manfaat siput gonggong

ingin tau manfaat siput gonggong yang menjadi salah satu makanan khas batam dan tanjungpinang? Mari kita simak sama sama yah. Siput gonggong  atau siput laut atau gonggong memang banyak digemari, baik masyarakat lokal maupun para wisatawan. Tak mengherankan karena ketenaran makanan ini akhirnya menjadi ikon kota tanjung pinang dengan dibangunnya gedung gonggong sebagai bukti makanan khas warisan budaya.

manfaat siput gonggong

manfaat siput gonggong

Siput gonggong memiliki banyak sekali manfaat dilihat dari kandungan gizinya yaitu mengandung karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, Protein 31,19 dengan nilai gizi 124,8 kalori dan lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori. Masyarakat meyakini bahwa gonggong  bagus untuk pertumbuhan hormon dan meningkatkan stamina. Karena mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak.

Cara pengolahannya pun cukup gampang dan tidak ribet, hanya direbus saja kemudian disajikan dengan sambal sebagai cocolan. Cara mengeluarkan daging gonggong cukup menggunakan tusuk gigi, yakni cari ujung siput gonggong yang berbentuk taring keras kemudian di congkel dikeluarkan selanjutnya di cocolkan ke sambal yang telah disediakan dan langsung dimakan, ingat taring/ ujungnya yang keras jangan ikut dimakan karena memang tidak bisa dimakan, sedangkan cangkang gonggong bisa dibuat kerajinan yang unik.

Ayo yang mau coba meningkatkan stamina dan hormon sebaiknya mengkonsumsi siput gonggong ini sebelum mencoba obat – obatan kimia. Karena segala sesuatu yang terbaik buat tubuh adalah yang berasal dari alam secara langsung. Seperti manfaat siput gonggong yang hanya tinggal direbus terus di makan. Jika anda tertarik untuk mencoba mencicipi makanan khas tanjungpinang dan batam ini cukup murah harganya. Harga siput gonggong yang sudah masak biasanya 20.000,- / porsi dengan isi 20 gonggong.  Meskipun gonggong memiliki manfaat buat tubuh namun jangan terlalu sering dan banyak mengkonsumsi makanan ini yah, karena selain proteinnya yang tinggi juga mengandung kolesterol yang tinggi juga. Jadi cukup sesuaikan dengan seimbang mengkonsumsi siput gonggong.

Leave a Reply