Panduan Tahapan Tes masuk TNI

memang tidak gampang masuk TNI, akan tetapi juga tidak susah bagi yang memenuhi syarat. ada beberapa tahapan tes yang di ujikan kepada calon siswa. hal ini dikarenakan seorang yang akan masuk mengikuti pendidikan Prajurit TNI harus benar-benar sehat jasmani dan rohani . selain itu juga nantinya harus siap mendukung tugas-tugas berat setelah dilantik menjadi Prajurit TNI. oleh karena itu dipersiapkan calon-calon prajurit melalui tahapan seleksi yang ketat. ada beberapa tes yang harus di tempuh selama menjalani seleksi sebagai calon siswa, system tesnya juga menggunakan sistem gugur. artinya apabila pada saat menjalankan tes tahap pertama tidak lulus maka dinyatakan gagal atau tidak bisa mengikuti tes berikutnya, begitu juga seterusnya sampai tahap tes terakhir. siswa yang dinyatakan lolos seleksi adalah siswa yang selalu lolos pada masing-masing tahapan seleksi.

apa saja tahapan seleksi dalam tes masuk TNI, disini saya akan memberikan secara rinci agar mudah di pahami serta bisa menjadi acuan atau persiapan sebelum mendaftar TNI.

1. Mendaftar
para calon peserta diminta mendaftar secara online, melalui website resmi TNI AL yang tersedia, lalu mengisi Formulir pendaftaran secara benar dan jujur tanpa di manipulasi. perhatikan dalam pengisian Nama, alamat dan lainnya agar ditulis secara jelas dan lengkap. setelah dinyatakan memenuhi syarat lalu mencetak kartu Peserta, untuk dibawa saat Daftar ulang di tempat yang sudah disediakan sesuai tempat pendaftaran anda.

2. Daftar Ulang
cek dimana anda akan melakukan daftar ulang sesuai tempat yang anda pilih saat melakukan pendaftaran secara online, datang tepat waktu dengan mengenakan pakaian kemeja putih dan celana bahan hitam serta membawa kartu peserta serta berkas administrasi asli dan fotocopy yang di legalisir, seperti :
– Akte Kelahiran
– KTP calon Peserta
– KTP orang tua/wali
– Kartu Keluarga (KK)
– Ijazah
– SKHUN SD,SMP/MTS dan SMA/MA
– BPJS
– SKCK
yang masing-masing difoto copy 1 lembar dan dilegalisir dan
– membawa pas Foto hitam putih terbaru ukuran 4×6 (2 lembar) ukuran 3×4 (1 lembar)
– 2 buah Stopmap warna kuning
– jika ada lamprkan sertifikat atau Piagam yang dimiliki
setelah semua di cek oleh panitia, peserta akan di ukur tinggi badan dan berat badan untuk memastikan sesuai dengan kriteria masuk TNI, lalu di berikan nomor tes. rumus tinggi berat badan ideal klik disini

3. Pengumuman Pembagian Gelombang Tes
calon siswa akan dikumpulkan seluruhnya dan dibagi gelombang tes sesuai dengan urutan nomor siswa.

4. Tes Kesehatan I (pertama)
pemeriksaan kesehatan pertama ini meliputi
– pengukuran tinggi badan dan berat badan
– pengecekan postur tubuh meliputi anggota badan, kepala, muka, leher, kaki, tangan, kulit
– pengecekan alat kelamin yaitu pemeriksaan alat reproduksi dan payudara pada wanita dan pemeriksaan varikokel serta hernia pada pria dan ambeyen
– tes mata, telinga, hidung, tenggorokan, gigi dan mulut
– pengecekan tensi
setelah dinyatakan lolos seleksi tahap kesehatan pertama ini maka berhak mengikuti tes kesehatan ke 2

5. Tes Kesamaptaan Jasmani,
tes ini meliputi baterai A dan Baterai B dan Baterai C seperti :
– Baterai A (Lari 12 menit)
– Baterai B (Pull Up/Chinning, sit up, push up, shuttle run)
– Baterai C (Renang)
untuk panduan tes kesampataan dan sistem penilaian klik disini

6. Tes Kesehatan II (kedua)
Dimana dalam tes ini seluruh peserta di laksanakan pengecekan dan pemeriksaan menyeluruh kesehatan bagian dalam tubuh yang meliputi:
– pemeriksaan EKG (kesehatan jantung),
– laborat untuk mengambil sample urine (air kencing) dan darah yang berguna untuk mendeteksi kelainan pada urine, darah dan penyakit menular serta bebas pengguna Narkoba.

7. Tes Psikologi
Tes psiko ini berguna untuk mencari calon Prajurit yang cocok dan mampu mengemban Tugas Negara serta mengetahui kemampuan serta daya pikir saat bekerja dalam tekanan. ada beberapa tes pesiko yang diberikan sesuai dengan tujuan penilaiannya, diantaranya:
– Wartegg Test (gambar 8) contoh lengkap dan panduannya disini
– Army Alpha Intelegence Test , contoh lengkapnya disini
– Edward Personal Preference Schedule (EPPS), contoh lengkapnya disini
– Kraepelin atau Tes koran, contoh lengkapnya disini
– Tes Menggambar Pohon, panduannya disini
– Tes Menggambar Orang, panduannya disini

8.Tes MI atau Pemeriksaan Mental Idiologi
– tes tertulis MI, disini peserta calon siswa diminta mengisi sebuah pertanyaan dari soal yang diberikan oleh panitia meliputi tentang wawasan kebangsaan, daftar riwayat hidup, motivasi masuk TNI, silsilah keluarga.
– wawancara MI, disini calon siswa satu persatu akan menghadapi panitia, akan dilakukan wawancara meliputi soal yang anda isi saat tes tertulis MI dan seputar pribadi dan keluarga yang bertujuan untuk menilai dan mengukur mental serta untuk mengetahui wawasan kebangsaan yang dimiliki setiap peserta calon prajurit TNI.

9. Tes Rikmin (pemeriksaan Administrasi)
dalam pemeriksaan administrasi peserta diminta membuat surat yang ditulis menggunakan tangan seperti
– Surat Lamaran kerja yang ditujukan ke TNI
– Daftar Riwayat Hidup
– Surat Izin Orang tua
– Surat Pernyataan kesanggupan diri masuk TNI
– Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah
– Surat Pernyataan Tidak Kolusi Orang Tua
– Surat Kuasa Perwalian
– Data Pribadi
panitia akan memberikan waktu beberapa hari, lalu apabila sudah selesai dikumpulkan untuk di cek panitia bagian administrasi

10. Pantukhir Daerah
dalam pelaksanaan Pantukhir Daerah calon akan dibariskan pergelombang untuk diperiksa postur atau bentuk fisiknya hanya memakai pakaian dalam dan kesesuaiannya dengan data tertulis hasil Tes administrasi kesamaptaan jasmani kesehatan dan psikologi serta mental ideologi selain diamati calon juga diperintahkan melakukan sesuatu dan ditanya atau diwawancarai karena itu sangat menentukan untuk lolosnya menuju pantukhir Pusat. tata cara menghadapi pantukhir daerah agar lolos klik disini.

11. Pantukhir Pusat
pada pantukhir pusat para calon dikumpulkan dari berbagai daerah, disini akan diberikan pembekalan awal selama kurang lebih 1 minggu. mulai dari PBB, tata cara makan, apel pagi, siang dan malam. dan seluruh kegiatan akan diatur dari bangun tidur hingga menjelang tidur. setelah pada hari penentuan peserta calon siswa akan diseleksi lagi oleh para petinggi TNI dari cara berjalan, postur tubuh, dan juga ditanya-tanya tentunya. yang dinyatakan lulus maka besoknya akan melanjutkan Pendidikan sebagai Prajurit TNI, dan yang tidak lolos akan dikembalikan ke daerah asal menggunakan biaya Negara.

demikian rangkaian urut-urutan tahapan dalam seleksi tes masuk menjadi Prajurit TNI dari mulai pendaftaran hingga dibukanya Pendidikan Dasar dan Lanjutan. setiap tahapan tes akan dilakukan seleksi sistem gugur oleh sebab itu selalu berusaha sebaik mungkin agar dapat mengikuti keseluruhan tes. semoga informasi ini bermanfaat sehingga anda bisa mempersiapkan diri lebih matang untuk mengikuti seleksi menjadi prajurit TNI.

Share on: