wisata kuliner makanan khas natuna

berbicara masalah wisata tentunya kurang lengkap jika kita hanya sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan pegunungan maupun pantai tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. setiap daerah di indonesia memiliki berbagai jenis olahan makanan sebagai ciri yang disebut makanan khas. seperti halnya saat wisata di kepulauan natuna, ada beragam masakan maupun makanan yang wajib anda cicipin baik untuk mencoba rasanya maupun dijadikan oleh-oleh sebagai tanda bahwa anda pernah berkunjung ke kabupaten natuna. wisata bukan hanya menikmati keindahan alam akan teteapi mencoba makanan makanan khas juga disebut wisata kuliner. wisata kuliner makanan khas natuna memang sedang menjadi trend, dikarenakan jenis makanan yang dimiliki oleh kabupaten natuna ini lain dari pada yang lain, selain enak juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.oleh-oleh khas natuna dalam bentuk makanan khas tentunya bisa anda dapatkan di berbagai penjuru desa yang berada di kepulauan natuna, bahkan diluar natuna makanan khas natuna juga sudah di jual di toko – toko.

lokasi-lokasi penjualan makanan khas natuna banyak di jual di pasar, pelabuhan bahkan di bandara ranai-natuna ada kios yang khusus menjual oleh-oleh khas natuna dalam bentuk makanan dan kerajinan masyarakat natuna. untuk melengkapi wisata anda sebaiknya jangan buru-buru meninggalkan kota ranai natuna, di sebelah bandara ranai ada sebuah warung sederhana yang menawarkan masakan khas natuna, disana anda akan disuguhi beberapa menu makanan.

berikut makanan khas natuna yang wajib anda ketahui untuk dinikmati sekali anda berwisata maka sekalian menikmati wisata kuliner.

1. TABIEL/ TIPENG MANDO.

tipeng mando

tipeng mando

Tipeng Mando merupakan salah satu jenis makanan khas natuna yang berbahan dasar ikan tongkol, sebenarnya ikan selain tongkol juga bisa seperti ikan tuna, gurita akan teteapi masyarakat natuna lebih memilih tongkol karena mudah di dapat dan rasa nya sangat lezat. cara pembuatannya adalah ikan di ambil dagingnya kemudian dihaluskan dicampur dengan tepung atau kelapa, lalu potong tipis seperti membuat pizza, kemudian di panggang/ dibakar di olesi bumbu rempah-rempah. cara memakannya cukup di celup sambal atau saos. tipeng mando atau tabel mando ini bisa dimakan sebagai lauk bersama nasi bisa juga sebagai cemilan tanpa nasi.

2. KERNAS

kernas nkhas natuna

kernas nkhas natuna

Kernas adalah makanan khas kabupaten Natuna,  yakni sejenis kue yang terbuat dari campuran ikan dan sagu. Bentuknya ada yang bulat ada yang bulat pipih dan terdapat butiran sagu berwarna putih dipermukaan maupun didalamnya. makanan yang satu ini memiliki bentuk yang sederhana akan tetapi rasanya luar biasa.  makanan berbahan dasar ikan dan sagu ini memiliki citarasa tersendiri. cara pembuatan kernas ini cukup mudah yaitu ikan Tongkol di ambil dagingnya, haluskan, kemudian Haluskan bawang merah, bawang putih,lada hitam, sahang, dan caberawit, Masukkan ikan ke dalam wajan dan, campur dengan bumbu haluskan, tambahkan garam, aduk rata. Masukkan sagu secara perlahan, lalu di bentuk bulat. Celupkan daging yang sudah di bentuk bulat ke sagu butir yang diletakkan di atas piring. goreng hingga bewarna keemasan. cara penyajiannya cukup dihidangkan bersama saos maupun sambal.

3. PEDOK

pedok natuna

pedok natuna

dilihat dari namanya sangat aneh, akan tetapi makanan khas natuna yang satu ini cukup banyak di gemari pedok adalah hasil fermentasi ikan teri atau ikan bilis. cara Penyajiannya ditumis dahulu . sekilas pedok mirip seperti terasi. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin araoma dari pedok ini agak sedikit mengganggu tapi cita rasa yang dihasilkan sangat lezat.Pedok sangat cocok dipadukan dengan rebusan pucuk ubi dan tentunya nasi yang masih hangat.

4. LATOH SILONG

latoh silong

latoh silong

jangan salah ini bukan masakan tapi makanan khas natuna, Makanan yang satu ini terlihat seperti bunga anggur. masyarakat kepulauan natuna menyajikan dalam keadaan mentah. tidak hanya jepang saja yang memiliki makanan khas tanpa dimasak ternyata natuna juga punya yaitu latoh silong . kelihatannya sangat aneh bagi yang belum pernah lihat, Makanan yang berasal dari laut ini berasal dari “Latoh” atau “Anggur Laut”. Sangat baik untuk kesehatan karena berasal dari tumbuhan lain yang kaya akan manfaat. Latoh Silong biasanya juga disajikan dengan sambal cabe hijau sederhana.

5. CINCALOK

bagi anda yang belum terbiasa mungkin akan heran melihat makanan yang satu ini. makanan berbahan dasar udang kecil yang difermentasikan dimasukan kedalam botol. Biasanya dimakan sebagai pelengkap atau sambal.
Cancalok ini diolah dengan irisan cabe rawit, irisan bawang merah, dan perasan jeruk kasturi, rasanya sedikit manis. untuk memakannya akan cocok apabila dipadukan dengan nasi yang masih hangat dan irisan timun. jika anda berkeinginan untuk membaeli sebagai oleh-oleh jangan khawatir karena Cancalok ini dikemas dalam botol-botol kecil, jadi sangat praktis jika kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

6. ABON IKAN TUNA

nama makanan ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda, biasanya orang membuat kue dengan memasukan abon kedalamnya. bahkan anak kecil juga sangat gemar memakan abon. ada banyak jenis abon mulai dari abon daging sapi hingga abon ikan. abon ikan tuna khas natuna ini memang sedikit lain karena cara pembuatannya yang tradisional dan juga ikan yang digunakan adalah ikan segar hasil tangkapan para nelayan setempat sehingga citarasa yang dihasilkan akan sangat lezat dan original.

7. MIE LAKSE

Lakse adalah sejenis mie namun teksturnya sangat lembu, hampir mirip kwetiau. mie lakse ini memang warisan budaya melayu yang hingga saat ini menjadi makanan favorit di daerah kepulauan riau. tak jarang para wisatawan berburu kuliner yang satu ini karen cuma ada di daerah kepulauan riau seperti kepulauan natuna. apalagi mi lakse dimasak Kuah merupakan makanan tradisional yang menjadi ciri khas daerah pulau Natuna . Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu dan campuran ikan tongkol serta ikan teri dan ditambah bahan bumbu yang berasal dari rempah-rempah yang akan mencirikan rasa khas makanan Kepulauan Riau.

8. NASI DOGONG

Nasi Dogong atau Nasi Dagang merupakan salah satu makanan khas natuna.bentuknya seperti nasi uduk/ nasi lemak karena dimasak dengan kuah ikan. Sebenarnya Nasi Dagang seperti ini bisa dijumpai di negeri malaysia sana, karena nasi dagang ini paling di gemari oleh masyarakat suku melayu. selain lezat juga sangat nikmat aplagi yang masih hangat dan terbungkus daun pisang.

9. KERUPUK NATUNA

kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar tepung dan ikan ini wajib di beli untuk oleh-oleh perjalanan anda. kerupuk ini sangat gurih , renyah dan enak jadi bisa anda buat untuk buah tangan para rekan kerja, tetangga atau keluarga. karena kepulauan natuna yang identik dengan hasil lautnya maka segala hasil laut di ubah menjadi makanan yang bertahan lama dan enak. di Natuna ada dua macam jenis kerupuk dari bahan dasar ikan yang pertama kerupuk Atom bentuknya bulat bulat putih dan kerupuk ikan natuna .Berbeda dengan kerupuk Atom yang bisa langsung dimakan, kerupuk ikan ini mesti digoreng terlebih dahulu . Kerupuk ikan ini bisa tahan selama 6 bulan dalam keadaan kering atau sebelum digoreng.

One Response

Leave a Reply