Resep cara membuat mie sagu goreng dan basah

Mie sagu yang merupakan salah satu makanan khas batam, juga dikenal di bagian lain propinsi kepulauan riau. seperti tambelan, anambas/tarempa, ranai, midai, serasa dan tanjungpinang. Seperti halnya Mie Tarempa, mie sagu juga mempunyai ciri khas masakan melayu yang kental dengan aroma bumbu.

Sejarah asal mula mie sagu goreng ini masih belum dipastikan karena daerah lain Indonesia juga punya ciri khas yang sama dalam membuat olahan mie sagu. Kalau untuk daerah Kepulauan Riau, resep mie sagu ini berasal dari selat panjang.

Ada sebagian daerah seperti Pulau Tambelan misalnya menyebut mie sagu dengan Mie Lakse (laksa). Mie Laksa ini sudah menjadi makanan khas tambelan yang biasa di sajikan sehari-hari dan pada acara keramaian seperti lebaran.

Dibagian lain Indonesia seperti misalnya Daerah Pontianak Kalimantan Barat juga memiliki makanan khas mie sagu, yaitu mie sagu basah dan mie sagu goreng.

Membuat mie sagu termasuk kategori mudah, anda hanya membutuhkan beberapa menit saja hidangan mie sagu goreng sudah tersedia. yang penting bahan yang dibutuhkan sudah lengkap. Ciri khas yang membedakan mie sagu goreng dengan mie goreng biasa adalah tanpa adanya kecap manis. Mie sagu goreng memiliki keunikan rasa pedas dengan mie yang kenyal.

Bagian tersulit untuk membuat mie sagu goreng ini adalah mendapatkan bahan “Mie Sagu”, karena terdapat perbedaan yang tekstur mie seperti yang kita lihat biasanya atau pada mie tarempa. Untuk melembuat mie sagu sebelum digoreng menggunakan air dingin bukan dengan air panas seperti mie lainnya.

Bahan
Sekilo mie sagu
2 ons udang basah, dikupas, dipotong kecil menjadi tiga bagian
4 ons tauge, dibuang ujungnya, dicuci bersih
10 buah bakso sapi, dibelah enam
4 tangkai bawang daun, dipotong panjang sebesar 2 cm
400 mL air
2 sendok makan mentega
minyak goreng secukupnya
garam secukupnya
bumbu penyedap secukupnya

Bumbu
14 biji cabe merah, dipotong kasar
6 siung bawang putih, dipotong kasar
6 siung bawang merah, dipotong kasar
2 sendok teh merica bulat
4 sendok makan udang kering (ebi)
Semua bahan bumbu dihaluskan

Mie Sagu

Resep cara membuat mie sagu

– Bersihkan mie sagu dengan air dingin, cuci perlahan jangan sampai putus.
– Siapkan kuali/wajan masukkan mentega dan minyak goreng dan panaskan dengan api yang kecil.
– Setelah keluar bau khas mentega, masukkan bawang bombay dan bumbu halus yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
– Masukan bahan lainnya seperti udang dan bakso
– Setelah mie dan bakso tercampur sempurna, tambahkan air.
– Masukkan sayur dan daun bawang, taoge terakhir.tidak perlu lama agar tidak gosong
– Mie Sagu Goreng siap dinikmati bersama keluarga.

Jika anda menyukai mie sagu basah, yang perlu anda lakukan adalah menambah volume air. Soal rasa tergantung selera, jika suka rasa manis anda dapat menambahkan kecap manis. tapi tentunya ciri khas seperti mie sagu batam akan hilang.

Keunikan dari mie sagu goreng adalah rasa mie sagu yang kenyal, lembut seperti karet kalau dikunyah. Tekstur inilah membuat mie sagu terasa lebih spesial. Ditemani dengan minuman teh obeng atau teh tarik, membuat menu makanan anda terasa lebih mewah dan istimewa. Apakah anda ingin mencoba makanan mie lainnya? Anda bisa mencoba resep mie tarempa yang juga merupakan makanan khas batam.