panduan cara mengerjakan tes wartegg psikotes tni agar lolos seleksi

Tes wartegg ini sebenarnya bagian dari pada Tes Pesikologi yang di berikan kepada peserta calon siswa dalam mperekrutan TNI, Polri maupun PNS. tujuannya adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang seperti emosi, imajinasi, intelektual, kreativitas, dan ketegasan. bentuk soal pada tes ini berupa gambar kotak delapan yang tiap tiap kotak ada gambar yang berlainan, peserta di suruh melanjutkan gambar yang ada di dalam kotak tersebut sesuai dengan imajinasi masing-masing. disamping itu juga tidak di tuntut untuk mengerjakan secara berurutan melainkan di persilahkan memulai menggambar dari kotak yang mana saja. setelah selesai peserta di perintahkan memberikan nomor urut sesuai gambar mana yang di gambar terlebih dahulu secara berurutan.

 

pada saat peserta mengerjakan tes wartegg ini, panitia akan memberikan waktu selama 30 menit yang dimulai biasanya dengan ketukan, setelah selesai akan di berikan tanda dan tidak boleh melanggar waktu. apabila belum selesai sebaiknya di kumpulkan saja. karena disini panitia akan melihat kejujuran anda juga. untuk mengerjakan para peserta harus menggunakan pensil oleh karena itu sebelum melaksanakan tes ini sebaiknya disiapkan perlengkapan seperti pensil dan penghapus, agar tidak mengganggu peserta lain.

kedelapan gambar yang ada di tiap kotak pada soal tes wartegg ini akan saya terangkan secara rinci satu persatu agar mudah di mengerti dan mudah untuk mengerjakan sehingga anda tidak ragu-ragu dalam mengerjakan nantinya saat mengikuti seleksi TNI, Polri atau CPNS.

1. Gambar titik hitam


pada kotak delapan gambar paling atas di sebelah kiri akan anda temui sebuah titik hitam yang posisinya berada di tengah-tengah. tujuan daripada gambar ini adalah untuk mengetahui kelincahan dan kemampuan serta pengembangan pikiran dalam menyesuaikan atau menempatkan diri pada lingkungan yang baru ataupun berbeda. peserta tes harus memikirkan tentang hasil daripada gambar tersebut untuk mengembangkan imajinasinya sehingga titik yang ada di tengah tersebut bisa menjadi sebuah gambar yang jelas secara bentuk dan namanya, saran saya gambarlah seperti gambar roda, kipas angin, sasaran tembak, jam dll.

2. Gambar Goresan kecil


pada kotak kedua terlihat seperti cacing atau huruf s kecil, berada di pojok kotak. tujuan dari pada pengerjaan gambar ini adalah untuk menunjukan karakter kepribadian anda dalam kehidupan sehari hari dengan menggambar kedinamisan atau kebebasanmu ber ekpresi. saran saya gambarlah tentang sesuatu yang dapat bergerak atau benda hidup seperti keong, bunga, daun atau nyala api pada lilin dll hingga menjadi suatu objek yang hidup dalam kotak tersebut.

3. gambar 3 buah garis tegak dengan tinggi yang berbeda


pada kotak ketiga terlihat 3 buah garis tegak lurus yang memiliki tinggi yang berbeda, sekilas seperti garis biasa akan tetapi apabila kita cermati dan imajinasikan terlihat seperti ada sebuah petunjuk tentang adanya jarak yang menjadikan garis tersebut terlihat berbeda seperti jauh ke dekat dan atau seperti tangga dari rendah ke tinggi. tujuan dari gambar ini adalah untuk mengetahui tingkat ambisimu dalam meraih atau mengejar sebuah ahrapan dan cita-cita menuju kesuksesan dalam hidup. saran saya gambarlah tiang listrik yang berada di tepi jalan sehingga seolah-olah bahwa anda melihatnya dari jarak dekat hingga melihat tiang terjauh sehingga terlihat pendek dan kecil. atau bisa juga pagar dan gapura.

4. gambar kotak kubus kecil berwarna hitam


pada kotak ke 4 terlihat sebuah kotak kecil hitam yang berada di pojok kanan atas. makna dari hasil penggambaranmu adalah untuk menunjukan bagaimana cara berfikirmu ketika menghadapi masalah atau bekerja dalam tekanan. saran saya gambarlah sebuah mercusuar yang di tambahi dengan pantai sehingga nantinya gambar tersebut akan hidup karena terlihat simetris.

5. gambar 2 garis miring/ diagonal yang berlawanan


pada kotak kelima ada 2 garis seoerti huruf T miring namun tidak bersentuhan. tujuan dari pada gambar ini adalah mengetahui bagaimana cara berfikir seseorang ketika sedang di uji. saran saya gambarlah sebuah kuas yang di lengkapi dengan kaleng cat, jarum suntik atau senter.

6. gambar 2 garis horisontal dan vertikal


pada kotak ke 6 terdapat gambar 2 garis horisontal dan vertikal yang berbeda ukuran. tujuan daripada tes gambar ini adalah untuk mengetahui karakter anda tentang kesedarhanaan dan realitas yang dimiliki. saran saya gambarlah sebuah televisi atau meja.

7. gambar titik titik yang membentuk lengkungan


pada kotak ke 7 terdapat beberapa titik yang membentuk setengah lingkaran atau lengkungan. tujuan daripada gambar ini adalah untuk mengetahui tentang kehidupan dan perasaan peserta tes, apakah memiliki watak yang dewasa atau masih ke kanak-kanakan. saran saya gambarlah roda mobil atau bunga.

8. gambar garis lengkung


pada kotak ke delapan terdapat garis lengkung, gambar ini akan menguji tingkat kebijaksanaan peserta tes dalam kehidupan sehari-hari. saran penulis gambarlah payung atau kubah masjid sehingga menjadi objek yang simetris.

setelah mengerjakan gambar diatas, biasanya ada pertanyaan seperti ini:
1. Gambar mana yang menurut anda paling mudah, Jelaskan alasannya?
2. Gambar mana yang menurut anda paling susah, Jelaskan alasannya?
3. Gambar mana yang paling anda sukai , Jelaskan alasannya?
4. Gambar mana yang paling tida anda sukai , Jelaskan alasannya?
pertanyaan diatas dijawab sesuai dengan apa yang anda kerjakan contoh nomor 1, gambar titik karena gambar tersebut lebih banyak memiliki penjabaran apabila dikerjakan sehingga mudah untuk mencari objek gambar yang sesuai dengan soal pada kotak tersebut. begitu juga no 2, 3 dan 4 di isi beserta alasannya.

catatan penting yang harus diperhatikan oleh peserta tes TNI, Polri ataupun PNS dalam mengerjakan soal pada tes psiko ini adalah:
– usahakan sekali gambar jadi, artinya tidak putus-putus atau seperti di arsir atau banyak bekas di hapus. karena hal ini akan menunjukan sifat keragu-raguan dalam mengerjakan perintah atau melaksanakan tugas tertentu. tidak dipikir dahulu langsung bekerja. selain itu juga bisa menujukan kepribadian yang buruk artinya tidak bisa mengambil keputusan, cara berfikir yang lambat serta munafik.
– selama mengerjakan tidak boleh berbicara dengan teman atau mencontek orang lain, hal ini menunjukan ketidak percayaan diri sendiri dalam mengerjakan tugas.
– patuhi aturan tes yang di berikan panitia, gunakan waktu sebaik-baiknya. apabila waktu sudah habis meskipun gambar belum selesai sebaiknya tetap berhenti mengerjakan. apabila diberi waktu tambahan segera selesaikan, apabila tidak maka jangan mencuri-curi waktu. hal ini akan menunjukan kejujuran anda dan cara menggunakan waktu dalam bekerja.
– tidak di haruskan mengerjakan secara berurutan, sehingga gambarlah yang menurut anda paling mudah agar tidak menyita banyak waktu dan bisa selesai sebelum waktu habis.

demikian panduan mengerjakan tes wartegg pada tes pesikologi/ psikotes yang sering muncul pada penerimaan TNI, Polri dan PNS. semoga bermanfaat, menambah wawasan dalam memperisapkan diri menghadapi tes seleksi. karena tanpa belajar dan melihat panduan maka hal ini akan sangat membingungkan, karena gambar-gambar wartegg tersebut tidak ditemukan dalam pelajaran di sekolah.

Share on: