telaga bidadari batam destinasi wisata alam yang sangat indah

berbicara tentang kota batam tentu saja sudah tidak asing lagi, sebuah kota industri sekaligus pulau yang berada di ujung negeri karena berbatasan dengan singapura dan malaysia. kota ini sangat di gemari para wisatawan asing, selain masyarakatnya yang ramah juga memiliki berbagai pesona wisata yang tidak kalah dengan kota-kota lain di indonesia maupun mancanegara. salah satu destinasi wisata yang sedang menjadi trend adalah telaga bidadari. wisata alam yang masih asli yang terletak di kota industri, tentu saja sangat menarik karena bagi para wisatawan setelah berkeliling menikmati wisata shooping dan wisata kuliner, selanjutnya menikmati wisata alam.

sebua telaga yang terletak di tengah-tengah pulau batam merupakan wisata alam yang masih original, namanya menjadi pusat perbincangan saat ini yakni pancur telaga bidadari. untuk lokasi tepatnya di kawasan hutan muka kuning. penulis juga sudah menyiapkan panduan trecking untuk menuju ke tempat tersebut sehingga para pengunjung bisa memanfaatkan sebagai panduan jalan.

sejarah destinasi ini menurut cerita masyarakat setempat tempat ini merupakan tempat pemandian para bidadari yang turun dari kayangan, pada jaman dahulu juga sering disebut sebagai tempat pemandian para raja-raja melayu, saat mereka berburu kemudian beristirahat disana lalu berkemah dan menggunakan sarana air bersih tersebut untuk membersihkan diri. berkembangnya jaman oleh karena itu masyarakat setempat di beri nama dengan sebutan telaga bidadari.

untuk menuju destinasi wisata alam ini bisa menggunakan jasa guide atau pemandu karena jika tidak dikhawatirkan anda akan menyasar meski sudah ada terpampang rute penunjuk arah. selain itu akses untuk mencapai telaga bidadari tidaklah mudah, mengingat jalan satu-satunya penghubung masih berbentuk jalan makadam sehingga mobil kemungkinan tidak bisa melewatinya, harus menempuh jalan kaki. kondisi inilah yang membuat para pecinta traveling, backpacker menyukai tempat ini. selain masih asri juga udara yang sangat sejuk mengingat wilayah kota batam dijuluki kota industri, namun di tempat ini anda akan merasa nyaman dan betah untuk ,menikmati nuansa alam yang masih perawan.

selain menikmati alamnya anda juga bisa mandi dibawah pancuran air yang mengalir melalui bebatuan. udara yang sejuk serta air yang jernih membuat tubuh anda fresh kembali saat mandi disini. batu-batu granit yang terbentuk secara alami menambah keindahan alam. terlebih jika anda hobi berfoto selfi maka tidak salah jika anda memilih telaga bidadari sebagai pilihan pada paket wisata anda di kota batam setelah seharian berkeliling.

Lokasi Detinasi wisata pancur telaga bidadari batam
terletak di kawasan simpang Dam Muka Kuning, Kota Batam, Provisi Kepulauan Riau

Panduan Rute menuju Telaga Bidadari
apabila anda berangkat dari Batam Center, Nagoya, Bandara Hang Nadim atau Terminal Ferry Telaga Punggur. bisa menempuh jalan darat ke arah Muka Kuning, lalu setelah sampai di kawasan Industri Batamindo terdapat gang masuk menuju Kampung Aceh, yang terletak di seberang gerbang kiri. ikuti Gang masuk Kampung Aceh tersebut karena inilah rute satu-satunya akses yang dapat pengunjung gunakan untuk menuju kawasan objek wisata telaga bidadari.

karena letaknya didalam kawasan hutan lindung maka belum ada fasilitas umum seperti destinasi wisata lain, seperti warung makanan, toliet atau kamar mandi sehingga anda perlu menjaga kebersihan disana dan menahan sementara untuk buang air. selai itu kawasan wisata ini juga buka 24 jam, jadi para pecinta alam bisa memanfaatkan lokasi ini untuk berkemah, namun sebelum itu juga harus izin terlebih dahulu seandainya ingin bermalam disana.

sedangkan situasi wahana wisata alam telaga bidadari ini terdapat air terjun setinggi 3 meter, dan memiliki air yang tidak begitu deras sehingga sangat cocok untuk berendam sambil menikmati guyuran air terun tersebut. selain itu juga terdapat tempat untuk jummping/ salto dari batu-batuan yang tidak begitu tinggi. air yang tidak begitu dalam sangat cocok untuk beranang anak-anak maupun orang dewasa.

jarak tempuh menuju telaga bidadari


– jarak dari Batam Center kurang lebih 13Km dapat ditempuh menggunakan mobil sekitar 31 menit.
– jarak daro Nagoya kurang lebih 15 Km dapat ditempuh menggunakan mobil sekitar 33 menit.
– jarak dari bandara hang nadim 20 Km, dapat ditempuh menggunakan mobil sekitar 34 menit.
– jarak dari pelabuhan telaga punggur 25km, dapat ditempuh menggunakan mobil 39 menit.

jarak menuju lokasi tersebut belum termasuk menuju titik destinasi wisata karena akses ke telaga bidadari masih agak susah jadi bisa jalan kaki atau menggunakan kendaraan roda 2. perjalanan menuju ke area pemandian tersebut melewati 4 jembatan yang masih alami. sehingga dalam perjalanan anda disuguhi pemandangan alam yang begitu asri. tiket menuju destinasi wisata ini juga sementara belum ada jadi alias gratis.

saran penulis jika anda hendak menikmati wisata telaga bidadari

1. membawa bekal air mineral dan makanan secukupnya karena belum tersedianya warung-warung makanan
2. selalu menjaga kebersihan, karena tempatnya didalam kawasan hutan lundung maka jangan kotori dengan sampah-sampah yang anda bawa, sebaiknya jika menyisakan sampah buang pada tempatnya dengan cara dibungkus lalu saat pulang di buang di luar lokasi atau tempat sampah yang tersedia.
3. jangan mengotori air sungai atau kawasan pemandian, karena dipakai oleh banyak orang termasuk para wisatawan.
4. pastikan kondisi cuaca bagus, apabila hujan turun sebaiknya keluar dari tempat pemandian karena dikhawatirkan air akan meluap dan air menjadi keruh.
5. sebelum memasuki area ini sebaiknya membaca doa, kemudian setelah berada di kawasan tersebut jangan berbicara kotor atau berbuat yang tidak baik yang dapat merugikan diri sendiri.
6. harap berhati-hati saat mandi ataupun jalan di atas bebatuan karena licin dan ujung bebatuan yang runcing sehingga dikhawatirkan dapat terpeleset jatuh.
7. jangan bermain api atau membuat api unggun yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan.
8. jangan lupa abadikan selalu momen-momen indahmu dengan kamera atau hp untuk kenangan selama di kota batam.
9. jangan masuk dalam hutan terlalu jauh sendirian karena kawsan ini masih bersetatus hutan lindung sehingga jauh dari penduduk yang bisa mengakibatkan anda tersesat jauh.

demikian informasi mengenai tempat wisata yang ada di kota batam, selamat menikmati.

Share on: