahkan dia juga mengatakan bahwasannya permohonannya mulai dikabulkan dengan alasan masalah yang dihadapi hampir terselesaikan.

kisah mistis yang lain adalah pantangan bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke pulau tersebut, karena jika dilanggar akan mendapatkan masalah yang tidak diinginkan salah satu pantangan yang sering di sampaikan orang adalah tidak boleh membawa pacar ke pulau tersebut. sebenarnya hal tersebut kalau di kaji adalah mitos saja, namun karena pengalaman demi pengalaman dan kejadian demi kejadian yang dikaitkan akhirnya pantangan tersebut menjadi sebuah peraturan adat yang tidak tertulis . manusia bukan harus percaya dengan hal tersebut karena semua adalah kuasa Tuhan akan tetapi manusia inginkan hal terbaik dan menghindari selagi bisa sesuatu yang dapat terjadi lebih buruk.

sampai saat ini pulau penyengat meskipun menjadi tempat wisata sejarah tetap menjadi pulau dengan penuh misteri yang masih banyak belum terjawab. pengunjung yang datang mulai dari kalangan bawah hingga para pejabat2 negara. kisah mistis pulau penyengat lah yang kadang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang dari jauh. selain itu kita juga harus Menjaga kesucian ke Pulau Penyengat, karena di kawasan pulau tersebut berdiri sebuah masjid raya Pulau Penyengat, yang kini sebagai simbol kebesaran kerajaan Melayu. Abdul Rahman menjelaskan, kesucian menjadi bagian terpenting untuk menjaga dan melestarikan budaya . Termasuk untuk kawasan Pulau Penyenggat, mengingat banyaknya kompleks pemakaman yang kini menjadi cagar budaya dan dijadikan sebagai obyek wisata relegius.

Untuk Informasi Wisata , Reservasi Hotel, Paket Wisata, Transportasi dan rental mobil di Pulau bintan dan Tanjungpinang silahkan hubungi kami.
Contact Us :
Bapak Winar (Bay)
Counter Mutiara Cikalana Tour & Travel
Alamat :Pintu kedatangan Internasional
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang
Tlp/ watshapp : 082162929977
emai: [email protected]
website : bintanpackage.com

Leave a Reply