WISATA PULAU BASING TANJUNG PINANG

Pulau Basing adalah sebuah pulau kecil yang terletak disebelah Pulau Dompak, dengan luas sekitar 20 hektar. pulau ini dapat ditempuh Dari pelabuhan Tanjungpinang menggunakan sarana transportasi darat dan laut. pulau basing merupakan pulau sejarah yang sedang dikembangkan sektor pariwisatanya oleh pemerintah kepri . karena selain pulau penyengat ternyata wisata pilau basing di tanjung pinang ini cukup banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun internasional.

selain menjadi wisata alam juga menjadi situs sejarah karena pulau yang berhadapan dengan pantai tanjung siambang memikiki sejarah yaitu dari pulau ini adalah sewaktu di laksanakannya Perjanjian antara Belanda dan Inggris yang dikenal dengan Traktaat London pada tahun 1824, sehingga membuat Belanda memperkuat daerah perbatasan antara wilayah kekuasaannya di Tanjungpinang dengan wilayah kekuasaan Inggris di Singapura, pada akhirnya Belanda membuat benteng pertahanan atau pengawasan di Pulau Basing. dan berdasarkan hasil penelitian ilmiah yang pernah dilakukan, diketahui Pulau Basing merupakan sebuah pulau yang berfungsi sebagai benteng pengawasan lalu lintas kapal ke Nusantara yang melintasi Selat Malaka waktu itu.

hal tersebut di perkuat dengan ditemukannya beberapa benda kepurbakalaan seperti bangunan benteng, pos penjagaan, serta beberapa sumur tua. Selain itu dipermukaan juga ditemukan artefaktual yang meliputi keramik, kaca, dan fragmen besi.

oleh karena itu pemerintah kota tanjung pinang menjadikan pulau basing ini menjadi kawasan wisata baru yang hampir sama dengan wisata pulau penyengat yakni wisata sejarah.

Untuk Informasi Wisata , Reservasi Hotel, Paket Wisata, Transportasi dan rental mobil di Pulau bintan dan Tanjungpinang silahkan hubungi kami.
Contact Us :
Mr. Bae Bintan
Counter Mutiara Cikalana Tour & Travel
Alamat :Pintu kedatangan Internasional
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang
Tlp/ watshapp : 085669911000
emai: [email protected]
website : bintanpackage.com

 

Leave a Reply