Rahasia resep sop ikan batam kelapa gading masakan khas batam

Sop ikan, tentunya anda pernah mangkonsumsinya sebagai lauk pauk peneman nasi. tapi ini berbeda, sebuah resep yang sebenarnya di rahasiakan. jika anda pernah makan di restoran Sop Ikan Batam (SIB), salah satu menu andalannya yaitu Sop Ikan Batam, Sop ikan batam adalah masakan khas daerah batam, nikmat sekali. Jangan pernah mencobanya jika anda takut ketagihan.

Resep rahasia sop ikan batam ini anda boleh mencoba membuat sendiri dirumah, Akan tetapi jika anda ingin praktis langsung jadi. anda dapat pergi ke restoran sop ikan batam di daerah kelapa gading jakarta.

Resep sop ikan batam kelapa gading

RESEP SOP IKAN BATAM KELAPA GADING

Bahan :
Seratus gram ikan tenggiri yang masih segar tanpa tulang
Dua ratus mili liter air kaldu ikan tenggiri
Tomat hijau, pilih yang kecil sebanyak dua buah
Slada sehelai
Tiga puluh gram sawi asin
Seperempat sendok teh lada putih
Sesendok teh kecap ikan
Seper enam sendok teh minyak wijen
seper delapan sendok teh bubuk bawang putih
Bawang goreng secukupnya
Air jeruk nipis

Cara pembuatan :
Rebus ikan dengan air mendidih, setelah agak matang masukkan kedalam air kaldu dan direbus hingga mendidih. campurkan tomat hijau,selada,sawi asin, lada putih, kecap asin, minyak wijen, bubub bawang putih dan taburkan bawang putih.

Aduk sebentar. jangan terlalu lama dan ikan jangan sampai hancur. Masukkan kedalam mangkuk kecil, taburi bawang goreng dan air perasan jeruk nipis.

Rahasia dari resep ikan tenggiri ini sehingga menjadi enak adalah rasa kaldu dari ikan tenggiri. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah pemilihan ikan tenggiri yang masih segar. agar rasa kaldunya tetap terjaga.

Bagi masyarakat kota batam, menghidangkan lauk sop ikan tenggiri ini sudah menjadi tradisi dan menjadi masakan khas di batam. Sangat pas di sajikan apalagi untuk lauk berbuka puasa atau lauk sahur. Puasa ramadhan sudah dekat, mungkin anda bisa mempelajarinya mulai sekarang.