sejarah dan asal teh tarik

Jenis minuma yang satu ini memang terdengar aneh, namanya teh tarik . kalau biasanya anda mendengar teh celup, teh tubruk, teh susu, es teh dll, namun kali ini saya akan membahas sebuah minuman yang banyak digemari di daratan melayu seperti singapura, malaysia , provinsi kepulauan riau seperti batam dan tanjung pinang. Teh tarik adalah jenis minuman mix yaitu campuran antara teh celup dengan susu putih cair tanpa dicampur dengan gula karena rasa manis yang dihasilkan teh tarik berasal dari susu cair tersebut. Minuman ini bisa dihidangkan dalam keadaan panas dan juga dingin. di batam dan tanjung pinang biasanya di hidangkan bersama roti prata atau roti cane. asal minuman ini menurut sejarahnya berasal dari daratan india namun mulai tenar di negara malaysia dan singapore karena dibawa masuk oleh orang-orang india untuk diperkenalkan di kedai dan restoran.

sejarah teh tarik

sejarah teh tarik

Sejarah teh tarik bahwa minuman ini pertama kali di kenal di negara singapura kemudian merambah ke malaysia lalu  masuk ke indonesia melalui kota batam dan tanjung pinang. dulu perempuan india muslim  menjual minuman ini di kedai kopi, di pasar2 . karena cita rasa yang dihasilkan cukup enak maka orang-orang singapore mengembangkan usaha minuman teh tarik ke daerah negara tetangg termasuk indonesia. Kalau di indonesia orang lebih mengenal kopi susu, yaitu campuran kopi dengan susu. Mungkin hal baru bagi masyrakat indonesia meminum minuman teh tarik.
Cara membuat teh tarik berbeda dengan membuat kopi susu atau minuman yang lain. Di sinilah keunikan teh tarik sehingga para pengnjung di kedai mamak india ini ketagihan dan menggemari . teh yang telah dicampur air panas dan susu tidak di aduk dengan sendok melainkan di mix menggunakan dua buah cangkir hingga sampai menghasilkan sedikit busa. Istilah tarik pada minuman teh tarik yaitu pada saat mengoplos atau melarutkan susu dan teh di tuang bergantian seperti menuang dari cangir satu ke yang satunya namun cangkir yang sedang menuang diangkat tinggi sehingga kesan seperti air terjun yang jatuh di cangkir satunya atau seperti air yang ditarik ke atas meski pada dasarnya menuang air dari ketinggian dari cangkir satu ke satunya. Ulangi beberapa kali hingga menghasilkan busa untuk memberi perbedaan khas minuman teh tarik. cangkir yang digunakan menurut sejarah teh tarik adalah menggunakan cangkir stainless . hingga saat ini penggunaan cangkir stainless tetap digunakan karena memberi ciri khas tersendiri dan memberikan rasa yang unik.
Hingga saat ini minuman teh tarik sudah dikenal banyak orang baik di indonesia sendiri maupun manca negara. Rasa sedikit sepet dan pait bercampur manis susu menjadi hal yang unik saat minuman ini memasuki rongga mulut. Penasaran kah? Dengan banyaknya peminat minuman teh tarik orang-orang di batam dan tanjung pinang sangat optimis membuka usaha kedai kopi dengan menambahkan menu minuman teh tarik. Bukan hanya di kedai kopi, restoran-restoran yang tersebar di batam dan tanjung pinang juga menyediakan minuman teh tarik ini, tentunya dengan citarasa yang berbeda dan tampilan yang beragam sesuai selera sang bartendernya.
Bagi anda yang ingin mencicipi minuman teh tarik namun tidak mau ribet. Perusahaan yang ada di malaysia dan singapura telah membuat kemasan sachet teh tarik. Jadi anda cukup membeli di warung-warung/ mini market teh tarik sachet dan tinggal diseduh dengan air panas tentunya agar larut setelah itu jika menginginkan versi dingin tinggal campur dengan batu es.jika dilihat dari asalny teh tarik maka minuman ini sangat cocok dengan roti khas india seperti prata dan cane.