Pengertian dan sejarah Gurindam

Apakah anda baru mendengar kata Gurindam? Jika anda mencari artikel ini berarti anda sudah pernah mendengar namun masih berusaha untuk mencari arti dari istilah kata Gurindam. Disini akan saya terangkan secara rinci tentang Pengertian dan sejarah Gurindam.  sehingga anda bisa memahami dan mengerti tentang makna dan arti kata tersebut.  Banyak artikel yang mengupas masalah gurindam baik pengertian gurindam, ciri-ciri Gurindam maupaun contoh Gurindam sendiri. Akan tetapi semuanya tidak mengupasnya secara mendalam dan sejarahnya. Sehingga kadang membuat pembaca bertambah bingung. Ibarat kita bertanya dimana ada ikan orang hanya menjawab dilaut, berarti kita masih dituntut untuk mencari di daerah mana. Artinya jawaban yang kita dapat bukan menyelesaikan masalah akan tetapi memberikan sebuah pertanyaan baru lagi. Berbeda dengan jika ada orang bertanya dimana ada ikan kemudian saya jawab disebelah sana ada batu besar, nah disitu banyak ikannya. Dengan demikian pertanyaan akan selesai dengan sebuah jawaban yang langsung pada intinya.

pengertian gurindam

pengertian gurindam

Kita kembali kepada pokok permasalahan yaitu pengertian gurindam. sejarah Gurindam berasal dari bahasa Tamil ( India ) yakni Kirindam yang memiliki arti awal atau mula – mula. Kemudian di jadikan sebauah nama untuk sebuah puisi yang berisi pesan dan nasihat. Pengertian gurindam sendiri adalah susunan kata dalam bentuk puisi yang terdiri dari 2 baris kalimat dengan rima atau akhiran yang sama. Antara baris kesatu dan kedua memiliki keterkaitan dan biasanya baris pertama di gunakan sebagai istilah dan yang ke dua adalah jawabannya. namun tidak semua puisi di sebut gurindam, anda dapat membedakan dengan melihat ciri-ciri nya. Dahulu kala gurindam ini dibawa oleh orang Hindu dengan pengaruh sastranya. Kapan gurindam masuk ke indonesia? Kita tidak bisa memprediksi yang jelas menurut sejarah pada tahun 1847 gurindam pertama kali di terbitkan di indonesia oleh Raja ali haji dengan judul gurindam 12 . Raja Ali Haji bin Haji Ahmad adalah seorang ulama, ahli sejarah, pujangga dan ahli sastra yang dilahirkan Pulau Penyengat, Kepulauan Riau.

macam macam gurindam

pada pengertian gurindam Jika dilihat dari baris nya gurindam dibedakan menjadi dua yaitu gurindam berkait dan gurindam berangkai. Gurindam berkait adalah jika salah satu jenis gurindam yang bait pertamanya sangat berhubungan erat dengan bait yang berikutnya, dan seterusnya. Gurindam berangkai adalah jika salah satu jenis gurindam yang mempunyai kata yang sama pada setiap baris pertama dan baris berikutnya.  Sedangkan jika dilihat dari maknanya gurindam dibedakan menjadi banyak macam seperti gurindam nasihat, gurindam pesan , gurindam aturan , gurindam cinta dll .

ciri – ciri gurindam adalah

  1. Gurindam terdiri dari dua baris pada tiap baitnya.
  2. Satu baris terdiri dari empat kata bisa lebih
  3. Satu baris terdiri atas satu irama
  4. Tiap baris memiliki hubungan sebab akibat atau keterikatan
  5. Pola rima/sajak tiap baris adalah A-A, B-B, C-C, . . . dan seterusnya
  6. Isi atau maksud gurindam terletak pada baris kedua
  7. Isi gurindam biasanya berupa nasihat, pesan – pesan, kata mutiara hingga filosofi kehidupan.

Contoh Gurindam

  1. Contoh Gurindam Berkait

Sebelum berbicara pikir dahulu

Agar tak melukai hati temanmu

 

Kalau berbicara semaumu

Tentulah banyak orang yang membencimu

 

  1. Contoh Gurindam berangkai.

Temukan apa yang dimaksud sahabat

Temukan apa yang dimaksud maksiat

 

Janganlah menjadi orang yang memelas

Nanti kamu menjadi orang yang malas

 

  1. Contoh Gurindam Pesan/ Nasehat

Barang siapa berpegang kepada Al-Quran

Pasti jiwa tenang tiada keresahan

 

Barang siapa menjalin muafakat

Pasti hidup menjadi berkat

 

  1. Contoh Gurindam Cinta

Barang siapa ingin bercinta
Pastikan diri mesti setia

Barang  siapa ingin berkasih
Pastikan diri itu bersih

Barang siapa berkasih sayang
Jangan sampai jiwa melayang

 

Demikianlah Pengertian Gurindam beserta jenis, macam – macam, ciri – ciri dan contohnya yang dapat kami berikan semoga bermanfaat bagi pengetahuan anda. Karena segala sesuatu yang berharga adalah disaat kita menemukan sesuatu yang sebelumnya tidak tahu. Manfaat dari semua apa yang kamu dapatkan dan miliki adalah hasil dari pemikiranmu untuk menentukan apa yang bisa kamu perbuat. Terimakasih.