minimal tinggi dan berat badan masuk TNI terbaru

Bagi adek-adekĀ  yang akan masuk TNI ada penilaian pustur tubuh yang dilihat dari tinggi dan berat badan ideal. artinya meskipun tingginya memenuhi syarat tetapi berat badannya tidak seimbang juga tidak akan diterima. begitu juga masalah berat badan yang sesuai namun tidak mendukung dengan tinggi badannya juga tidak masuk kriteria. oleh karena itu saya akan memberikan penjelasan tentang tinggi dan berat badan ideal yang diterima di TNI.

pengecekan pustur tubuh ini dilakukan pada saat anda melaksanakan daftar ulang di tempat seleksi, disini akan di timbang berat badan kemudian di ukur tingginya sebelum anda menyerahkan dokumen asli untuk di cek oleh panitia mencocokan dengan formulir yang telah anda isi di pendaftaran online. apabila postur tubuh anda tidak memenuhi syarat atau tidak sesuai dengan yang di ukur oleh panitia maka anda akan di nyatakan tidak lolos dan di ersilahkan kembali. namun apabila saat pengukuran tersebut anda dinyatakan memenuhi syarat menjadi calon siswa untuk mengikuti seleksi maka akan diberikan nomor tes untuk digunakan nanti saat werfing penerimaan calon prajurit TNI.

untuk itu simak baik-baik penjelasan saya agar anda dapat mempersiapkan diri bagi yang belum masuk kriteria dan bagi yang sudah masuk kriteria bisa langsung mendaftar apabila ada penerimaan TNI. untuk tinggi minimal bagi calon peserta seleksi di bagi menjadi 2 yakni tinggi minimal bagi pria dan tinggi minimal bagi calon wanita.

1. minimal tinggi bagi pria adalah 165 cm dengan berat badan ideal
rumus untuk menentukan berat badan ideal adalah TB-100 = hasil-(hasil x 10%)
jika tinggi anda 170 maka 170-100 =70-(70×10%) = 63 Kg
jadi berat badan untuk tinggi 170 adalah 63kg.

2. minimal tinggi bagi wanita adalah 160 cm dengan berat badan ideal
rumus untuk menghitung berat badan yang ideal adalah TB-100 = hasil- (hasil x 15%)
jika tinggi anda 160 maka 160-100 =60-(70×15%) = 51 Kg

namun demikian apabila peserta sedikit tidak memenuhi syarat, misalnya berat badannya kelebihan 1 atau 2 kg. biasanya panitia akan memberi dispensasi, diharapkan pada saat mulai seleksi sudah bisa mengurangi berat badan sehingga menjadi ideal. begitu juga yang berat badannya kurang. namun kebijaksanaan ini tidak mutlak tergantung dari panitia penerimaan TNI. akan tetapi jika tinggi badan yang kurang dari ketentuan minimal syarat masuk TNI maka tidak bisa di loloskan, misal pria tingginya 162, karena batas minimal 165 maka tidak bisa masuk. oleh sebab itu bagi yang bercita-cita masuk TNI agar dipersiapkan sejak dini mulai fisiknya. jaga pola makan dan berolah raga agar mendapatkan postur tubuh yang ideal.

catatan penting, jangan sekali-kali menipu panitia karena banyak kejadian calon siswa yang mencuri tinggi badan saat dilaksanakan pengukuran dengan menjinjit sedikit agar tingginya bertambah. karena apabila ketahuan anda akan dimarahi dan dinyatakan gagal. lebih baik jujur dan berdoa supaya di kasih kemurahan hati oleh panitia. semoga informasi ini bermanfaat, bisa menjadi panduan untuk persiapan mendaftar menjadi TNI.

Share on: