suku bunian

apa itu bunian? bunian adalah nama dari suku yang digambarkan sebagai suku dari mahluk gaib yang menjadi cerita mistis di minangkabau sumatera barat.menurut masyarakat setempat suku bunian/ orang bunian adalah sesosok manusia kerdil yang diduga suku mante atau manusia bunian. dari asal usul  bunian sendiri banyak masyarakat yang mengatakan bahwa selain di daerah minangkabau juga terdapat di kalimantan/ sambas, aceh, riau dan kepulauan riau. perbincangan mengenai suku bunian di yakini sampai sekarang berdasarkan pengalaman-pengalaman yang terjadi dan pernah dialami oleh masyarakat yang merasa pernah bertemu dengan orang bunian tersebut. mereka percaya orang bunian merupakan makhluh gaib yang digambarkan memiliki kemiripan dengan sosok manusia. Disebut jika ciri orang bunian memiliki tangan, kaki, kepala dan orang-organ tubuh seperti manusia, namun makhluk yang satu ini tidak hidup di dimensi manusia.

suku dan kampung bunian

suku dan kampung bunian

diyakini bahwa suku bunian lebih senang tinggal di tempat-tempat yang tak dihuni manusia. seperti hutan, tepi-tepian sungai, pantai dan  di pedalaman, sampai gunung-gunung. jika sebagian orang mengatakan asal usul bunian berasal dari minang kabau ternyata ada juga yang mengatakan bahwa mahluk bunian ini berasal dari kalimantan barat. meski demikian hampir tidak ada bedanya antara cerita Bunian versi Kalimantan atau pun Minangkabau yang digambarkan sebagai mahluk astral yang di percaya oleh masyarakat Minangkabau bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa / orang bunian. Ada juga istilah “orang dipelihara dewa”, yang saat bayi telah dilarikan oleh dewa. Mitos ini masih dipercaya banyak masyarakat Minangkabau sampai sekarang.Istilah orang bunian juga kadang-kadang dikaitkan dengan istilah dewa di Minangkabau. begitu juga sejarah orang bunian Suku Gaib versi Kalimantan yang Dipercaya Sakti dan Suka Membantu Manusia Tapi, kalau kita pergi ke Kalimantan, tepatnya di daerah bagian Barat, maka Bunian sudah seperti sesuatu yang lazim dibicarakan. Bunian secara umum sering didefinisikan sebagai kelompok suku gaib yang mendiami daerah tersebut  Kadang mereka ini juga kerap berbuat jahil dan suka menyesatkan kepada manusia.
hingga sekarang misteri orang bunian / suku bunian masih menjadi pembicaraan banyak orang. contohnya di kepri tepatnya di kepulauan natuna dan anambas. masyarakat setempat juga sangat mempercayai tentang keberadaan mahluk bunian yang malahan mereka membuat perkampungan yang disebut kampung bunian. berbeda dengan kampung pada dasarnya, kampung bunian sangat tertutup alias alam gaib sehingga tidak sembarang orang bisa melihat perkampungan ini. menurut pawang atau sesepuh di kepulauan natuna untuk melihat kampung bunian bisa dibantu oleh orang-orang pinatar yang sudah menguasai kebatinan dan ilmu gaib di daerah natuna dan kepulauan anambas.ada sebuah peristiwa yang sampai dikaitkan dengan suku bunian yaitu pada tahun 1996 di kepulauan natuna sedang dilaksanakan latihan gabungan TNI. hampir 100 orang prajurit yang sedang melaksanakan penerjunan malam (Junpur) hilang tanpa bekas dan tak pernah kembali sampai sekarang, menurut cerita dari rekannya yang bersama-sama melakukan latihan gabungan tersebut, mereka melihat sebuah perkampungan yang hampir seperti kota yang lengkap dengan cahaya penerangan dan seperti perkampungan padat penduduk.oleh karena itu mereka memilih tempat tersebut untuk pendaratan, namun ternyata prajurit yang masuk ke perkampungan tersebut hilang. karena yang sebenarnya di peta dan menurut masyarakat di daerah tersebut tidak ada pemukiman penduduk maupun perkampungan. oleh karena itu kejadian naas tersebut dikaitkan dengan kampung bunian. menurut cerita bunian bahwasannya orang yang sudah masuk ke alam/ kampung bunian tidak dapat kembali ke alam manusia lagi. baru baru ini juga terjadi lagi tragedi natuna yang menewaskan 4 orang prajurit yang sedang melaksanakan latihan pasukan pemukul reaksi cepat (PPRC). sebuah peluru meriam menembus dan meledak ke arah prajurit disebelahnya secara tiba-tiba karena laras meriam yang tiba-tiba bergeser. hal ini menurut paranormal kepri ki rogo sejati juga di kaitkan dengan keberadaan orang bunian yang merasa tersinggung. dan masih banyak lagi cerita-cerita yang di kaitkan dengan keberadaan mahlik bunian, misteri alam bunian.

bunian/ orang bunian bukanlah seperti hantu yang pada umumnya suka menakut-nakuti manusia, akan tetapi mereka justru memilih mejauh dari kehidupan manusia dan tinggal di pedalaman.kemudian apa pendapat tentang orang bunian menurut islam simak disini.