Resep sayur bening bayam makanan khas kepulauan riau

sayur bening

Sayur bening merupakan salah satu masakan tradisional kepulauan riau indonesia yang sangat sederhana baik itu bahan dan cara pembuatannya, mengapa di sebut sayur bening?? karena sayur bening merupakan sayur yang berkuah bening maka dari itu dinamakan sesuai dengan warna kuahnya yaitu sayur bening.

Rasanya yang enak dan segar membuat sayur bening ini cocok di sajikan saat masih dalam keadaan hangat dengan sepiring nasi hangat dan di temani lauk seperti tempe dan tahu goreng, ikan atau ayam goreng, serta di lengkapi dengan sambal terasi atau sambal bawang pasti akan lebih maknyuuussss.

Dari pada makin penasaran yuk kita ulas cara membuat sayur bening bayam kepulauan riau yang enak dan mudah di buat. Terlebih dahulu sediakan bahan bahannya berikut ini :

BAHAN DAN BUMBU UNTUK MEMBUAT SAYUR BENING :

2 ikat bayam (ambil daunnya)
4 siung bawang merah di rajang kasar
1 buah wortel potong potong
1 buah jagung manis potong jadi beberapa potonngan
1 liter air
1 tomat potong sesuai selera
1 sdt garam
1 lembar daun salam
3 cm temu kunci di geprek
1/2 sdt gula
penyedap rasa (bila suka)

CARA MEMBUAT SAYUR BENING BAYAM ENAK :

– Masak air hingga mendidih, masukkan daun salam, temu kunci, dan bawang merah yang sudah di rajang.
– Lalu masukkan juga daun bayam, wortel, dan potongan jagung biarkan sampai mendidih. Terakhir masukkan garam, gula dan penyedap rasa. aduk aduk hingga tercampur rata.
– cek rasa, bila ada rasa yang kurang silahkan di tambahi sesuai dengan selera anda.
– Setelah rasa di kira sudah cukup dan sayur sudah matang, angkat.
– Sayur bening yang enak siap di santap.

Jangan lupa di sediakan juga teman makannya yaitu sepiring nasi hangat, sambal terasi, dan tahu atau tempe goreng. pasti lebih nikmat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin menambah koleksi resep anda di dapur.