tips mencegah virus corona

virs corona atau yang sering disebut covid-19 memang sudah menjalar kemana-mana, keberbagai negara dan daerah peloksok negeri. penyebarannya sangat cepat dan pasien yang mninggal karena virus ini juga sudah diatas 4000 orang. setiap hari jumlahnya selalu bertambah selain itu juga yang terinveksi virus tersebut semakin meningkat. oleh karena itu saya akan memberikan tips cara mencegah virus corona agar tidak menular terhadap anda atau keluarga dirumah.

kadang kita tidak tau kita yang tertular atau yang menularkan, karena virus ini tidak menunjukan gejala terlebih dahulu. oleh karena itu upaya pencegahan sangat penting dilakukan bagi yang belum tertular, mengingat aktifitas kita kadang-kadang diluar selalu berhubungan dengan orang lain.

yang perlu kita ketahui adalah bagaimana virus corona ini menular melalui media apa. bahwasannya virus corona ini menular melalui ringga yang ada di tubuh kita, virus tersebut akan masuk melalui mulut, hidung, telinga, mata, alat kelamin, dan juga pori-pori kulit. artinya bahwa kita dilarang untuk bersentuhan secara fisik. namun hal tersebut sangatlah sulit di hindari mengingat disengaja atau tidak bahwa bersentuhan kulit dengan orang lain adalah sebuah hal biasa yang kadang-kadang terjadi setiap hari.

berikut tips untuk mencegah agar tidak tertular oleh virus corona

  1. gunakan masker
    masker penutup mulut dan hidung memang sangat perlu sekali, selain menutup salah satu rongga tubuh yang ada di tubuh juga mencegah orang lain saat berbicara dengan kita dia mengeluarkan percikan air ludah atau bersin yang mengandung virus corona. sehingga apabila kita tidak memakai masker maka akan mudah masuk ke dalam tubuh.
  2. gunakan kacamata
    kacamata juga penting, memang virus corona tidak menular melalui cahaya atau penglihatan, akan tetapi apabila orang yang berada didepan kita berbicara atau bersin kemudian percikan air liurnya menempel di kelopak mata kita maka akan bisa masuk kedalam tubuh, sehingga mudah tertular.
  3. mencuci tangan
    sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun atau anti septic, karena dengan mencuci tangan virus-virus atau bakteri yang menempel ditangan, saat kita memegang benda yang bekas dipegang oleh orang yang terjangkit covid-19 akan hilang.
  4. gunakan sarung tangan, sarung tangan plastik atau karet sangat efektif dan juga sarung tangan kain. adalah upaya untuk membatasi kulit kita dengan benda-benda atau tubuh orang yang terpapar virus corona.
  5. gunakan pakaian panjang
    celana panjang dan baju lengan panjang sangat penting juga, sama halnya dengan sarung tangan. yaitu membantu melindungi tubuh atau kulit agar tidak bergesekan secara langsung.
  6. gunakan pelindung kaki
    gunakan pelindung kaki saat keluar rumah, seperti sepatu, jika anda menggunakan sandal pakailah kaus kaki.
  7. kurangi kegiatan diluar rumah
    pemerintah menganjurkan kita untuk di rumah saja, hal ini agar perkembangan virus korona terhalang, penyebaran covid-19 terputus. karena antara penualar denga calon yang akan tertular tidak bertemu. sehingga orang-orang yang sudah terkena virus tidak menularkan ke orang lain lagi.
  8. jaga kebersihan
    mandi minimal 1 hari 2 kali, pagi dan sore. bisa juga 3x sehari. hal ini untuk membersihkan badan dari virus corona yang masih menempel dibadan sebelum masuk kedalam tubuh.
  9. minum vitamin
    vitamin yang bagus adalah yang bisa meningkatkan imun tubuh seperti vitamin C, sehingga meningkatkan daya kekebalan tubuh, dan mampu melawan virus corona yang ada atau akan menyerang tubuh kita.
  10. olah raga
    olah raga tidak harus lari keliling atau bersepeda, karena justru hal tersebut malah rawan tertular , mengingat pada saat tubuh kita mengeluarkan keringat pori-pori akan membuka. dan kondisi udara di jalan tidak menjamin bersih dari virus, terlebih saat berpapasan dengan orang dengan virus corona yang batuk atau bersin, maka akan langsung menempel dan masuk ketubuh. oleh karena itu olahraga yang bagus adalah cukup senam ditempat di halaman, teras rumah atau didalam rumah.
  11. makan sehat dan bergizi
    selain vitamin, kita juga membutuhkan makanan sehat dan bergizi guna meningkatkan imun tubuh dan kekebalan daya tahan tubuh, sehingga badan fit, sehat dan virus bisa mati dengan sendirinya.
  12. berjemur
    berjemur juga salah satu upaya pencegahan, bukan membunuh kuman akan tetapi berjemur di pagi hari dapat meningkatkan imun tubuh untuk melawan virus corona.

dimikan langkah-langkah atau tips untuk mencegah tertular virus corona, semoga bermanfaat bagi kita dan keluarga kita dirumah.

Share on: