sejarah singkat kabupaten lingga

Ada yang bertanya Kabupaten Lingga itu daerah mana ? mari kita bahas satu persatu yah biar anda bisa mengenal daerah di seluruh Indonesia ini. kabupaten lingga merupakan daerah kepulauan yang terletak di sebelah selatan provinsi kepulauan riau. dan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kep riau negara indonesia. daerah ini memiliki 9 kecamatan yang tersebar di beberapa pulau seperti kecamatan Singkep, lingga, senayang, lingga utara, singkep barat, singkep pesisir, lingga timur, selayar dan singkep selatan.

kabupaten lingga

kabupaten lingga

sejarah singkat kabupaten lingga,Pada Zaman dahulu asal mula kerajaan Melayu Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga yang berpusat di Kota Daik merupakan Negara Kesultanan .pada saat itu kesultanan di jabat oleh  Sultan Mahmud Syah II (1685 – 1699) atau kemaharajaan melayu yang ke-10 yg merupakan keturunan sultan-sultan Malaka,dilanjutkan dari keturunan datuk Bendahara Paduka Raja Tun Abdul Jalil yang diberi gelar Sultan Mahmud Syah III, pada tahun 1777 digantikan oleh Yang Dipertuan Muda IV Raja Haji 1777 – 1784. dilanjutkan oleh Raja Ali (Anak dari Daeng Kamboja) 1785-1806.Pada tahun 1787 Sultan Mahmud Syah III memindahkan pusat kerajaannya ke Daik Lingga,Tahun 1806 diangkat pula Raja Jakfar menjabat kedudukan sebagai yang dipertuan Muda Riau pada tahun 1806-1813. Raja Jakfar membuat tempat pemerintahannya di kota Rentang di Pulau Penyengat.Pada tahun 1811 Sultan Mahmud III memerintahkan anaknya Tengku Husein (Tengku Long pergi ke Pahang dan menikah disana dengan puteri Tun Khoris atau adik bendahara yang bernama Tun Ali. Semasa Tun Husin (Tengku long ) berada dipahang ayahandanya Sultan Mahmut Syah wafat di Daik Lingga tanggal 12 Januari 1812. Setelah Sultan Mahmut syah III meninggal maka dicarilah calon pengantinya untuk dilantik sebagai sultan pengganti yaitu Tengku Abdul Rahman yang disetujui oleh pembesar kerajaan dan dari pihak Belanda. Setelah Tengku Abdul Rahman dilantik tahun 1812 Sultan Abdul Rahman Syah menetap di Lingga. dari sinilah Mulainya Lingga masa itu bertambah ramai karena telah ada tambang timah disingkep, masyarakat pun mulai merasakan kemakmuran karena banyak penduduk yang dipekerjakan untuk tambang timah tersebut. setelah nusantara bersatu dan sebagian kerajaan melayu masuk kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI ) dimasa kemerdekaan republik indonesia maka kepulauan Lingga masuk kedalam provinsi riau. dan pada tahun 2002 terjadilah pemekaran wilayah provinsi riau, menjadi provinsi riau daratan dan provinsi kepulauan riau. atas kesepakatan bersama dan letak daerah lingga maka daerah ini masuk kedalam provinsi kep riau.

dengan berkembangnya kabupaten lingga sekarang ini telah memiliki 9 kecamatan dan 74 desa yang diantaranya ramai dipadati penduduk, baik penduduk  lokal maupun pendatang. berikut rincian kecamatan dan desa yang berada di kabupaten lingga;
1. Kecamatan Singkep terdiri dari 7 desa yaitu Dabo, Dabo Lama, Tanjung Harapan, Pasir Kuning, Batu Berdaun, Batu Kacang, Batu Ampar.
2. Kecamatan Lingga terdiri dari 10 desa yaitu Daik, Panggak Laut,Panggak Darat, Merawang, Mentuda, Kelumu, Mepar, Kelombok, Pekajang, Musai.
3. Kecamatan Senayang terdiri dari 18 desa yaitu Senayang,Baran,Cempa,Penaah,Laboh,Batu Belubang,Benan,Pulau Batang,Tanjung Kelit,Mensanak,Pulau Medang,Temiang,Rejai,  Pasir Panjang, Mamut, Pulau Duyung.
4. Kecamatan Lingga Utara terdiri dari 10 desa diantaranya Pancur,Sungai Besar, Linau, Teluk Sekanah, Resun, Limbung, Duara, Bukit Harapan, Rantau Panjang, Keton.
5. Kecamatan Singkep Barat terdiri dari 14 desa yakni desa Raya, Langkap,Tinjul,Suak Buaya,Busung Panjang,Jagoh,Sungai Harapan,Sungai Raya,Sungai Buluh,Posek,Marok Tua,Kuala Raya,Bakong,Tanjung Irat,.
6. Singkep Pesisir memiliki 4 desa yaitu desa Berindat, Kote, Lanjut, Sedamai.
7. kecamatan Lingga Timur memiliki 5 desa yaitu desa Kerandin, Pekaka, Keton Sei Pinang,Kudung,Bukit Langkap.
8. Kecamatan Selayar memiliki 2 desa penuba dan selayar
9. kecamatan singkep selatan 3 desa yaitu marok kecil dan berhala serta resang.

profil kabupaten lingga selain mulai berkembang, kabupaten lingga juga memiliki obyek wisata kabupaten lingga yang sedang di buru oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing diantaranya wisata pantai, wisata bawah laut, wisata alam dan pegunungan. seperti halnya daerah kabupaten lingga yang merupakan sebuah kepulauan di hubungkan dengan kota – kota besar yang ada di wilayah provinsi kepulauan riau dengan menggunakan sarana transportasi laut dan udara. untuk sarana transportasi laut ke tanjung pinang menggunakan kapal ferry super jet yang berlayar setiap hari Pulang pergi, kemudian dari batam dengan kapal ferry oceanna baruna. kemudian pelabuhan yang ada di kabupaten lingga ada 6 pelabuhan diantaranya pelabuhan Dabo, Kote, Jagoh, Sungai Buluh, Bakong, dan Marok Tua. untuk sarana transportasi udara kabupaten lingga/ Pulau Singkep juga memiliki satu bandar udara kecil yang mampu menangani pesawat kecil berkapasitas 40 penumpang, dan saat ini digunakan oleh penerbangan sewaan dan pesawat patroli pemerintah. Dimulai tahun 2008, sebuah pesawat yang dioperasikan Riau Airlines terbang dari Batam dan Tanjung Pinang (Bintan) ke Dabo Singkep dua kali seminggu. Bandara Dabo juga sempat disinggahi oleh pesawat Sky Aviation.