resep sambal nasi lemak ikan bilis

nasi lemak kurang lengkap apa bila tidak ada sambalnya, sambal yang digunakan bukan sembarang sambal. karena sambal ini telah di gunakan turun menurun oleh masyarakat melayu sehingga apa bila tidak ada sambal ini nasi lemak kurang pas. sambal yang di gunakan juga bukan sambal terasi atau sambal kecap melainkan sambal bilis. apa sih bilis itu? bilis itu adalah jenis ikan teri yang sering didapatkan oleh nelayan di perairan selat malaka. karena saking banyaknya apabila panen ikan bilis ini maka dari itu masyarakat suku melayu menjadikannya sambal untuk pelengkap nasi lemak. kemudian bagaiman resep sambal nasi lemak ikan bilis ini berikut keterangan dan caranya;

sambal nasi lemak ikan bilis

sambal nasi lemak ikan bilis

Bahan bumbu yang digunakan untuk membuat sambal bilis adalah:
Ikan bilis (ikan teri) sekitar  100 gram
Cabe kering 150 hingga 200 gram
2 buah bawang bombay
10-15 siaung bawng merah
8 siung bawang putih
2 ruas jahe
Gula putih sekitar 4 sendok makan
Penyedap rasa
Air asam jawa secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
Haluskan cabe, bawang bombay, bawang merah, bawang putih, jahe,kemudian panaskan minyak dalam wajan dan api yang sedang tidak terlalu besar karana menghindari sambal gosong. selanjutnya masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, tambahkan gula pasir dan garam serta air asam jawa. aduk hingga tercampur rata. setelah aromanya sudah harum masukan ikan bilis kering ( ikan bilis yang dipakai ikan bilis yang sudah di keringkan , jika ingin dibersihkan maka di cuci lalu digoreng  kembali tanpa bumbu agar pada saat di campur sambal posisi ikan sudah garing) sambil diaduk bersama.setelah matang sambal ikan teri siap untuk dijadikan sambal nasi lemak sebagai pelengkap tambahkan irisan timun. selain ikan teri bisa juga ditambahkan kacang tanah yang sudah dikupas dan digoreng terlebih dahulu baru dimasak bersama dengan ikan bilis.

demikian resep sambal nasi lemak ikan bilis khas kepulauan riau. semoga bermanfaat dan meningkatkan selera menyantap nasi lemak buatan sendiri. selamat mencoba semoga sukses. manis atau kurang asin silahkan atur sendiri takarannya sesuai selera anda.