Resep bingka bakar batam makanan khas wisata kuliner

Resep bingka bakar batam

Sebentar lagi mau puasa, tentunya menghidangkan menu makanan spesial untuk berbuka menjadi hal yang spesial. Sebenarnya banyak tempat berbuka puasa di batam yang bisa anda kunjungi. anda bisa membeli berbagai macam kue dan makanan khas batam di sana. tapi membuat sendiri tentu lebih puas bisa sesuai selera. kali ini kepriau.com akan berbagi resep membuat kue yang menjadi andalan masyarakat batam. apa itu? tentu saja bingka bakar batam.

Resep bingka bakar batam dan cara membuatnya

Bahan :

600 gram tepung terigu serba guna.
600 gram gula pasir
1000 ml air pandan (blender daun pandan dengan air dan saring )
1000 ml santan setengah kental .
12 butir telur
8 sendok teh pasta pandan
2 sendok teh vanilli ekstrak
1 sendok teh garam
Biji wijen untuk taburan secukupnya

Cara membuatnya :

1. Siapkan oven , set api atas bawah disuhu 170 derajat celsius . Siapkan loyang bingka bakar. Olesi permukaan loyang dengan minyak atau margarine , sisihkan .
2. Masukkan semua bahan kedalam blender kecuali biji wijen . Proses hingga tercampur baik . Tuangkan kedalam loyang yang telah diolesi dengan margarine Taburkan wijen secukupnya . Permukaan adonan akan membentuk busa , tetapi bila dipanggang busa akan lenyap dan wijen akan menempel dengan baik dipermukaan bingka .
3. Panggang dalam oven selama 40 menit sampai 1 jam hingga matang dan tampak berkerak . Permukaan bingka akan tampak bergelombang , namun ketika matang bingka akan merata tingginya . Terus memanggang nya hingga bingka matang.

Wisata kuliner :
Tempat penjualan bingka batam yang terpopuler terkenal :
Oleh Oleh Dari Batam, Nayadam
Alamat : Ruko Puri Legenda Blok D1 No 3 Batam Center,Baloi Permai, Batam Kota, Propinsi Kepulauan Riau,Kode pos 29444, Indonesia
Telepon/HP :+62 (0778) 8096179