Sejarah nama “teh obeng”

Teh Obeng

Teh obeng, sebuah nama minuman yang unik. siapa sangka dibalik nama minuman khas batam ini sebenarnya sama saja dengan teh daerah indonesia lainnya walaupun terdengar agak menyeramkan. Nama teh obeng bukan hanya di kenal di kota batam saja, tetapi juga kepulauan riau secara umum. misalnya di tanjung pinang dan sekitarnya bahkan di “pulau tujuh”, yaitu serasan, sedanau, tarempa/anambas, midai, natuna, ranai dan tambelan.

Asal mula kata teh obeng berasa dari bahasa Tiongha Hokkien “Teh O-peng”, openg bermakna es. karena penyebutan nama yang dirasa kurang pas mulailah teh o-peng ini meregenerasi dirinya menjadi teh obeng.

Selain di kepulauan riau, batam khususnya, sebutan untuk si teh obeng ini juga di negara tetangga kita yaitu Malaysia dan Singapore. berhubung kedekatan geografis inilah maka penyerapan bahasa sehari-hari menjadi mudah.

Soal rasa sebenarnya sama saja dengan teh es daerah lain di indonesia. tapi memang nama teh es ini juga penyebutan berbeda-beda tiap daerahnya.

Nama Teh es indonesia
Pada wilayah sumatera sebagian besar tetap menyebut dengan Teh es, tapi agak berbeda dengan daerah aceh yang menyebutnya dengan nama Teh dingin. Di bagian sumatera lainnya sedikit berbeda, Hurup “H” dihilangkan, sehingga menjadi Te Es. Kalau teh panas di sebut Te Manih.

Bagaimana dengan daerah Propinsi yang ada di jawa? Ternyata “si manis” Teh Es ini lain lagi penyebutannya. Kalau di daerah bandung propinsi jawa barat dan Jakarta Kalau pesan Es Teh yang datang malah Teh Es tanpa tanpa ada rasa manis, alias tidak di campur gula. Kalau pengen pesan teh es rasa ada gulanya tinggal sebut Es Teh Manis.

Nama Es Teh yang berbeda dan unik ditiap daerah menjadikan indonesia kaya akan khazanah bahasa. tentunya ini menunjukkan kita bangsa yang besar, walau beda tapi tetap satu.

Kembali ke Teh Obeng, Di tanjungpinang terkenal akan produksi teh prendjak. mirip dengan kemasan teh sari wangi, kotak kuning dengan gambar burung prendjak. tapi dari segi rasa beda. Teh prendjak di jual dengan harga murah terjangkau. Rasa teh obeng yang beda rahasianya terletak dari penggunaan teh prendjak.

Mau bikin sendiri dirumah,  tenang saja pada artikel Cara membuat teh obeng, telah kami kupas tuntas bagaimana cara agar rasa teh obeng enak, tetap segar dan sama dengan tempat penjualan teh obeng di batam.

Agar kamu gak penasaran, Jika ke batam atau kepulauan riau jangan lupa memesan Teh Obeng. Jangan takut walau namanya seram, tapi rasanya enak dan tidak ada campuran obeng, sekrup dan besi berbahaya lainnya. Demikianlah sejarah nama Teh Obeng, Semoga dengan adanya Artikel ini dapat menambah wawasan kuliner batam dan tertarik mengunjungi Kepulauan Riau.