tanjung pinang daerah mana?

Walau telah menjadi ibukota propinsi kepulauan riau akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui tentang kota tanjungpinang. pertanyaan “Tanjung pinang daerah mana”  masih sering kita dengar, bahkan dalam search engine google pencariannya termasuk banyak. akan tetapi jika menyebut tentang kota batam, mereka sepakat menyatakan tahu. padahal kota batam juga merupakan bagian dari propinsi kepri dengan kota tanjungpinang sebagai pusat pemerintahannya. hal ini wajar saja mengingat pulau batam sudah lama berkembang pesat dan dikenal sebagai “surganya” barang elektronik dari luar negeri dengan harga murah.

Transportasi di Tanjungpinang sebagian besar masih mengandalkan transportasi laut. Di kota ini terdapat 24 pelabuhan domestik dan satu pelabuhan internasional yaitu Pelabuhan Sri Bintan Pura. Untuk terminal angkutan kota, hanya ada satu yaitu Terminal Sei Carang. Sedangkan untuk pengangkutan udara, kota ini dilayani oleh Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah yang memiliki kapasitas 610.000 orang per tahun. Pada tahun 2014, penumpang yang datang melalui bandara ini berjumlah 135.797 penumpang, sedangkan yang berangkat sebanyak 132.735 orang.

Setelah mengetahui artikel daerah tanjungpinang ini, untuk menambah informasi,  anda juga dapat membaca artikel sejarah Kota Tanjungpinang. dalam artikel tersebut juga dibahas tentang proses terbentuknya tanjungpinang sebagai ibukota propinsi kepulauan riau. untuk mengetahui secara lengkap dan terperinci tentang lokasi tepat tanjungpinang, saya akan menggunakan google map  sebagai alat bantu untuk memudahkan pencarian secara geografisnya.

Tanjung pinang – Batam

tanjung pinang to batam

Jarak tanjung pinang to batam Jarak total: 51,14 km (31,78 mil) menggunakan google map.

Rute Perjalanan ke tanjung pinang

Menggunakan pesawat

Bandara Tanjung Pinang adalah bandara Raja Haji  Fisabilillah, hanya melayani sejumlah penerbangan lokal, tidak ada yang internasional. Maskapai perbangan yang tersedia setiap hari dari jakarta adalah Sriwijaya Air , Garuda Indonesia, dan Lion Air. Dari bandara ke kota tanjung pinang, rute selanjutnya menggunakan taksi dengan biaya tetap Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 120.000 menuju pasar Tanjung Pinang. untuk daerah lain tanjung pinang memilik tarif yang berbeda. sesuai dengan zona dan jarak yang ditempuh, baca Daftar tarif taxi Bandara Raja Haji Fisabilillah.

wisatawan luar negri biasanya menggunakan pesawat dari bandara internasional hang nadim batam yang lebih besar. setelah sampai di bandara, menggunakan taksi ke pelabuhan penyeberangan telaga punggur batam yang memiliki rute feri ke pelabuhan sri bintan pura tanjung pinang.. Cara tercepat,murah dan mudah adalah melalui singapura dan selanjutnya menggunakan feri ke pelabuhan sri bintan pura tanjungpinang.

Menggunakan feri

Terminal feri Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang terletak di ujung selatan dari Jalan Merdeka merupakan pelabuhan penumpang utama Bintan dan digunakan oleh semua layanan domestik dan internasional. pelabuhan ini memiliki keistimewaan visa-on-arrival, bebas visa untuk sebagian besar warga ASEAN dan beberapa negara Uni Eropa.

Dari terminal feri Tanah Merah Singapura (TMFT), ada 5-7 feri langsung setiap hari di Penguin, IndoFalcon dan Wavemaster. Tarif feri SGD28-40 / 50 sekali jalan / pulang. Ada dua perjalanan pada Senin-Jumat dan tiga perjalanan selama liburan sabtu dan minggu. setiap akhir minggu wisatawan dari singapura banyak yang berkunjung ke tanjung pinang melalui feri.

Dari Malaysia ada juga rute ferinya walau tidak banyak yaitu dari Stulang Laut pelabuhan Johor Bahru , Malaysia dengan jarak tempuh 3 jam. selain dari luar negeri arus kunjungan ke tanjung pinang juga dari Kepulauan Riau lainnya dengan berbagai daerah dengan .

Bintan Resorts di bagian utara Bintan, Tanjung Pinang dengan speedboat adalah 50 menit , walau rute ini tidak selalu ada setiap saat. agen tiket feri penguin dengan alamat bestari mall. sedangkan indofalcon dapat anda temukan di samping hotel laguna.

Leave a Reply