sejarah kamp vietnam di pulau galang yang sekarang menjadi rumah sakit khusus corona

pulau galang merupakan pulau terbesar ketiga diantara pulau – pulau yang berada di sekitar batam. pulau galang batam masuk menjadi daerah kawasan batam dengan lokasi di sebelah asia tenggara. pulau ini dihuni kelompok etnik melayu riau.untuk mencapai ke daerah ini anda memerlukan waktu sekitar 30 menit dari kota batam atau 45 menit dari bandara internasional hang nadim batam. pada tahun 1979 sampai 1996 pulau ini menjadi sebuah perkampungan tempat pengungsian warga vietnam yang saat itu sedang terjadi perang vietnam, Pemicu utamanya yaitu jatuhnya Vietnam Selatan ke tangan kekuasaan Vietnam Utara atau disebut Vietkong. dan saat itu penduduk vietnam meninggalkan rumah dan kampung halamannya untuk mengungsi menggunakan perahu kayu dan berlayar melintasi laut cina selatan dan masuk ke perairan indonesia.

hingga saat itu mereka disebut mausia perahu.kemudian mereka terdampar atau mendamparkan diri di pantai tanjung uban, pulau natuna dan pulau galang kepulauan riau. akhirnya mereka ditemukan dan ditolong oleh patroli Angkatan Laut Indonesia dan para nelayan setempat.Indonesia yang saat itu memberikan respon positif terhadap para pengungsi ini akhirnya bersama UNHCR (United Nation High Commission for Refugees) Di areal Pulau Galang itu dibangun sebuah kampung pengungsian warga vietnam, perkampungan yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana lengkap seperti fasilitas klinik kesehatan, tempat ibadah, dll.

saat ini Negara mengguanakan daerah tersebut untuk pembangunan Rumah sakit khusus Corona. mengingat dampak virus tersebut cukup cepat menular sehingga perlu sebuah rumah sakit yang jauh dari keramaian, sehingga proses pengobatan serta penyembuhan lebih maksimal. pulau galang yang jaraknya sekitar 45 menit dari kota batam memang sangat cocok. kini Rumah khusus covid-19 di pulau galang batam ini memiliki fasilitas 340 ruangan observasi dan 20 ruangan untuk isolasi khusus siap digunakan.

Share on: