Resep Otak-otak khas tanjungpinang

Pernah denger makanan otak-otak? Pasti anda membayangkan isi kepala, Ups… jangan salah  yah kalau makanan ini bukan  terbuat dari isi kepala (otak ). Otak-otak merupakan sejenis makanan yang terbuat dari campuran bumbu, tepung dan daging ikan yang dibungkus menggunakan daun kemudian dibakar.  Otak-otak memang sangat populer di daerah tanjung pinang dan batam karena asal mula di konsumsi dan dibuat oleh masyarakat yang berada  di kawasan pesisir selat malaka dan selat karimata, yaitu kepulauan riau,bangka,  singapura dan malaysia. Pertama kali ditemukan resep pembuatan otak-otak adalah menggunakan daging ikan tengiri. Dengan berjalannya waktu makanan otak-otak yang lezat dan nikmat ini menyebar hingg ke daerah jawa, sumatera dan kalimantan hingga cara pembuatannya di ganti dari bahan dasar ikan tengiri menjadi berbagai ikan yang ada karena untuk menghasilkan cita rasa yang berlainan.

Meskipun sekarang ini banyak kita temukan makanan otak-otak, namun otak-otak batam dan otak-otak tanjung pinang selalu menjadi incaran para wisatawan lokal maupun asing. Menurut salah seorang penggemar otak-otak yang berasal dari jawa mengatakan kalau otak-otak di tanjung pinang sangat enak dan lezat. Ciri khas otak-otak kepulauan riau adalah jika dilihat dari warnanya memiliki dua warna yakni warna putih dan kuning kemerahan kemudian di bungkus dengan daun kelapa tua yang di satukan. Berbeda dengan otak otak yang di jual dan dibuat di daerah jawa, sumatera dan kalimantan karena dibungkus menggunakan daun pisang. Kalau masalah otak-otak untuk wilayah provinsi kepulauan riau yang paling terkenal adalah otak-otak pulau bintan, otak-otak kijang, otak-otak tanjungpinang dan otak-otak batam.

Otak-otak sekarang banyak jenisnya mulai dari otak-otak ikan tengiri, otak-otak sotong, otak-otak udang, otak-otak bandeng, otak-otak dll. Selain itu juga ada otak-otak tanpa ikan yakni menggunakan bahan dasar tahu atau disebut otak-otak tahu, sehingga bagi anda yang alergi ikan bisa mencicipi otak-otak ini. Jika dulu otak-otak hanya dibakar sekarang ada juga yang di gorang dan di kukus. Berikut ini saya akan berikan sedikit resep cara membuat otak-otak yang lezat.

Resep otak-otak pulau bintan/ tanjungpinang/ kijang dan batam dengan cara di bakar dan menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya.

otak otak khas tanjungpinang

otak otak khas tanjungpinang

Cara membuat Otak-otak sotong asli tanjungpinang untuk 30 bungkus
Bahan:
– 5 ekor sotong/ cumi-cumi ukuran sedang  yang telah dibersihkan dari gigi dan tulangnya kemudian di cincang kasar
– 100 gram ikan selar, layur, tengiri atau kembung. Ambil dagingnya untuk campuran.
– 50 gram kelapa muda parut
– 1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
– 2 sendok teh garam
– 1 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh kaldu bubuk
– beberapa lembar daun kelapa yang tua lengkap dengan lidinya, potong-potong sepanjang 20 cm.
– 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus

Bumbu yang dihaluskan dan di masukkan ke dalam blender adalah:
– 10 butir cabai merah keriting
– 5 butir cabai rawit merah
– 5 butir bawang merah
– 3 butir bawang putih
– 2 sendok teh ketumbar
– 1 ruas jahe
– 2 ruas kunyit
– 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
– 1/2 sendok teh jintan
– 1 ruas lengkuas, iris-iris

Cara membuat:
Masukan ikan yang telah dihaluskan kedalam blender untuk di campur dengan bumbu yang telah dihaluskan terlabih dahulu tadi
Tuangkan campuran ikan dan bumbu tadi ke dalam mangkuk, tambahkan cumi-cumi yang dicincang, kelapa parut, tepung tapioka, garam, gula, dan kaldu bubuk.  Aduk rata dan cicipi rasanya jangan terlalu asin yah? ntar dikira mau kawin.
Selanjutnya ke langkah pembungkusan, isikan sekitar 1 sendok makan adonan ke dalam salah satu pelepah daun kelapa, tutup dengan daun kelapa lainnya sehingga adonan ikan berada di dalam daun. Gunakan steples untuk mengunci  kedua ujungnya agar tidak keluar adonannya saat di bakar nanti.
Kemudian bakar otak-otak diatas bara atau pemanggang kawat yang diletakkan di atas kompor hingga permukaan daun kecoklatan dan otak-otak matang. Angkat dan sajikan.

Selain menggunakan  daun kelapa juga bisa menggunakan daun pisang, penggunaan daun pisang biasanya berasal dari daerah jawa. jika anda ingin membuat otak-otak ikan selain sotong maka tinggal mengganti sotong/ cumi-cuminya dengan ikan yang anda inginkan. Bahkan jika alergi ikan bisa menggantinya dengan tahu. Kemudian untuk otak-otak goreng maka hampir sama cara pembuatannya hanya tidak di bungkus melainkan dibentuk memanjang lalu digoreng diatas minyak panas atau otak-otak kukus maka tinggal dikukus sesuai selera anda.  Terimakasih semoga bermanfaat