Makanan khas batam wisata kuliner jajanan dan masakan

Batam adalah sebuah kota di propinsi Kepulauan Riau yang memiliki budaya melayu yang kental. Pengaruh kedekatan geografis dengan negara jiran seperti malaysia dan singapura ternyata juga mempengaruhi wisata kuliner dalam berbagai segi. Kita bisa lihat dari nama makanan dan masakan yang memiliki persamaan nama maupun rasa dengan negara malaysia. Nama minuman teh es atau es teh yang selama ini kita kenal di daerah Indonesia telah berasimilasi menjadi “teh obeng”. Mengenai cita rasa yang khas masakan melayu, itu bisa kita temukan dalam setiap resep masakan makanan khas batam.

Dekat dengan negara Singapura ternyata menjadi berkah tersendiri, yaitu dengan banyaknya makanan impor yang biasanya sulit didapatkan dan harga yang mahal. Akan tetapi tidak dengan Batam, sejak menjadi daerah Free Trade Zone (FTZ), sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan makanan unik dan murah dari luar negeri di Batam. Sebagai contoh Coklat Batam, rasanya yang lezat, harganya murah dan bentuknya yang kecil,imut membuat banyak wisatawan dari luar batam memilih coklat batam menjadi oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. dengan bentuknya yang kecil, ringan tidak sulit untuk dijinjing atau dimasukkan didalam tas/koper sewaktu perjalanan pulang kembali ke daerah asal masing-masing.

Wisata kuliner batam memang menarik untuk dikunjungi, kental dengan rasa khas melayu dan tentunya lezat dan bergizi mengingat banyaknya resep masakan berciri khas makanan laut seafood seperti ikan, udang, sotong dan gonggong. Bagi anda yang ingin membuat sendiri dirumah, kami sudah menyajikan resep makanan khas batam yang telah kami ulas pada banyak halaman pada blog kepriau.

Makanan Khas Batam

1. Luti gendang

Luti gendang adalah goreng berbentuk bulat lonjong yang terbuat dari bahan tepung terigu protein tinggi dan inti didalamnya berisi racikan kecil ikan tongkol yang telah di goreng dan diberi bumbu spesial pedas. Gigitan awal akan kita rasakan roti yang gurih dan garing ada terasa sedikit rasa manis. ketika menyentuh inti lidah akan menerima rasa yang berbeda yaitu pedas. Walau tidak terlalu pedas seperti cabe rawit, Akan tetapi cukup membuat kita memejamkan mata. Untuk menghilangkan rasa pedas dapat ditemani dengan minuman teh obeng prenjak. Rasa pedas dan dingin menyatu didalam mulut. Buat anda yang menyukai minuman panas bisa mencoba teh tarik, Minuman asli malaysia yang banyak dijual di kedai batam. luti gendang ini juga merupakan makanan khas tambelan dan mungkin juga daerah lain terutama yang kaya kaya akan sumber ikannya seperti anambas, serasan, midai,sedanau, natuna dan pulau sekitarnya. Untuk mencari luti gendang ini tidak sulit, banyak tempat atau kedai yang menjual luti gendang.

Luti gendang batam

2. Mie Lendir

Mie lendir batam memang spesial, sekilas mirip pecel atau gado-gado, perbedaannya dari kuahnya terlihat berlendir. lendir disini tidak berkonotasi negatif. tetapi positif karena rasanya enak dengan kuah kacang halus dan tidak terlalu kental. Mie lendir selain merupakan makanan khas batam juga menjadi makanan khas daerah lain di Kepulauan Riau seperti Tanjung Pinang dan bagian sumatera utara Medan. Mie lendir batam menjadi favorit wisatawan dan selalu saja laris bahkan orang harus rela antri jika membeli di tempat yang sudah terkenal misalnya mie lendir daerah nagoya batam.

Mie lendir batam tanjung pinang

3. Roti canai

Roti canai adalah makanan khas melayu yang asal mulanya dari negara india. kata canai sendiri kononnya berasal dari kota aslinya yaitu Chennai. dan banyak juga kalangan yang mengatakan kata canai berasal dari proses pembuatan waktu melebarkan dan memipihkan roti tersebut yaitu mencanai. Yang terpenting bukan dari asal namanya akan tetapi dari rasanya yang enak bisa diterima siapa saja. Roti canai menjadi makanan yang terkenal di Malaysia dan biasa menemani minuman teh tarik yang panas. Roti canai disajikan dengan kuah kari kambing dan kari sapi. berbentuk bulat pipih dan berwarna putih. Di batam roti canai ini biasa dikenal dengan nama lain yaitu roti prata, sangat cocok sebagai pengganti sarapan. Sebenarnya roti canai ini lebih pas dimakan disaat masih panas dan pasangan eratnya teh tarik, tapi jika anda ingin minuman lain seperti tes es atau kopi tidak masalah, sesuai selera.

4. Ikan bilis

Sangat cocok dijadikan oleh oleh khas dari batam. harganya termasuk murah, terjangkau. harga bilis basah berkisar antara 65.000/kg sampai 80.000/kg tergantung musim. sedangkan ikan bilis kering agak mahal karena sudah melalui proses penjemuran, harga perkilonya hingga 100.000,- sampai 160.000. ikan bilis biasa disajikan dengan makanan khas batam lainnya seperti nasi lemak dan mie lendir. anda dapat dengan mudah membelinya di toko atau pasar oleh-oleh batam yang banyak menjualnya dengan kemasan plastik.

ikan bilis kering

ikan bilis kering

5. Coklat Batam

Oleh-oleh khas batam yang bisa anda bawa pulang karena harganya murah dengan kualitas coklat terbaik. Coklat batam pada umumnya import dari negara singapore dan Malaysia. ada beberapa toko yang menjadi pusat grosir coklat di batam, anda bisa membelinya dalam jumlah banyak dan harga yang murah. selain itu anda dapat membeli secara online.

coklat batam

6. Mie Sagu

Keunikan dari mie sagu goreng adalah rasa mie sagu yang kenyal, lembut seperti karet kalau dikunyah. Tekstur inilah membuat mie sagu terasa lebih spesial dari mie biasa. Jika anda memesan mie sagu pastikan memilih Mie sagu basah atau mie sagu goreng. Mie sagu yang merupakan makanan khas batam banyak di jual di kedai atau warung makanan. di Propinsi Kepulauan Riau di didaerah Tambelan, anda akan menemukan mie sagu ini disajikan sebagai makanan sehari-hari dan diacara tertentu misalnya lebaran dan puasa. Begitu pula di daerah Kalimantan Barat, mie sagu menjadi makanan khas pontianak dan biasa disajikan sebagai pengganti lauk dirumah.

Mie Sagu

7. Nasi lemak

Nasi lemak indonesia banyak kita jumpai di tanjungpinang, bintan, batam, tanjung balai. hampir di seluruh daerah provinsi kepulauan riau mengenal nasi lemak ini. bukan hanya di warung makan, bahkan di jalan jalan para ibu-ibu menjajakan nasi lemak di pinggir jalan dan di depan rumah untuk mengharapkan orang lewat atau tetangga yang hendak bekerja singgah untuk sarapan pagi. di kepulauan riau nasi lemak juga menjadi makanan favorit sama seperti lontong sayur. nasi lemak di indonesia lebih beragam mulai dari tampilan hingga rasanya. namun kesemuanya tetap enak karena yang memasak sudah profesional.

nasi lemak indonesia

nasi lemak indonesia

8. Bingka Bakar

Wisata kuliner Batam memiliki beragam penganan atau jajanan yang rasanya enak. Jika anda tertarik untuk membawa oleh-oleh khas batam yang berbentuk makanan ringan atau jajanan, anda dapat membeli bingka bakar yang cokok untuk dibagikan ke tetangga atau teman terdekat. Anda dapat membeli bingka bakar batam di toko penjualan oleh-oleh batam. Rasanya seperti bingka pada umumnya dengan cara memasak yang berbeda yaitu dengan dibakar menggunakan oven atau peralatan memasak tradisional. rasanya mirip dengan bingka ambon yang juga terkenal di indonesia.

Resep bingka bakar batam

9. Kek pisang villa

Kek pisang villa adalah menu pisang yang dilapisi dan ditaburi dengan berbagai macam penyedap rasa buah dan lainnya seperti keju, coklat, buah naga, blueberry, kelapa dan pandan. Kek pisang villa dijual dengan harga empat puluh ribuan, dengan berbagai macam variasi rasa. anda dapat memilih sesuai selera. Tepat rasanya anda membelinya sebagai oleh-oleh, selain tempat penjualan yang banyak, harganya murah juga rasanya yang spesial dan lezat.

Kek pisang villa batam original

10. Siput gonggong batam

Seafood menjadi icon wisata kuliner di batam, sangat wajar mengingat batam kaya akan tangkapan hasil laut yang melimpah. Salah satu yang menjadi andalan makanan khas batam adalah masakan siput gonggong. Selain rasanya yang enak juga manfaat siput gonggong dan khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. kandungan gizinya yaitu mengandung karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, Protein 31,19 dengan nilai gizi 124,8 kalori dan lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori. Masyarakat meyakini bahwa gonggong bagus untuk pertumbuhan hormon dan meningkatkan stamina. Karena mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Harga siput gonggong yang sudah masak biasanya 20.000,- / porsi dengan isi 20 gonggong.

manfaat siput gonggong

manfaat siput gonggong

11. Sop ikan batam

Sop ikan ini biasanya di ambil dari ikan kakap yang masih segar, rahasia yang membuat ikan ini dinikmati adalah kaldu ikan yang tetap terjaga walaupun telah dimasak. Sop ikan batam tidak hanya terkenal di daerah batam saja, tetapi juga di daerah lain di Indonesia seperti ibu kota Jakarta yang menyajikan sop ikan batam dengan nama sop ikan batam kelapa gading. Wisatawan lokal dan asing menyukai masakan yang berjenis seafood, karena kalorinya rendah menyehatkan. ada beberapa tempat di batam yang spesial menyajikan masakan seafood seperti sop ikan ini misalnya Sop ikan yong kee. pastikan anda membawa uang yang cukup untuk menikmati sop ikan batam, karena harganya yang cukup mahal.

Sop ikan batam

12. Mie Tarempa

Mie tarempa ini memang sekilas mirip mie goreng yang biasa kita temukan di tempat kuliner. akan tetapi ciri khas yang membuatnya berbeda adalah bentuk mie dan tambahan hidangan laut seperti racikan ikan dan tambahan telur menjadikan hidangan ini istimewa. Jika anda ke Batam, rugi rasanya tidak mencicipi mie tarempa ini. banyak yang sudah mengakui kelezatan rasanya. lagipula di Batam tidak sulit mencarinya, banyak rumah makan yang yang khusus menjual mie tarempa. Harganya yang merakyat hanya dua belas ribu rupiah membuat kantong anda aman walaupun setiap hari memakannya.

Rumah makan mie tarempa batam center

Minuman Khas Batam

1. teh tarik

Di restoran yang terkenal di batam, teh tarik menjadi minuman khas yang selalu ada didalam daftar menu. walau harganya yang sedikit lebih mahal dari minuman lainnya. tidak membuat teh tarik kehilangan minat pembeli, tetap saja laris. Rasanya yang spesial memang nikmat disajikan dalam kondisi panas. Teh tarik sangat populer di Malaysia dan menjadi minuman khas di negara jiran tersebut. Teh tarik tersedia dalam kemasan sachet dan bisa anda buat sendiri walau tidak senikmat buatan restoran, akan tetapi jika anda menginginkan rasa yang sama seperti yang dijual di restoran batam anda dapat membuatnya dengan bahan sederhana menggunakan resep teh tarik yang telah ada diblog kepriau.

teh tarik

2. Teh obeng

Teh es atau teh obeng pada umumnya sama saja,namanya saja yang berbeda. akan tetapi yang menjadi ciri khas minuman teh obeng batam biasanya terbuat dari teh asli prenjak buatan asli tanjung pinang. namanya yang unik sedikit dipengaruhi oleh bahasa malaysia dan tionghoa yaitu o-peng. walau namanya sedikit seram karena mirip nama peralatan mekanik otomotif akan tetapi rasanya enak dan menyegarkan.

Teh obeng