roti canai makanan khas melayu

roti canai adalah sejenis roti berbentuk bulat pipih  dan berwarna putih. biasanya dimakan dengan menggunakan kuah gulai atau kari. roti canai berasal dari india, nama canai sendiri merupakan nama sebuah kota di india yaitu Chennai, namun ada yang beranggapan nama canai di ambil dari istilah waktu melebarkan dan memipihkan roti tersebut yaitu mencanai. makanan ini populer di negara malaysia,dan menjadi makanan khas melayu. di indonesia sendiri roti canai banyak di jumpai di kota batam dan tanjung pinang, namun namanya bukan canai akan tetapi lebih dikenal dengan roti prata. roti prata/ roti canai memang menjadi kegemaran dan makanan khas melayu oleh karena itu di provinsi kepulauan riau dan malaysia menjadi slah satu wisata kuliner terlaris.

roti canai kuah kari

roti canai kuah kari

roti canai/ roti prata di batam dan tanjung pinang dimakan menggunakan kuah kari kambing dan kari sapi. mereka menjadikan menu sarapan pagi karena lebih banyak masyarakat yang membeli/ memakan pada waktu pagi antara pukul 8 hingga pukul 12. namun demikian makanan ini juga cocok dimakan sore hari dan malam hari. roti canai/ roti prata makanan khas melayu sangat pas apabila di padukan dengan teh tarik.

penasaran dengan roti canai/ roti prata silahkan berkunjung ke batam atau tanjung pinang. biasanya tertulis di etalase dengan nama roti prata. bagi yang belum sempat berwisata ke batam jangan bersedih karena tidak bisa menikmati gurihnya roti ini. disini akan sara berikan resep membuat roti canai/ roti prata makanan khas melayu yang sudah mendunia.

Bahan-bahan yang harus di siapkan untuk membuat 10 porsi
300 gram Tepung terigu
1 butir Telur ayam
150 ml Air hangat
1 sdm Susu bubuk
1 sdt Gula halus
1/2 sdt Garam
50 ml Minyak goreng
secukupnya Margarin
secukupnya Minyak goreng (untuk merendam adonan)

langkah pertama cara pertama membuat adonan roti canai
Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata kemudian tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting2 adonan ke keramik yang sudah dibersihkan hingga kalis dan tidak lengket. selanjutnya Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan kira-kira seukuran bola pimpong.Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam

cara menggulung roti canai

cara menggulung roti canai

langkah kedua memipihkan roti canai/roti prata
Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar2 tipis menggunakan tangan dan jangan sampai robek karena kalau robek dianggap gagal, lalu oleskan mentega hingga merata. selanjutnya Gulung menjadi seperti lidi lalu tarik2 agar adonan menjadi lebih panjang. kemudian buat bulatan seperti obat nyamuk namun berlawanan seperti huruf “S”. Lalu satukan/tumpuk adonan. yang terakhir pipihkan  adaonan hongga melebar sambil ditarik tarik .

langkah terakhir yaitu menggoreng roti canai/ roti prata diatas penggorengan tanpa minyak hingga berwarna kecoklatan. lalu sajikan bersama kuah kari , es krim , susu atau selai untuk sarapan pagi anda.