memilih masker yang cocok untuk mencegah virus corona

langkah yang paling utama dalam mencegah penualaran atau tertular virus corona adalah dengan menggunakan masker, namun anda jangan salah kaprah jika semua masker bisa melindungi diri dari penyebaran virus corona, oleh karena itu mengetahui standar masker yang tepat untuk mencegah virus corana adalah sangat penting.

di pasaran banyak sekali masker yang dijual, anda harus bisa membedakan, masker yang standar untuk mencegah virus dengan masker yang untuk melindungi polusi atau debu. karena virus cenderung jauh lebih kecil dari debu. maka masker polusi belum tentu cocok untuk melindungi tubuh anda dari virus corona. karena biasanya masker polusi hanya bisa mencegah masuknya debu agar tidak langsung terhirup oleh mulut dan hidung dan juga sama orang biasanya untuk melindungi panas matahari agar wajah tidak terpapar panas.

mengapa kita dianjurkan memakai masker, untuk mencegah penularan virus corona. karena Virus corona dapat keluar bersama percikan air liur orang yang sakit ketika ia bersin, batuk, atau bahkan saat berbicara. dan Penularan terjadi ketika percikan air liur tersebut terhirup orang lain yang ada di sekitar. oleh karena itu pertahanan pertama atau pencegahan pertama adalah dengan masker yang memiliki standar terhadap virus. karena jika yang digunakan masker polusi seperti sebo, atau kain tipis maka air liur yang mengandung virus akan meresap dan bisa saja akan terhirup oleh hidung atau mulut.

dalam dunia medis ada 2 pilihan masker yang berstandar dan di nilai mampu mencegah penularan virus corona, yaitu:

1.Masker bedah


Masker bedah atau surgical mask dengan ciri-ciri warna biru pada bagian luar dan putih pada bagian dalam, merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan tenaga medis saat bertugas. Masker bedah dapat dijadikan pilihan untuk mencegah penyebaran virus Corona karena memiliki lapisan yang bagus dan mampu menghalau percikan air liur. namun masker ini lebih cocok dipakai oleh orang yang sedang sakit untuk mencegah penularan ke orang lain, daripada dipakai oleh orang yang sehat dengan tujuan untuk mencegah agar tidak tertular. mengapa masker bedah sangat cocok digunakan untuk pencegahan virus corona, karena pada masker bedah terdiri dari 3 lapisan yang dapat melindungi dari penyebaran virus corona:

  • pada Lapisan luar berwarna biru, merupakan lapisan anti air. mencegah virus yang menyatu dengan air liur orang atau keringat orang.
  • pada Lapisan tengah, yang memiliki serat khusus dan berfungsi sebagai filter kuman.
  • pada Lapisan dalam atau yang biasa berwarna putih, yang berguna untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut.
  • namun masker ini cenderung longgar, kemudian pada sisi nya cenderung berongga karena bentunya tidak menyesuaikan dengan wajah manusia. sehingga pertikel atau cairan-cairan yang mengandung virus dapat masuk melalui cela-celah disamping masker.

2. Masker N95


Masker N95 sangat bagus untuk digunakan dalam pencegahan virus corona. namun harganya lebih mahal dari masker bedah. fungsi masker ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liur saja, tapi juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus, seperti virus corona. Dibanding masker bedah yang longgar, masker N95 lebih pas karena di buat atau didesain mengikuti wajah untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa. namun pada anak-anak, penggunaan masker ini tidak disarankan karena ukuran masker bisa terlalu besar sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup.

namun demikian masker-masker diatas , untuk sekarang ini tidak gampang didapatkan, selain produksinya sudah berkurang juga banyaknya orang yang menggunakan sehingga stock di toko-toko sudah mulai habis, selain itu jika pun ada harganya lebih mahal dari hari-hari biasa sebelum adanya virus corona. sehingga masyarakat banyak yang mencari cara lain dengan memanfaatkan kain yang ada untuk di buat menjadi masker. selain mudah didapatkan juga bisa digunakan berkali-kali cukup dicuci bersih dan dapat dipakai lagi.

akan tetapi pesan dari dunia medis, agar masker yang anda buat atau anda gunakan dapat berstandar terhadap pencegahan virus corona, maka pilihlah masker kain yang terbuat dari kain tebal atau dengan serat rapat saat di tarik. karena pada dasarnya apapun masker yang digunakan lebih baik ketimbang tidak memakai masker sama sekali. masker kain juga bisa menjaga padasaat orang berbicara atau batuk untuk mencegah percikan udara tidak menyebar, sehingga kita tidak menularkan apabila sudah terpapar virus corona.

Share on: