Resep membuat Teh Obeng minuman khas Batam

Teh obeng

Jika anda pergi ke batam jangan lupa mencicipi kesegaran minuman khas batam. Siapa sih yang tidak kenal Teh obeng manis batam? Saya yakin banyak dari masyarakat batam mengenalinya. Kali ini saya akan berbagi resep minuman segar yang banyak di sukai oleh banyak orang, biasanya minuman ini menjadi teman saat makan di siang dan sore hari.

Teh obeng merupakan minuman dingin yang bahan bakunya adalah teh dan es, namun apakah setiap es teh memiliki rasa, kesegeran dan aroma yang sama? Tentunya tidak, berbeda dengan orang yang baru membuat Teh obeng dengan orang yang sudah berpengalaman dalam membuat minuman segar ini, tentunya yang berpengalaman mampu meracik teh menjadi minuman segar yang sangat enak di nikmati saat mekan di bandingkan orang yang masih awam.

Cara buatnya memang gampang, tapi cara menyajikannya butuh teknik khusus untuk mendapatkan aroma, rasa dan kesegaran yang maksimal. Yuk kita langsung peraktek membuat Teh obeng manis sendiri :

Bahan Membuat Teh obeng

Satu kotak teh
Gula 1/4 kilogram
Air yang lumayan panas (jangan mendidih)
Es batu secukupnya

Cara membuat Teh Obeng Batam :
1. Ambil wadah minum seperti teko, tuangkan teh kotak 1/2 wadah saja
2. Isi teko bersama dengan air yang panas tunggu sebentar sampai air warnanya kekuningan gelap khas warna khas teh (sekitar tiga sampai enam menit)
3. Ambil 2 sendok makan gula pasir kedalam gelas minuman
4. Tuangkan air panas kedalam gelas sebanyak seperlima yang telah terisi gula tujuannya supaya gula meleleh.
5. Ambil teko yang berisi teh tawar dan tuangkan kedalam gelas sampai volume air melebihi separuh gelas.
6. Aduk-aduk sampai homogen kemudian tambahkan Es batu sampai volume air mendekati bibir gelas, biarkan sekitar 3 menit sampai dingin.
7. Teh obeng segar siap di nikmati.

Kok mirip teh es? ya emang teh es kok.itu hanya nama saja yang berbeda. berhubung Batam dekat dengan negara malaysia dan singapura, penyerapan bahasa sangat mudah. bahkan bukan saja daerah batam, juga daerah kepulauan riau lainnya seperti misalnya tanjung pinang, menyebut teh es/es teh juga sama yaitu teh obeng.

Sebagai salah satu jenis minuman khas  batam, tentunya anda layak mencobanya. Jika tidak sempat membuat sendiri, anda dapat membelinya di kedai kopi di batam. Perpaduan antara luti gendang dan teh obeng layak anda coba sensasinya, dengan banyaknya bermacam minuman dan makanan khas daerah batam, dapat menambah semaraknya wisata kuliner di batam.