Masjid terbesar di batam

Kota batam memiliki 2 masjid terbesar yang selalu ramai dikunjungi oleh para kaum muslim masyarakat setempat maupun pendatang dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah yang kebetulan melintas atau sedang berwisata. bangunan mesjid batam yang unik ini sering di abadikan oleh mereka. salah satunya denga mengembil foto selfie dengan latar belakang masjid tersebut. 2 masjid terbesar di batam ini selain unik juga menjadi tempat favorit untuk melaksanakan ibadah. tidak heran jika pada saat hari jum’at, dipenuhi oleh masyarakat dari berbagai kalangan yang ingin melaksanakan ibadah shalat jum’at. diantaranya para pegawai pemerintahan, para pedagang, karyawan pabrik, buruh, wisatawan dll. pemerintah kota batam membangun masjid ini berharap masyarakat kota batam yang muslim agar selalu ingat waktu ibadah pada saat sedang menjalankan berbagai aktifitasnya.

berikut 2 masjid terbesar di batam:

1. masjid agung batam


Alamat: Jl. Engku Putri, Tlk. Tering, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444, Indonesia
Telepon: +62 778 462593
Masjid Agung Batam atau yang lebih dikenal Masjid Raya Batam merupakan sebuah masjid yang memiliki kubah dengan bentuk unik yang berdesain berbentuk limas segi empat seperti piramida. Masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 66 m. Masjid raya batam mulai dibangun pada tahun 1999, dan selesai tahun 2001. Masjid ini dirancang oleh arsitek tersohor di Indonesia yakni Achmad Noeman yang juga perancang masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kota Bandung. mengapa kubah masjid dibentuk seperti limas segi empat, di aplikasikan bahwa kubah dengan bentuk unik yang berdesain limas segi empat atau seperti piramida.mempunyai persepsi vertikalisme menuju satu titik di atas sebagai simbol hubungan antara manusia dan Tuhan (habluminallah). Sedangkan Irisan tiga bagian merupakan simbol perjalanan hidup manusia (sebagai hamba Allah) dalam tiga alam yaitu alam rahim, alam dunia, dan alam akhirat.

Selain menjadi tempat ibadah juga menjadi salah satu wisata religi yang ada di batam. masjid ini letaknya sangat strategis yakni terletak di sebelah alun-alun kota batam berhadapan dengan kantor badan otorita pembangunan pulau batam atau batam industrial development authority (BIDA). dan hanya 20 menit dari bandara hang nadim batam. mengapa dinamakan masjid agung / raya batam karena berdiri diatas tanah seluas 75.000 m2 dan menjadi masjid terluas dan terbasar di batam.dalam masjid sendiri dapat menampung lebih dari 3500 jemaah, sedangkan halamannya dapat menampung 15.000 jemaah. hal ini menjadikan masjid raya batam sebagai salah satu tempat untuk ibadah shalat idul fitri.

2. masjid jabal arafah batam


Alamat: Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Lubuk Baja Kota, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444, Indonesia
Provinsi: Kepulauan Riau
Telepon: +62 778 42832
masjid jabal arafah menjadi masjid terbesar kedua setelah masjid raya batam. masjid yang di bangun di tanah berbukit dan di pusat kota batam yaitu tepat di sebelah Nagoya Hill dan Bank Mandiri Nagoya. Masjid ini dibangun oleh sebuah yayasan yang bernama jabal arafah sama dengan nama masjidnya, oleh seorang pengusaha kaya bernama Asman Abnur yang sekaligus sebagai donatur utamanya. bapak Asman Abnur adalah pengusaha batam pemilik SPBU, Apotik, tempat futsal, BPR dengan dana yang donasikan sebesar 25 Milyar Rupiah untuk membangun masjid yang indah ini. Dengan lingkungan yang asri dan memiliki menara (Tower) setinggi 36 meter. didalam masjid ini tersedia fasilitas taman, perpustakaan, kantin, dan tempat penjualan suvenir serta aneka kebutuhan pengunjung, telah menjadi salah satu destinasi wisata religi di Batam. tidak mengherankan jika pada hari-hari tertentu seperti hari raya umat islam, hari jum’at banyak dari kota-kota lain, serta Wisatawan Manca-Negara yang melaksanakan ibadah shalat di masjid ini.

Leave a Reply