pulau galang batam & sejarah kampung vietnam

pulau galang merupakan pulau terbesar ketiga diantara pulau – pulau yang berada di sekitar batam. pulau galang batam masuk menjadi daerah kawasan batam dengan lokasi di sebelah asia tenggara. pulau ini dihuni kelompok etnik melayu riau.untuk mencapai ke daerah ini anda memerlukan waktu sekitar 30 menit dari kota batam atau 45 menit dari bandara internasional hang nadim batam.  sekarang memang tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing. dikarenakan untuk melihat dan mengenang wisata sejarah yang ada di pulau galang batam ini.

pada tahun 1979 sampai 1996 pulau ini menjadi sebuah perkampungan tempat pengungsian warga vietnam yang saat itu sedang terjadi vietnam, Pemicu utamanya yaitu jatuhnya Vietnam Selatan ke tangan kekuasaan Vietnam Utara atau disebut Vietkong.saat itu penduduk vietnam meninggalkan rumah dan kampung halamannya untuk mengungsi menggunakan perahu kayu dan berlayar melintasi laut cina selatan dan masuk ke perairan indonesia. hingga saat itu mereka disebut mausia perahu.kemudian mereka terdampar atau mendamparkan diri di pantai tanjung uban, pulau natuna dan pulau galang kepulauan riau. akhirnya mereka ditemukan dan ditolong oleh patroli Angkatan Laut Indonesia dan para nelayan setempat.

Indonesia yang saat itu memberikan respon positif terhadap para pengungsi ini akhirnya bersama  UNHCR (United Nation High Commission for Refugees) Di areal Pulau Galang itu dibangun sebuah kampung pengungsian warga vietnam, perkampungan yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana lengkap seperti fasilitas klinik kesehatan, tempat ibadah, dll. Ada sekitar 500 orang meninggal di kampung Vietnam itu, karena memang sudah tua dan sakit. Mereka dikuburkan dalam suatu areal pemakaman yang teratur dan terawat baik.

hingga saat ini peristiwa itu dikenang dan pemerintahan kota batam menjadikan pulau galang khususnya kamp vietnam sebagai kawasan wisata sejarah batam. jika anda berkunjung ke tempat ini maka serasa anda akan mersakan kehidupan kala itu. bangunan tua yang masih utuh, sebuah tempat ibadah yang dibangun dengan struktur bangunan orang vietnam. benar – benar anda seperti berada disebuah perkampungan vietnam. di seberang jalan anda akan memenmukan sebuah monumen yang menggambarkan sebagai manusia perahu, yaitu tugu perahu yang di bangun untuk mengenang sejarah manusia perahu.

pulau galang batam terus berupaya melastarikan peningnngalan sejarah kampung vietnam untuk tetap menjadikan sebuah ojek wisata berkelas dunia. karena melibatkan UNHCR, PBB dan masyarakat vietnam kala itu. kita sebagai bangsa indonesia harus bangga memiliki kawasan wisata ini. mari kita jaga dan lestarikan peninggalan – peninggalan sejarah agar anak cucu kita dapat mengenang sebuah kehidupan sebelum masanya itu.

selain kampung vietnam di pulau galang ada juga wisata pantai yaitu pantai melur yang tak kalah indahnya dibandingkan wisata lain di sekitar pulau batam.

One Response

Leave a Reply