pulau pulau di batam

ingin mengenal lebih dalam tentang batam? ikuti penjelasan berikut ini ya. batam merupakan sebuah kepulauan yang ada di provinsi kepualauan riau. kepulauan didalam sebuah kepulauan . artinya wilayah batam terdiri dari beberapa pulau yang dinamakan kepulauan batam. pulau terbesar disini sesuai dengan namanya yakni pulau batam
dengan luas 415 Km2 (41.500Ha)dan di huni lebih dari 1.030.529 jiwa kemudian di ikuti beberapa pulau kecil yang mengelilinginya dan pulau-pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti singapura, vietnam dan malaysia.

pulau-pulau dibatam untuk saat ini terus berkembang dan sedang dalam tahap pembangunan, ada juga pulau yang tidak berpenghuni karena akomodasi/ transportasi yang belum memungkinkan. namun diantara pulau-pulau tersebut menjadi incaran para wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya. oleh karena itu akan saya sebutkan beberapa pulau yang masuk wilayah batam dan menjadi bagian dari provinsi kepulauan riau . termasuk pulau baru yang sudah di reklamasi seperti pulau nipah.

pulau pulau di batam

pulau pulau di batam

1. pulau batam
Luas: 415 Km2 (41.500 Ha)
Provinsi: Kepulauan Riau
Koordinat: 1° 4′ 0″ N, 104° 1′ 0″ E
Pulau Batam adalah pulau di provinsi Kepulauan Riau yang menjadi pulau tervavorit di provinsi ini karena banyaknya pengunjung yang berdatangan untuk berwisata dan berbelanja, selain itu pulau paling maju diantara pulau yang lain yang berada di provinsi kepri.pulau ini berdekatan dengan negara Singapura, terpisahkan oleh selat
selebar 15 km, dan merupakan kawasan perdagangan bebas (FTZ=Free Trade Zone), di pulau batam tersedia transportasi laut  yang menghubungkan ke beberapa pulau yang berada di provinsi kepri dan diluar kepri selain transportasi udaranya di bandara hang nadim batam. pelabuhan di batam tersedia ada yang internasional menghubungkan singapore dan malaysia dan beberapa pulau di indonesia yang berdekatan dengan pulau batam seperti Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batam Centre, Pelabuhan Nongsa dan Pelabuhan Harbour Bay, Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Telaga Punggur.

2. Pulau Rempang
Luas :165 Km2
Provinsi: Kepulauan Riau
Pulau Rempang adalah pulau yang berada bawah wilayah pemerintahan kota Batam, pulau rempang merupakan pulau terbesar kedua setelah pulau batam yang dihubungkan dengan enam jembatan barelang. jarak pulau ini kira-kira 3 km di sebelah tenggara pulau Batam dan terhubung oleh jembatan Barelang ke-5 dengan pulau Galang di bagian selatan. Pada saat ini pulau Rempang banyak dikembangkan untuk wilayah pertanian , perkebunan dan perikanan Sembulang, selain juga mempunyai tempat wisata indah yaitu beberapa buah pantai yang bagus.

3. Pulau Galang
luas 80 Km2 (8.000Ha)
Terletak 350 m disebelah Tenggara Pulau Rempang
Pulau Galang adalah salah satu pulau-pulau di wilayah pemerintahan kota Batam, Pulau ini terkenal karena adanya tempat pengungsian Vietnam yang terjadi secara besar-besaran pada tahun 1979 – 1996 dan menjadi perhatian dari pihak PBB dan kalangan internasional. Tempat pengungsian Galang ini sekarang menjadi objek wisata dan sejarah
kota Batam, karena jaraknya yang relatif dekat dengan pulau Batam (sekitar 7 km).

4. Pulau Sambu
Pulau Sambu adalah sebuah pulau yang terletak dekat dengan Pulau Batam di Kepulauan Riau dan menjadi wilayah pemerintahan kota batam.Pulau ini, adalah salah satu pulau pemasok minyak bumi terbesar.pulau ini bebnetuk lonjong kedapan, seperti pulau-pulau lainya, namun pulau ini mempunyai penduduk yang cukup menghuni dan mempunyai niai-nilai historis yang sangat tinggi. seperti dalam sejarahnya pulau sambu pernah menjadi benteng pertahanan dari BELANDA saat zaman penjajahan dulu. Pulau Sambu sengaja dibangun sebagai terminal minyak Pertamina pada tanggal 16 Agustus 1897 jauh sebelum Kota Batam berdiri.
Selain sebagai salah satu terminal minyak Pertamina di indonesia, Pulau Sambu juga merupakan kota wisata sejarah karena disebut Kota Tua yang kini berusia hampir 115 tahun. Beberapa bangunan tua yang dibangun oleh PT. Pertamina seperti menara selamat datang, wisma, Kantor Pos, gedung bioskop, rumah sakit Pertamina, serta beberapa prasasti telapak tangan para manager operasional Pertamina untuk Pulau Sambu, dan beberapa buah bunker minyak milik Pertamina. wisata yang ramai dikunjungi seperti wisata pantai melur di bagian barat pulau yang indah ini.

5. Pulau Semangkau
Pulau Semakau adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Singapura. Di pulau ini terletak tempat pembuangan sampah akhir yang dibuang dari daratan negara itu.pulau semangkau berada di Kecamatan Belakangpadang kota batam. Pulau ini masih di bawah penguasaan NKRI.Jaraknya dari singapura  diperkirakan hanya sekitar 5 kilometer. Pulau ini sudah dihuni oleh sembilan keluarga atau sekitar 90 jiwa. “Mereka semua mempunyai KTP Batam. Bahkan ada bukti perekaman e-KTP yang belum lama dilakukan Pemda Batam,” katanya.

6. Pulau Bulan
Pulau Bulan adalah pulau yang terletak 2,5 km di barat daya Pulau Batam. memiliki Luas pulau ini 100 km2.Pulau ini terletak di Segitiga Pertumbuhan Sijori, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.Pulau Bulan adalah sebuah anomali diantara pulau-pulau lainnya yang dihuni masyarakat di kawasan Batam. Pulau ini dikelola oleh satu perusahaan milik Salim Grup yakni PT. Indo Tirta Suaka yang bergerak di bidang peternakan. Para tekong boat menyebutkan peternakan babi dan buaya. Jadi tentu saja tidak sembarangan orang masuk ke sana.

7. Pulau Pelampong
Pulau Pelampong adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura, dan merupakan wilayah dari pemerintah kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Batam dengan koordinat 1° 7′ 44″ LU, 103° 41′ 58″ BT . Satu dari sekian banyak pulau terluar yang dimiliki oleh Kota Batam, Kepulauan Riau, adalah Pulau Pelampong. Pulau itu sudah masuk wilayah Kecamatan Belakang Padang dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Singapura.Jika anda tertarik ingin datang ke pulau tersebut, sangat disarankan untuk menyewa boat atau pancung bermesin di Sekupang atau Belakang Padang. karena tidak ada transportasi umum yang menuju kepulau tersebut.pulau ini hanya dihuni oleh 4 keluarga.

8. Pulau Abang
Pulau Abang adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran kurang lebih 2.000 x 5.000 m, dan berjarak lebih kurang 50 km dari daerah Muka-kuning pulau Batam. Pulau Abang ini dapat dituju dengan menggunakan perahu bot atau lebih dikenal bot pompong dari jembatan 6 Barelang dengan jarak kurang lebih 12 km . Pulau Abang merupakan destinasi tempat wisata laut yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kota Batam dan akan dijadikan salah satu daya tarik program Visit Batam 2010. Selain pantainya yang indah dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias berwarna-warni.

9. Pulau Nipah
Luas wilayah 63 Hektar (ketika air laut surut)
58 Ha (permukaan air laut rata-rata)
28 Hektar (permukaan air laut tertinggi)
0,62 Hektar ketika air laut pasang
koordinat 103 39 04.68” – 103 39 39.384” BT dan 1 8 26.88” – 1 9 12.2014” LU.
Pulau Nipah, adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura, Pulau Nipah (menurut Peta Dishidros TNI-AL), secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau., provinsi Kepulauan Riau . Pulau ini sempat mau tenggelam karena pasir yang ada dipulau tersebut habis di ambil oleh negara singapore. pulau ini berada di sebelah barat laut dari pelabuhan Sekupang di pulau Batam yang dapat dilihat dalam jalur perjalanan ferry dari pelabuhan Sekupang menuju pelabuhan HarborFront di Singapura. Letak koordinat dari pulau Nipa adalah 1° 9′ 13″ LU, 103° 39′ 11″ BT. sejak Indonesia dipimpin Presiden Megawati pulau nipah mendapat perhatian serius, dengan dimulainya reklamasi pulau/ penimbunan kembali terhadap pulau nipah yang hampir tenggelam. pada saat itu pulau nipah memiliki luas 63 Ha di waktu surut,namun apabila air pasang pulau tersebut tinggal kurang lebih 28 ha saja tanpa perbukitan dan hampir rata rata air laut sehingga di katakan orang pualu ini hambipr tenggelam. setelah dilakukan reklamasi dengan penimbunan daratan yang diambil dari tanah dan pasir diwilayah kota batam dan sekitarnya ( provinsi kep riau ) penanaman ribuan pohon seperti pohon kelapa dll akhirnya pulau nipah ini kini telah berbenah dan pohon-pohonnya mulai tampak bersemi kembali.dengan di buatnya abrasi pada pinggir-pinggir pulau dengan beton sehingga meskipun air pasang pulau ini tetap utuh luas daratanny .disamping itu pulau ini bukan lagi menjadi pulau terluar melainkan pulau terdepan.

10. Pulau Belakang padang
Belakang Padang adalah sebuah kecamatan di wilayah pemerintahan kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Sebelum Batam berkembang seperti sekarang ini, Belakang Padang digunakan sebagai pusat kecamatan untuk pulau-pulau kecil yang ada disekitar Batam dengan mencakup kurang lebih 108 pulau yang terdiri dari 43 pulau berpenghuni dan 65 pulau tidak berpenghuni. akan tetapi mengingat luasnya yang terbatas dan berkembangnya kota batam sedangkan Pulau Belakang Padang tidak berkembang sehingga pusat kecamatan di pindahkan ke Pulau Batam/ kota batam.pulau kecil ini dihuni oleh para pendatang seperti suku jawa, suku melayu, suku padang dan orang- tiong hoa atau orang china.