Pulau Biram Dewa wisata sejarah Tanjungpinang

Pulau Biram Dewa sebuah nama yang asing mungkin menurut saudara sekalian. wisata sejarah pulau biram dewa merupakan kawasan wisata religi dan sejarah yang berada di kota tanjungpinang atau yang lebih sering dikenal adalah kota piring. untuk lebih jelasnya mari baca sejarah pulau ini.

terletak di persimpangan Kilometer 7kota Tanjungpinang , jika dari arah pelabuhan maka masuk jalan kekiri ada tertulis jalan Kota Piring, kemudian ikuti saja jalan tersebut maka akan ditemukan situs sejarah penting ini.kisah atas kerajaan besar Melayu yang masih tampak jelas dalam peninggalan sejarah, Dari sinilah, nama Jalan Kota Piring bermula, yakni dari istana yang biasa disebut Istana Kota Piring. Istana ini saat ini sudah dipagari. Bangunannya tampak unik dihiasi dengan piring-piring mewah dari kaca bawaan pedagang dari negeri Cina dan Eropa. Bahkan, di tiang-tiangnya terdapat tembaga yang sangat berkilau.

Selain sebutan Istana Kota Piring, ada juga yang masyarakat menyebutnya Kaca Puri. Hanya, orang lebih mengenalnya dengan istilah Kota Piring.

Istana Kota Piring ini berlokasi di Pulau Biram Dewa, sekitar 7 Kilometer dari pusat Kota Tanjungpinang. Meskipun Istana itu hanya tinggal bentuk situs, tapi pada masa kerajaan Riau-Johor-Pahang tercatat dalam sejarah sebagai salah satu istana termegah.

Istana ini konon dibangun pada tahun 1722-1784 oleh Yang Dipertuan Muda Riau IV, Raja Haji Fisabilillah. Biram Dewa adalah Gajah Putih.

“Istana kaca puri Kota Piring ini dibangun oleh Sri Maharaja Biram Dewa pada tahun 1132,”

Memang, sedikit ada simpang siur terkait siapa yang membangun istana ini. Ada juga yang menyebutnya, dibangun oleh seorang penguasa kerajaan yang bernama Raja Haji Fisabilillah pada masa pemerintahannya di sekitar kesultanan Melayu pada beberapa abad silam.

Pada masa pembangunannya Raja Ali Fisabilillah memerintahkan kepada seluruh rakyatnya untuk saling bekerja sama mengumpulkan berbagai jenis piring untuk menjadi bagian ornamen dari istana, sejak saat itulah istana ini dinamakan oleh rakyatnya sebagai Istana Kota Piring. Istana Kota Piring merupakan salah satu istana yang dibangun untuk menandakan bahwa kawasan tersebut pada masa itu pernah mengalami puncak kejayaan.

Berbagai kisah yang menceritakan tentang keberadaan Istana Kota Piring ini terdapat dalam Tuhfat Al-Nafis yang merupakan sebuah karya tulisan yang ditulis oleh Raja Ali Haji. Di dalam karya tersebut menceritakan tentang kemegahan dan kejayaan istana pada masa dahulu. Konon di dalam istana Kota Piring ini terdapat berbagai hiasan yang terbuat dari logam mulia seperti emas dan perak, bahkan beberapa perlengkapan kerajaan dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari China dan Manila yang harganya bernilai tinggi.

oleh karena itu pemerintah kota Tanjungpinang menjadikan tempat ini sebagai objek wisata religi dan sejarah, yang sudah mulai dikenal oleh para wisatawan dari negeri malaysia dan singapura.

Untuk Informasi Wisata , Reservasi Hotel, Paket Wisata, Transportasi dan rental mobil di Pulau bintan dan Tanjungpinang silahkan hubungi kami.
Contact Us :
Mr. Bae Bintan
Counter Mutiara Cikalana Tour & Travel
Alamat :Pintu kedatangan Internasional
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang
Tlp/ watshapp : 085669911000
emai: [email protected]
website : bintanpackage.com

Leave a Reply